Written by at May 20, 2020
Resep

12 Cara Mengolah Horenzo yang Enak dan Mudah Dimasak

Nama horenzo mungkin memang masih terdengar asing bagi banyak orang. Horenzo merupakan salah satu jenis sayuran yang lebih dikenal dengan sebutan bayam jepang. Walaupun disebut bayam, ternyata Horenzo yang merupakan genus Spinacia ini berbeda dengan bayam yang dikenal di Indonesia. Meski begitu, keduanya sama-sama kaya akan zat besi yang berguna bagi tubuh. Tertarik untuk mengolahnya? Berikut 12 cara mengolah horenzo yang mudah dan tentunya enak di lidah.

Kandungan gizi 100 gram horenzo:

  • Energi 22 kcal
  • Air 91,58 gram
  • Lemak 0,35 gram
  • Protein 2,86 gram
  • Serat 2,7 gram
  • Karbohidrat 3,5 gram

Ini cara mengolah horenzo yang mudah dan enak

Cara Mengolah Horenzo
Cara Mengolah Horenzo yang Enak dan Mudah Dimasak. (Foto: Dok. Sayurbox)

1. Tumis Horenzo & Tahu

horenzo
Horenzo Tumis Tahu – (Sumber Foto: Sajian Sedap via Grid ID)

Selain tempe, tahu juga jadi jenis lauk yang banyak diminati di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, tahu juga kaya akan manfaat. Ternyata, tahu juga bisa jadi kombinasi yang tepat untuk sajian berbahan horenzo, lho. Kamu bisa mencoba resep tumis horenzo dan tahu yang simpel namun sedap ini. Bahan-bahannya relatif gampang ditemukan di supermarket, yaitu horenzo, tahu, bawang putih dan bawang merah, cabai keriting, minyak sayur, kecap asin, kecap ikan serta gula, garam, dan lada secukupnya.

Panaskan minyak sayur di wajan, kemudian tumis bawang dan cabai keriting hingga wangi. Masukkan horenzo dan air secukupnya. Diamkan sejenak hingga layu, kemudian tambahkan kecap asin, kecap ikan, gula, garam, dan lada. Aduk hingga merata, sisihkan. Potong tahu menjadi bentuk dadu, kemudian goreng hingga matang. Masukkan tahu goreng ke dalam tumis horenzo, aduk kembali hingga bercampur rata. Tumis horenzo dan tahu pun siap disajikan.

2. Cah Sapi Horenzo

horenzo
Cah Sapi Horenzo – (Sumber Foto: Cookpad)

Resep yang satu ini hampir sama dengan resep tumis horenzo. Bedanya, kamu hanya perlu menambahkan kaldu bubuk dan lada secukupnya sebagai tambahan rasa. Untuk cah sapi, marinasikan daging sapi cincang dengan kecap asin selama kurang lebih 15 menit. Kemudian tumis daging sap di minyak panas hingga harum dan berwarna kecoklatan. Angkat, dan campurkan ke dalam tumis horenzo.

Baca juga: 10 Jenis Masakan Sayur Tumis Ini Bisa Langsung Dicoba

3. Tamagoyaki Horenzo

horenzo
Tamagoyaki Horenzo – (Sumber Foto: Closet Cooking)

Telur gulung ala Jepang adalah salah satu sajian yang cukup populer. Untuk kreasi rasa dan masakan yang lebih sehat, kombinasikan tamagoyaki dengan horenzo. Siapkan telur ayam, horenzo, merica, garam, dan minyak goreng secukupnya. Kocok lepas telur, tambahkan merica dan garam. Dadar setengah bagian telur, kemudian letakkan horenzo di atas telur yang masih basah. Kamu bisa menambahkan keju parut bila suka.

Bila bagian pinggir telur sudah cukup kering, gulung telur dan sisihkan ke sisi lain dari wajan. Tuang sisa telur, pastikan posisinya tersambung dengan sisi luar telur gulung pertama, tata horenzo dan keju kemudian gulung hingga membentuk gulungan yang lebih besar. Tiriskan, kemudian potong-potong sesuai selera.

4. Salad Horenzo

horenzo
Salad Horenzo – (Sumber Foto: Just One Cookbook)

Bila kamu suka mengonsumsi salad sayur, maka tak ada salahnya untuk membuat salad dengan bahan dasar horenzo. Kombinasikan dengan daun lettuce ataupun sayur lainnya. Untuk dressingnya, kamu bisa mengkreasikannya sesuai selera, seperti misalnya membuat wakame dressing atau cukup dengan salad dressing yang umum digunakan.

Baca juga: Buat Salad Sayur Sederhana di Rumah yuk!

