Written by at April 24, 2020
Tips & Trik

Yuk, Coba 10 Cara Mengonsumsi Madu yang Sehat dan Enak

Siapa yang tidak suka mengonsumsi madu? Pemanis alami yang satu ini banyak dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ya, selain rasanya yang enak, madu juga disukai oleh banyak orang karena mudah ditemukan dan mampu menjaga kesehatan tubuh hingga dapat dikonsumsi untuk pengobatan berbagai penyakit. Ada berbagai manfaat madu bagi kesehatan yang membuatnya menjadi favorit bagi semua orang. Bahkan, cairan yang teksturnya menyerupai sirup ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam minuman. Tapi, siapa bilang madu hanya bisa diminum begitu saja? Yuk, coba 10 cara mengonsumsi madu yang sehat dan enak berikut ini agar kamu tidak bosan menikmati madu setiap hari.

 

Ini cara mengonsumsi madu yang sehat

cara mengonsumsi madu
Cara Mengonsumsi Madu yang Sehat dan Enak. (Foto: Pixabay)

1. Diseduh dengan air hangat, susu, atau teh

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi madu, misalnya saja dengan meminumnya langsung atau mencampurnya bersama makanan. Namun, ada cara lain yang juga sangat bagus untuk mengonsumsi madu, yaitu dengan cara menyeduhnya ke dalam air hangat.

 

Caranya, masukkan satu sendok teh madu ke dalam segelas air hangat, lalu minum setiap pagi setelah bangun tidur ketika perut masih kosong. Ternyata, dengan cara ini, tubuh akan lebih mudah dalam merasakan manfaat dari madu.

 

Hal ini dikarenakan. konsistensi madu yang lebih cair serta senyawa yang ada di dalam madu menjadi meningkat manfaatnya karena dicampur dengan air hangat. Rasa manis madu yang nikmat juga dapat menghangatkan tenggorokan dan perut kamu. Selain itu, madu juga bisa diseduh bersama minuman lainnya, seperti susu atau teh.

 

2. Dijadikan topping pada makanan atau minuman

Pernah mencoba es krim dengan topping madu? Selain segar, rasanya pun terasa sangat pas di lidah. Hal tersebut membuktikan bahwa madu juga bisa menjadi topping bagi makanan maupun minuman.

 

Selain es krim, madu juga dapat menjadi topping untuk cake atau pancake. Tentu saja menggunakan madu akan jauh lebih sehat jika dibandingkan menggunakan gula karamel atau gula cair sebagai topping makanan, bukan?

 

3. Dijadikan bahan untuk membuat kue

Tahukah kamu bahwa madu juga bisa menjadi bahan untuk membuat kue? Ini adalah salah satu cara untuk mengonsumsi madu yang tidak diketahui oleh banyak orang. Pasti kamu pernah mendengar nama donat madu, bukan? Donat madu adalah salah satu dari kue yang berbahan dasar madu. Selain donat, kamu juga bisa menggunakan madu sebagai bahan untuk membuat kue bolu, cookies, hingga cake modern.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

4. Dijadikan saus untuk buah-buahan

Selain dijadikan bahan untuk membuat kue, madu juga dapat digunakan sebagai saus untuk buah-buahan. Pasti kamu pernah menemukan buah-buahan yang dicelupkan ke dalam saus cokelat, bukan? Nah, mengapa tidak mencoba untuk mengganti cokelat dengan madu yang lebih sehat? Kombinasi antara buah-buahan dan madu ini bisa menjadi cara mengonsumsi madu yang sehat, enak, dan bagus untuk diet.

 

Adapun buah-buahan yang cocok dicelupkan ke dalam madu antara lain, melon, apel, pepaya, pisang, dan pir. Kamu juga bisa mencampur salad buah dengan madu, rasanya pasti akan semakin segar dan yummy!

