Written by at May 28, 2020
Resep

Ini 10 Cara Membuat Kimchi Sawi Putih Ala Korea di Rumah

Apakah kamu salah satu penyuka dunia k-pop? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya, serial dramanya, hingga aneka makanan khas Korea yang menggugah selera. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian. Salah satunya adalah kimchi. Kalau kamu sering pergi ke restoran Korea, mungkin kamu sudah sering menemukan kimchi. Selain itu, kimchi juga sering muncul dalam adegan di drama-drama Korea. Salah satu jenis kimchi yang paling populer adalah kimchi sawi putih, ada cara membuat kimchi sawi putih yang lezat.

 

Biasanya kimchi terbuat dari beberapa jenis sayuran yang dicampur dengan pasta cabai, lalu didiamkan selama beberapa hari sampai rasanya berubah menjadi asam. Kimchi yang merupakan sejenis acar berbahan sayuran dari Korea memang sudah mulai digemari di Indonesia. Meski banyak jenis sayur yang dapat digunakan untuk membuat kimchi, namun kimchi sawi putih adalah yang paling terkenal.

 

Sekarang, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk mencicipi kimchi sawi putih yang lezat ala Korea, sebab kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Nah, langsung saja, berikut ini adalah cara membuat kimchi sawi putih ala Korea yang bisa kamu coba di rumah!

 

Ini cara membuat kimchi sawi putih ala Korea di Rumah

cara membuat kimchi sawi putih
Cara Membuat Kimchi Sawi Putih Ala Korea di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Bahan-bahan untuk membuat kimchi sawi putih ala Korea

  • 1 buah sawi putih (ukuran sedang)
  • 1 buah lobak
  • 1 buah wortel
  • 3 batang daun bawang
  • 1 buah bawang bombay (ukuran sedang)
  • 2 siung bawang putih
  • 3 cm jahe segar
  • 3 bungkus bon cabe level 10
  • 3 sdm bubuk paprika
  • 2 sdm kecap ikan
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung beras
  • 4 sdm garam dapur
  • 250 ml air

 

Baca juga: 10 Manfaat Sawi Putih yang Bisa Kamu Rasakan

 

2. Cara membuat kimchi sawi putih ala Korea

  1. Pertama, bagi sawi putih menjadi empat bagian dan cuci bersih dengan air mengalir. Setelah itu, tiriskan.
  2. Tempatkan sawi putih pada baskom plastik dan lumuri dengan garam dapur sampai ke pangkalnya hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 2 jam hingga sawi putih kelihatan mengempis dan layu. Jangan lupa bolak-balik sawi putih agar merata dan diamkan lagi selama 2 jam hingga airnya keluar.
  3. Cuci kembali sawi putih yang sudah digarami dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Agak peras pelan-pelan dan tiriskan.
  4. Masak air yang sudah dicampur dengan tepung beras hingga mendidih dan kental seperti bubur, kemudian dinginkan. Bila adonan bubur sudah dingin, tambahkan 2 sendok makan kecap ikan dan aduk.
  5. Serut lobak dan wortel serta potong melintang daun bawang, dan haluskan bahan-bahan bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, dan jahe.
  6. Masukkan adonan bubur, bahan-bahan bumbu (bawang putih, bawang bombay, dan jahe), bon cabe, dan bubuk paprika pada serutan lobak dan wortel. Campur jadi satu.
  7. Masukkan 1/4 bagian daun sawi putih yang masih utuh ke dalam campuran adonan. Bisa dipotong kecil-kecil dulu baru dicampurkan ke adonan.
  8. Jika semua sudah tercampur rata antara bumbu dengan sawi putih, maka masukkan ke dalam toples plastik atau toples kaca dan ditutup untuk difermentasikan selama 5 jam di suhu ruangan.
  9. Tanda fermentasi berhasil jika muncul gelembung dan keluar air di dalam toples tersebut. Jika suhu ruangan panas, maka fermentasi akan cepat terjadi. Setelah 2 hari, kimchi baru bisa dinikmati.
  10. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas untuk menghambat fermentasi dan agar kimchi tidak terlalu terasa asam.

 

Nah, itulah cara membuat kimchi sawi putih ala Korea yang bisa kamu coba di rumah. Kimchi sangat cocok disantap bersama campuran sup atau semangkuk ramyeon Korea.

 

Ingin mencobacara membuat kimchi sawi putih ala Korea ini? Kamu bisa membeli bahan-bahan yang kamu butuhkan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara membuat kimchi sawi putih

 

Baca juga: 11 Cara Memasak Sawi Putih yang Enak dan Sehat

 

Ini cara memilih sawi putih terbaik untuk membuat kimchi ala Korea

Perlu kamu ketahui, kimchi sawi putih yang renyah dan tebal teksturnya akan terasa lebih nikmat saat disantap. Namun, bagaimana cara memilih sawi putih yang bagus untuk kimchi?

 

Sebenarnya caranya cukup mudah, saat membeli sawi putih, pilihlah yang ukurannya agak besar dan bentuknya agak bulat tetapi padat. Jika diangkat, sawi putih tersebut terasa berat dan helaian sawinya rapat serta saling merekat.

 

Sawi putih ini akan renyah karena helai daunnya tebal. Saat proses fermentasi pun, meski bagian daun lunaknya menjadi layu, tetapi bagian putihnya akan tetap renyah dan enak. Jika dibelah, maka akan terlihat helaiannya masih terikat rapat satu sama lain.

 

Kalau bisa, pilihlah sawi putih yang daunnya berwarna putih dan keras. Hindari sawi putih dengan bintik hitam pada daun dan ujung daunnya karena bisa jadi telah busuk.

 

Selain itu, tips tambahan untuk mengurangi rasa pahit pada sawi putih saat mengolahnya yaitu, taburi garam untuk menambahkan rasa ekstra. Gunakan juga pisau stainless steel untuk memotong sawi. Sebab, pisau baja karbon dapat membuat reaksi kimia yang akhirnya membuat daun sawi putih tersebut menjadi kehitaman.

 

Baca juga: 7 Resep Sawi Hijau yang Enak, Praktis dan Sehat

 

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat kimchi sawi putih ala Korea di atas, kamu bisa membeli bahan-bahan yang kamu butuhkan di Sayurbox, lho. Mulai dari sawi putih dengan kualitas terbaik hingga bahan-bahan bumbu yang dibutuhkan. Yuk, cek produknya sekarang. Selamat mencoba, ya!

 

cara membuat kimchi sawi putih

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Nyemil Bermanfaat, ini 9 Jenis Keripik Sayuran Sehat yang Wajib Dicoba

Kebiasaan nyemil memang sering bikin ketagihan. Apalagi camilan kekinian mulai banyak di supermarket dengan harga yang cukup terjangkau....

Yuk, Coba 11 Cara Bikin Sushi Rumahan yang Oishii Ini!

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang juga banyak digemari di Indonesia. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sushi...

Ini 7 Cara Membuat Kue Lapis Surabaya yang Legit

Siapa yang tidak suka dengan kue yang teksturnya terasa sangat empuk dan lembut? Tentu tidak ada, kan? Kalau begitu, kue lembut dan legit...

Post Comment