5. Macaroni Horenzo

horenzo
Macaroni Horenzo – (Fimela)

Siapa yang tak suka dengan macaroni yang creamy dan gurih? Agar terasa lebih sehat, kamu bisa menambahkan horenzo yang telah direbus dan dipotong-potong ke dalam sajian macaroni-mu.

Tertarik untuk mencoba horenzo? Yuk, order horenzo segar dengan kualitas terbaik hanya di Sayurbox!

 

6. Baked Pasta with Horenzo

horenzo
Baked Horenzo Pasta – (Sumber Foto: Bon Appetit)

Pasta yang dipanggang memang memiliki citarasa sendiri yang bikin ketagihan. Rasanya yang gurih, apalagi bila ditambahkan keju leleh yang lezat membuat baked pasta menjadi sajian favorit nan mudah dibuat. Agar tidak bosan dengan rasa pasta yang itu-itu saja, kamu bisa menambahkan horenzo yang telah dicincang halus ke dalam adonan pasta sebelum dipanggang.

7. Omelet Horenzo

horenzo
Horenzo Omelette – (Sumber: Weight Watchers)

Jika membuat tamagoyaki dirasa terlalu rumit, maka resep yang satu ini dapat kamu coba. Masih menggunakan telur, namun dengan cara pembuatan yang lebih mudah. Resep omelet horenzo ini hanya membutuhkan bahan horenzo, telur ayam, minyak wijen, kaldu jamur, lada, serta garam secukupnya. Campur semua bahan, aduk hingga merata. Panaskan minyak, kemudian goreng adonan omelet di api kecil hingga matang merata. Sajikan selagi hangat.

8. Dadar Mie Horenzo

horenzo
Martabak Mie Horenzo – (Sumber Foto: Bite by Byte)

Saat ini, mie vegetarian merupakan tren tersendiri dan digemari oleh banyak orang karena lebih sehat untuk dikonsumsi. Kamu bisa berkreasi dengan mencampur mie vegetarian, telur, serta horenzo. Tambahkan daun bawang, bumbu kaldu, dan bawang merah yang telah diiris tipis. Aduk hingga merata, kemudian tuangkan ke dalam wajan yang telah diberi minyak panas. Goreng dengan api kecil hingga matang merata.

9. Sayur Bening Horenzo

Horenzo
Sayur Bening Horenzo – (Sumber Foto: Cookpad)

Layaknya bayam biasa, kamu juga dapat mengolah horenzo menjadi sajian sayur bening. Resepnya sama persis dengan sayur bening pada umumnya, hanya saja tidak menggunakan bayam melainkan horenzo.

Baca juga: 7 Resep Selada Air Yang Enak

10. Jus Horenzo

horenzo
Horenzo Juice – (Sumber Foto: Unsplash)

Selain diolah menjadi makanan, ternyata horenzo juga bisa diolah menjadi minuman sehat yang menyegarkan. Kamu bisa membuat jus dari bahan dasar horenzo, tambahkan buah-buahan favorit seperti nanas hingga apel sebagai bahan tambahan.

11. Dada Ayam Panggang isi Horenzo

horenzo
Ayam Oanggang isi Horenzo – (Sumber Foto: That Low Carb Life)

Tau kan dada ayam yang dipanggang dan di isi dengan bayam yang sudah di tumis? Nah, kali ini ganti tumisan bayam dengan tumisan horenzo, sajikan dengan saus krim yang guri dan juga ayam yang di panggang dengan gurihnya taburan bumbu seperti thyme, rosemary dan juga merica.

12. Mie Horenzo

horenzo
Mie Horenzo – (Dash of Savory)

Kalau selama ini mie hijau bahan dasarnya pasti bayam, coba ganti bayam dengan horenzo. Punya rasa yang sama dan memberikan warna hijau yang sama pekat. Dapat disajikan dengan ayam atau bakso loh.

Itu dia cara mengolah horenzo yang mudah dan praktis. Tertarik untuk mencoba horenzo? Yuk, order horenzo segar dengan kualitas terbaik hanya di Sayurbox!

 

Related Articles

Gurihnya Gak Ada Lawan, Ini Dia Resep Tongseng Ayam

Makanan bertekstur gurih dan sedap khas Indonesia memang tak terkira banyaknya, salah satunya yang tak boleh dilewatkan tentu adalah...

4 Resep Masak Sehari hari yang Mudah buat Dipraktikkan

Pernah gak merasa bingung dengan pilihan menu harian untuk keluarga? Masak menu sehari-hari untuk keluarga di rumah memang terkadang...

Obral Es Krim di Sayurkilat!

Siapa mau es krim harga miring? Yuk, sini merapat! Dapetin Es Krim dengan potongan harga 10% khusus pemesanan di Sayurkilat! Pilih...