Written by at March 10, 2020
Resep

10 Makanan Sehat yang Cocok Dibawa Sebagai Bekal Anak di Sekolah

Makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Tidak hanya saat di rumah, pola dan asupan makanan anak saat di luar rumah pun harus diperhatikan dengan tepat. Untuk itu, sebaiknya ibu menyiapkan bekal untuk dibawa anak ke sekolah agar Ibu dapat memastikan asupan makanan si ke kecil saat di luar rumah. Agar kesehatan dan pertumbuhan anak tetap optimal, coba bawakan bekal yang bervariasi dan sehat setiap harinya. Jika kamu masih bingung ingin membawakan bekal apa untuk si kecil esok hari, yuk, simak ini 10 makanan sehat yang cocok dibawa sebagai bekal anak di sekolah. Dijamin anak suka dan kenyang!

 

Ini makanan sehat yang cocok dibawa sebagai bekal anak

Makanan Sehat untuk Bekal Anak
Makanan Sehat yang Cocok Dibawa Sebagai Bekal Anak di Sekolah. (Foto: Pixabay)

1. Rolade daging dan sayuran, praktis dibuat di rumah

Ingin membuat bekal untuk si kecil tapi tidak ingin masakan yang terlalu sulit? Kamu bisa coba buat rolade daging dan sayuran. Olahan daging sapi untuk anak ini cenderung mudah untuk dibuat di rumah, sangat cocok untuk menjadi bekal makan siang si kecil. Supaya lebih menyehatkan, kamu bisa mencampurkan beberapa Jenis sayuran ke dalam rolade daging yang kamu buat.

 

2. Pasta jagung, mengenyangkan dan gurih untuk makan siang

Jika sedang kehabisan ide untuk memasak bekal makan siang anak, kamu bisa coba menu yang satu ini. Selain praktis, pasta jagung juga cukup mengenyangkan. Rasanya pun gurih dan pasti disukai anak-anak. Untuk membuat pasta ini kamu cukup mengikuti langkah-langkah membuat pasta pada umumnya, kemudian tambahkan jagung di dalamnya.

 

3. Herbed Chicken Nuggets, lembut dan lezat

Chicken nuggets adalah salah satu bekal yang menjadi favorit anak dan ibu. Selain praktis dimasak, rasa chicken nuggets yang gurih juga pasti menggungah selera. Namun, ada baiknya Ibu membuat sendiri chicken nunggets di rumah dengan tambahan bumbu rempah yang menyehatkan.

 

Cara membuat herbed chicken nuggets ini pun cukup mudah. Pertama, panaskan oven ke suhu 220 °C. Semprotkan loyang dengan semprotan anti lengket. Lalu, potong lemak dari ayam dan potong dadu berukuran 2,5  cm. Dalam mangkuk, kocok telur dengan air dan tambahkan ayam. Gabungkan peterseli, thyme, lada hitam, remah roti, kemangi dan merica.

 

Aduk minyak dengan garpu dan aduk rata agar merata. Tuang campuran bumbu ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup kembali dan masukkan potongan ayam ke kantong plastic tesebut. Tempatkan potongan ayam dilapisi di atas loyang disiapkan dan panggang 220 °C selama 10 menit, putar nugget, dan panggang lagi selama 5 menit.

 

Baca juga: Agar Nutrisinya Terjaga, ini 5 Cara Mengolah Daging Sapi untuk MPASI

 

4. Oseng tahu putih, resep praktis saat terburu-buru

Ada kalanya Ibu terlambat bangun di pagi hari, alhasil harus terburu-buru dikejar waktu saat membuat bekal si kecil. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba membuat bekal berupa oseng tahu putih yang sangat praktis dimasak tapi rasanya enak. Kamu hanya perlu mencincang tahu hingga halus. Tumis bawang putih, bawang, merah dan beberapa irisan cabai. Selah harum, masukkan tahu yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun bawang yang sudah diiris tipis agar lebih nikmat. Jangan lupa juga, bumbui tahu dengan garam dan lada secukupnya.

 

5. Telur dadar dengan kuah saus tiram yang nikmat dan mudah dibuat

Telur dadar biasa mungkin membosankan, namun jika diberikan saus tambahan rasanya pasti lebih nikmat. Untuk kamu anak kost yang tidak punya banyak waktu untuk memasak, kamu bisa coba buat telur dadar dengan kuah saus tiram yang praktis. Untuk membuatnya, kamu cukup buat telur dadar seperti biasa, kemudian buat saus tiram dengan bumbu instan. Campurkan juga irisan bawang bombay, cabai rawit, cabai merah, dan wortel agar lebih nikmat.

