Written by at May 27, 2020
Resep

Ini 10 Ide Camilan Vegetarian yang Enak dan Praktis

Pola hidup sehat tentu diawali dari pola makan yang sehat juga. Atas dasar tersebut, banyak masyarakat khususnya yang berdomisili di perkotaan, mulai sadar dan peduli pada kesehatan mereka. Hal itu bisa dilihat dari tingginya peminat sayur organik, bahkan banyak pula yang akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian hingga vegan. Banyak anggapan jika menjadi vegetarian itu sulit karena terbatasnya makanan yang bisa dikonsumsi. Anggapan ini tentu tidak sepenuhnya benar. Banyak, kok, varian makanan yang dibuat khusus bagi para vegetarian. Tidak hanya makanan, banyak pula pilihan camilan yang sebenarnya bisa kamu konsumsi ataupun yang bisa kamu buat sendiri. Langsung saja, berikut ini adalah 10 ide camilan vegetarian yang enak dan praktis.

 

Ini ide camilan vegetarian yang enak dan praktis

camilan vegetarian
Ide Camilan Vegetarian yang Enak dan Praktis. (Foto: Pexels)

1. Tahu panggang

Tidak hanya daging, tahu juga merupakan salah satu sumber protein. Lewat olahan kedelai ini, asupan protein tubuh kamu pun akan tercukupi. Dalam setiap 142 gram tahu atau 2 potong tahu ukuran sedang, maka kamu akan mendapat 11 gram protein.

 

Agar tidak bosan, kamu bisa mengolahnya menjadi tahu panggang. Untuk membuatnya, kamu cukup dengan merendam irisan tahu dengan saus BBQ rendah garam. Kemudian, panggang hingga berubah kecoklatan dan tahu panggang pun siap disajikan.

 

2. Roti gandum selai kacang

Roti gandung dan selai kacang merupakan kombinasi kaya protein serta mengenyangkan. Tak heran, menu camilan ini kerap menjadi pilihan para vegetarian. Dalam setiap setangkup roti gandum dan dua sendok makan selai kacang, tubuh akan mendapat asupan protein hingga 11 gram, lho. Sebagai variasi, kamu juga bisa menambahkan potongan buah di dalamnya.

 

3. Kacang panggang

Camilan yang satu ini bisa menjadi teman yang pas saat kamu menonton film favorit. Selain enak, kacang panggang juga bisa menjadi sumber protein yang baik. Setiap 230 gramnya, terkandung 12 gram protein di dalamnya. Tak hanya itu, kandungan lain seperti vitamin E, magnesium, dan jenis lemak baik bagi jantung juga bisa kamu dapatkan.

 

Baca juga: Perbedaan Antara Gaya Hidup Vegan & Vegetarian

 

4. Yoghurt kedelai

Yoghurt yang terbuat dari sari kacang kedelai ini juga bisa menjadi camilan sehat pilihan. Dalam satu cangkir atau 230 gramnya, yoghurt kedelai ini mengandung 6 gram protein. Yoghurt kedelai bisa kamu beli di beberapa retail modern atau toko yang menjual khusus makanan vegetarian. Sama seperti yoghurt susu, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan makanan lain sesuai selera.

 

5. Granola

Kepopuleran granola sebagai salah satu makanan sehat membuat makanan ini kian dikenal luas. Tak hanya sebagai menu sarapan, granola juga kerap dikonsumsi sebagai camilan.

 

Granola terbuat dari bahan-bahan nabati tanpa produk hewani, seperti oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering yang dipanggang hingga renyah, membuat granola sangat populer dikalangan para vegetarian. Kombinasi dari oat dan kacang-kacangan di dalamnya, membuatnya menjadi salah satu alternatif sumber protein pengganti daging.

 

Terrtarik untuk mencoba salah satu camilan vegetarian ini? Kamu bisa membeli berbagai bahan-bahan untuk membuat camilan vegetarian ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

camilan vegetarian

 

6. Pisang penyet

Tidak hanya cocok sebagai pencuci mulut, buah tropis ini juga cocok lho untuk dijadikan sebagai camilan sehat. Pisang sendiri merupakan salah satu sumber karbohidrat, potasium, dan vitamin B6. Nah, agar lebih nikmat, kamu bisa nih membuatnya menjadi pisang penyet.

 

Jenis pisang yang cocok untuk membuat camilan ini adalah pisang kepok. Setelah mengupasnya, kamu bisa bisa panggang, lalu pipihkan setelah masak. Sajikan dengan berbagai topping sesuai selera, seperti kacang sangrai maupun lelehan dark chocolate.

 

Baca juga: 5 Cara Bikin Kue Bolu Kukus Vegan Tanpa Telur dan Susu

 

7. Wedang tahu

Saat cuaca sedang turun hujan dan udara dingin mendera, tentu makanan atau minuman panas bisa menjadi pilihan. Nah, salah satu pilihan tersebut adalah wedang tahu. Minuman tradisional yang juga cukup populer di Semarang ini terbuat dari kembang tahu yang diguyur oleh kuah jahe yang panas. Tekstur kembang tahu sekilas memang mirip seperti puding susu yang lembut. Kelembutan kembang tahu ini kian nikmat dengan guyuran hangatnya kuah jahe.

 

8. Salad buah dan sayur

Kombinasi buah dan sayuran segar pastinya bisa menjadi sumber vitamin terbaik untuk tubuh. Namun, jika kamu hanya ingin menikmati salad buah atau salad sayur saja, tentu tidak masalah. Untuk membuatnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan salad pada umumnya. Setelah memotong buah atau sayuran ke dalam wadah, kamu bisa menambahkan mayones gluten free di atasnya.

 

9. Asinan buah atau sayur

Saat cuaca sedang panas-panasnya dan sinar matahari sedang terik-teriknya, asinan bisa nih menjadi camilan penyegar tenggorokan. Asinan tersedia dalam dua jenis pilihan, yaitu asinan buah dan asinan sayur.

 

Perbedaan antara keduanya bukan hanya dari bahan utamanya saja, tetapi juga dari jenis kuahnya. Untuk asinan sayur, biasanya akan disajikan dengan guyuran bumbu kacang. Sedangkan asinan buah, kuah yang disajikan lebih bercita rasa sedikit asam, manis, dan pedas.

 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Sajian dari Cokelat Vegan di Rumah

 

10. Gethuk

Makanan tradisional ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai camilan sehat yang mengenyangkan. Hal ini tidak lain karena kandungan karbohidrat singkong di dalamnya hingga 98%. Kadar gulanya pun tidak setinggi nasi.

 

Cara membuatnya terbilang mudah. Cukup rebus singkong, kemudian tumbuk hingga hancur. Kamu bisa memberikan gula, sedikit garam, ataupun taburan kelapa parut. Namun, kamu juga bisa bervariasi dengan menggantinya dengan madu, gula merah, atau lelehan dark chocolate.

 

Nah, itulah 10 ide camilan vegetarian yang enak dan praktis. Sebenarnya, ada banyak sekali varian camilan vegetarian yang bisa kamu buat. Bahkan, banyak juga kok produsen makanan dan camilan kemasan yang khusus dibuat untuk kamu para vegetarian. Jika kamu tertarik untuk mencoba salah satunya, kamu bisa membeli camilan sehat untuk vegetarian tersebut juga di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

camilan vegetarian

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Variasi Resep Kembang Kol yang Lezat dan Praktis Dimasak

Kembang kol menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Bentuknya mirip seperti sayuran brokoli...

10 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk...

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Post Comment