 

5. Dijadikan campuran untuk mengonsumsi oatmeal

Apakah selama ini kamu termasuk orang yang kurang suka mengonsumsi oatmeal? Bagi kamu yang belum terbiasa mengonsumsi oatmeal, tentunya rasa oatmeal akan terasa kurang sesuai dengan lidah kamu.

 

Padahal, oatmeal merupakan makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membiasakan diri untuk mengonsumsi oatmeal.

 

Nah, agar rasa oatmeal tersebut jadi lebih nikmat, kamu bisa menambahkan madu sebagai topping atau campuran pada oatmeal tersebut. Jangan lupa juga untuk turut menambahkan potongan buah seperti strawberry atau pisang agar rasanya semakin lezat.

 

Ingin mencoba cara mengonsumsi madu yang sehat dan enak ini? Bagi kamu yang ingin mulai mengonsumsi madu, kamu bisa membeli madu terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara mengonsumsi madu

 

6. Dijadikan saus untuk jus atau smoothie bowl

Cara membuat smoothie bowl sangat mudah, yaitu haluskan buah-buahan di dalam blender sampai teksturnya agak mengental, lalu tambahkan potongan buah seperti pisang, strawberry, atau kiwi, granola, dan madu. Selain itu, kamu juga bisa memblender madu bersama buah-buahan yang akan kamu minum. Jus dan smoothie bowl yang kamu buat pun akan semakin sehat dan segar.

 

Baca juga: 9 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

 

7. Dijadikan selai untuk roti tawar

Bosan dengan selai roti yang rasanya itu-itu saja? Nah, kamu bisa mengganti selai tersebut dengan madu, lho. Tekstur madu yang lengket membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai selai untuk roti tawar. Selain itu, rasa manis dari madu ini pun bisa menggantikan rasa manis dari selai buah yang biasa kamu konsumsi sehari-hari. Roti tawar dengan selai madu ini cocok untuk dikonsumsi sebagai sarapan sehat di pagi hari.

 

8. Mencampurkannya dengan susu

Madu dan susu adalah kombinasi yang sering ditampilkan dalam makanan atau minuman penutup. Selain menjadi sangat menenangkan, madu dan susu juga dapat memberikan rasa yang luar biasa. Kedua bahan ini sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, misalnya saja untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan tulang, dan meningkatkan kualitas tidur.

 

9. Mencampurkannya dengan kopi

Madu memiliki banyak khasiat serta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Selain madu, kopi juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti kopi hijau yang dapat membantu menurunkan berat badan, sehingga terhindar dari bahaya obesitas.

 

Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu tentang manfaat kopi yang dicampurkan dengan madu. Kopi campur madu ternyata dapat menghasilkan kandungan zat-zat gizi yang baik untuk tubuh, bahkan diklaim menjadi salah satu obat yang mujarab untuk kanker. Tak hanya itu saja, minum kopi diketahui dapat menambah energi dalam tubuh karena efek kafein di dalamnya. Apalagi, jika ditambah dengan madu, minuman ini akan menjadi peningkat tenaga yang lebih maksimal sehingga kamu wajib untuk mencobanya.

 

Baca juga: 15 Jenis Madu Asli Indonesia yang Nikmat dan Sehat

 

10. Mengonsumsi madu secara langsung

Berbagai cara untuk mengonsumsi madu di atas adalah opsi untuk kamu yang ingin memanfaatkan kelezatan madu sambil menyantap makanan dan minuman lain. Namun, cara terbaik untuk mengonsumsi madu sebenarnya adalah dengan meminumnya secara langsung tanpa dicampur dengan air terlebih dahulu. Dengan begitu, nutrisi madu akan tetap terjaga dengan baik apabila kamu mengonsumsinya secara langsung.

 

Itulah 10 cara mengonsumsi madu yang sehat dan enak. Mulai sekarang kamu bisa mengonsumsi madu dengan cara-cara di atas. Bagi kamu yang ingin mulai mengonsumsi madu, kamu bisa membeli madu terbaik di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

cara mengkonsumsi madu

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...