 

Ingin mencoba membuat makanan sehat untuk bekal anak? Yuk, beli sayur dan berbagai kebutuhan dapur segar lainnya di Sayurbox!

bekal anak

 

6. Ayam Fillet Saus Madu, rasa manisnya khas

Anak tidak suka rasa yang pedas atau terlalu asin? Untuk mensiasatinya kamu bisa mencoba ayam fillet saus madu. Menu bekal ini memiliki rasa manis yang khas sekaligus gurih. Cara membuatnya pun sangat praktis.

 

Tumis bawang putih yang dirajang halus, kemudian masukkan wortel yang telah dipotong kecil. Tambahkan ayam kedalam tumisan lalu masukkan cabai hijau dan paprika. Kemudian masukkan, garam, lada, kecap ikan, kecap manis, saus cabai, lalu tambahkan air sedikit, masukkan 3 sdm madu. Hidangkan hangat-hangat dan taburi daun bawang.

 

Baca juga: Sebelum Membeli, Ini Panduan 7 Cara Memilih Daging yang Baik untuk Dikonsumsi

 

7. Brokoli Ayam Telur Keju Melted, lezat dan menyehatkan

Menu yang satu ini wajib dicoba karena memiliki rasa yang lezat dan juga menyehatkan. Menu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik baik untuk anak. Untuk membuatnya cukup praktis, pertama otong brokoli sesuai selera, lalu rebus. Kemudian rebus telur dan iris dada ayam, kemudian diamkan dengan sedikit garam.

 

Selanjutnya, goreng dada ayam dengan sedikit minyak sampai berubah warna. Wadahi brokoli yang sudah direbus, telur rebus, dan ayam dalam satu tempat. Parut/ atau aburi keju melted, kemudian masukkan microwave. Lalu sajikan sebagai bekal anak.

 

8. Daging cincang dan bawang, mudah dimasak di rumah

Selain rolade daging san sayuran, menu olahan daging yang praktis untuk bekal anak lainnya yaitu daging cincang dan bawang. Cara membuatnya cukup tumis bawang bombay hingga harum. Kemudian masukkan daging yang telah dicincang kasar. Lalu tambahkan bumbu berupa sejumput garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Selanjurnya, aduk rata dan masak hingga matang.

 

Baca juga: Agar Tahan Lama, Ini 5 Cara Menyimpan Daging di Kulkas yang Benar

 

9. Salad jagung dan tomat, sehat dan segar untuk anak

Untuk bekal sarapan pagi, coba sesekali buatkan salad jagung dan tomat untuk anak. Campuran salad ini bisa menjadi menu makanan sehat dan memberikan energi pada anak untuk beraktivitas seharian. Campuran olahan jagung ini juga terasa segar dan gurih. Supaya lebih mengenyangkan, kamu bisa mencampurkan potongan dada ayam yang telah dikukus.

 

10. Tahu putih tumis kacang panjang, enak untuk makan siang

Untuk bekal anak pasti kamu jarang memasak dua lauk sekaligus. Supaya lebih praktis kamu bisa memasak tahu putih tumis kacang panjang ini, karena dengan satu menu ini saja kamu sudah menggabungkan dua bahan utama. Agar lebih sehat, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan minyak saat memasaknya.

 

Jadi, makanan sehat untuk bekal anak mana yang ingin kamu coba? Jika ingin membuatnya, yuk, beli sayur dan berbagai kebutuhan dapur segar lainnya di Sayurbox!

bekal anak

Related Articles

Resep Ayam Kodok, Enak dan Praktis Dicoba di Rumah

Ayam kodok, nama menu ini terdengar begitu unik. Ayam kodok merupakan menu makanan dari daging ayam dimana kulit ayam akan diisi dengan...

Mengulik Resep Apple Crumble, Dessert Manis Khas British

Inggris merupakan negara yang punya banyak dessert atau hidangan penutup yang menggoda selera. Salah satu dessert dengan cita rasa yang...

Mengulik Ayam Coca Cola dan Cara Membuatnya

Ada begitu banyak varian olahan daging ayam saat ini, salah satunya adalah ayam Coca Cola atau dikenal juga dengan istilah cola chicken....