Written by at March 16, 2020
Tips & Trik

Ini 10 Jenis Kaldu Alami yang Bisa Membuat Masakan Lebih Gurih

Kaldu merupakan sari tulang, daging, atau pun sayuran yang direbus, sehingga menghasilkan sari dari bahan dasarnya. Kaldu sering sekali ada di masakah Indonesia, karena manfaatnya yang menjadikan hidangan menjadi lebih sedap karena citarasanya yang gurih. Rasanya sangat nikmat ketika menyeruput kuah kaldu, apalagi jika kamu sedang flu. Jenis kaldu yang mungkin kamu ketahui adalah kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, dan kaldu sayur. Namun, bukan hanya itu jenis dari bahan masakan yang sangat nikmat ini. Yuk, simak 10 jenis kaldu alami yang bisa membuat masakan lebih gurih di bawah ini.

 

Ini jenis kaldu alami yang bisa membuat masakan lebih gurih

jenis kaldu
Jenis Kaldu Alami yang Bisa Membuat Masakan Lebih Gurih. (Foto: Pixabay)

1. Kaldu Ayam

Kaldu ayam adalah kaldu yang paling umum dan paling banyak dipakai untuk masakan. Memang lebih praktis kalau kamu membeli kaldu ini di minimarket, bahkan di warung dekat rumah pun pasti ada. Namun, hidangan akan terasa lebih istimewa dengan menggunakan kaldu ayam homemade. Kaldu ayam rumahan ini dapat disimpan di dalam freezer hingga 3 bulan.

 

2. Kaldu Tulang Ayam

Selain dagingnya, tulang dari ayam ini juga populer dijadikan kaldu. Jenis kaldu ini memang perlu dimasak dalam waktu yang lama, bahkan ada yang merebus sampai tulangnya jadi lunak. Jika kamu membuat kaldu dari tulang ayam, kamu mendukung adanya zero waste. Jadi, ketika kamu memasak ayam, kamu dapat menyimpan tulangnya dalam wadah kedap udara di dalam freezer sampai kamu siap membuatnya jadi kaldu.

 

3. Kaldu Sapi

Kaldu lain yang menjadi primadona adalah kaldu sapi. Kenikmatan lemak yang direbus menghasilkan citarasa umami yang cocok dijadikan hidangan seperti sup,tumisan, dan juga saus.

 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gindara untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

 

4. Kaldu Tulang Sapi

Selain dagingnya, tulang sapi juga enak sekali jika kamu jadikan bahan dasar membuat kaldu. Apalagi kalau kamu menggunakan tulang sapi yang ada sumsumnya, yummy! Semakin lama kamu memasak kaldu bergizi ini maka rasanya akan semakin gurih dan terkonsentrasi. Ikuti tips ini jika kamu ingin membuat kaldu tulang sapi, panggang tulang dan sayurannya terlebih dahulu ini akan menambah lebih banyak rasa dan kekayaan dari kaldu tersebut.

 

5. Kaldu Ikan

Walau tak sepopuler kaldu daging dan unggas, kamu tetap tidak dapat melewatkan kenikmatan dari kaldu ikan. Jika kamu membuat kaldu ikan, semua jenis ikan bisa kamu jadikan sup. Baik ikan air tawar yang sering kamu jumpai seperti ikan nila hingga ikan yang lebih wah seperti tuna dan salmon.

 

Jenis kaldu ini bisa digunakan dalam sup, semur dan hidangan utama lainnya. Kamu cukup membilas tulang ikan dan dagingnya dengan air dingin. Kamu juga bisa memanggang tulang ikan dan dagingnya terlebih dulu supaya rasanya lebih kaya. Sesudah itu, rebus semuanya sampai airnya hilang ¼ nya. Saring air kaldunya dan bisa disimpan di dalam kulkas selama 1 hari atau di freezer selama 6 bulan.

 

Ingin mencoba berbagai Jenis kaldu untuk masakanmu? Yuk, beli berbagai bahan segar dan sehat untuk membuat kaldu di Sayurbox!

 

jenis kaldu

 

6. Kaldu Rumput Laut

Jenis kaldu dari rumput laut ini dikenal juga dengan Korean style dashi stock. Penambah rasa ini terbuat dari rumput laut (dried kelp) dan anchovy (ikan teri Korea, ukurannya lebih besar dibandingkan teri Indonesia). Walaupun resep ini merupakan kaldu ala Korea, dashi sebenarnya merupakan kaldu dari Jepang. Kaldu ini merupakan kunci dari kebanyakan masakan khas Jepang dan Korea. Apabila kamu ingin mencoba membuatnya, kamu hanya membutuhkan tiga bahan saja, yaitu 1.500 ml air, 10 gr dried kelp/Japanese kombu dan 30 gr dried anchovy berukuran sedang.

 

Siapkan panci kecil (sauce pan). Rendam rumput laut kering dalam 6 gelas air dingin di dalam panci selama 1 jam, atau semalaman. Semakin lama kamu merendam kelp maka rasanya semakin dalam. Siapkan anchovy. Buang kepala dan kotoran di dalamnya. Masukkan tubuh anchovy ke dalam saringan teh. Jika sebelumnya kamu tidak merendam kelp juga tidak apa-apa, langsung rebus saja kelp dan anchovy bersamaan. Kamu bisa menyimpan kaldu ini hingga 3 bulan di freezer.

 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

 

7. Kaldu Sayuran

Kamu mungkin berpikir bahwa kaldu hanya bisa dihasilkan, oleh bahan-bahan hewani. Jangan salah sangka, sayur mayur pun bisa kamu jadikan bahan dasar untuk membuat masakan lebih gurih, cocok sekali untuk kamu yang sedang diet dan vegetarian. Kamu dapat membuat jenis kaldu ini dengan bahan-bahan yang sangat mudah yaitu kulit bawang putih, kulit wortel yang biasanya dibuang, daun lobak yang tidak pernah masuk ke dalam sup, dan bagian lainnya dari sisa sayuran yang sebenarnya bisa kamu olah menjadi kaldu. 

 

8. Kaldu Jamur

Tentu saja sudah tak asing lagi dengan kaldu yang berbahan dasar dari tumbuhan jamur. Bahkan ada kaldu instan jamur di pasaran, yang memudahkan para vegan ketika ingin masakannya terasa enak tanpa menggunakan kaldu dari hewan. Sama seperti kaldu ayam dan sapi, kaldu jamur juga serbaguna, bisa dipakai untuk sup, semur, saus, dsb. Rahasia dari kaldu jamur yang kaya citarasa adalah dengan menumis sayuran terlebih dahulu, alih-alih merebus jamur mentah-mentah.

 

9. Kaldu Rempah China

Kalau kamu pernah memasak masakan China, kamu mungkin tahu ada rempah-rempah khas Cina yang disebut “lima rempah” (five chinese spices). Lima rempah ini merupakan esensial di hampir semua masakan Cina. Buatlah kaldu dari kelima rempah ini, yaitu bunga lawang, cengkih, kayu manis, andalimandan biji adas yang ditumbuk. Lima rempah ini dipercaya menyeimbangkan yin dan yang dalam masakan kamu, karena meliputi lima rasa yaitu manis, asam, pahit, pedas, dan asin.

 

Baca juga: 6 Cara Mengolah Ikan Kuro yang Lezat dan Mudah Dimasak

 

10. Kaldu Parmesan

Nah, siapa yang baru mengetahui jenis kaldu ini? Nyatanya, keju parmesan yang merupakan keju bertekstur keras dari susu sapi yang banyak diproduksi di Italia ini dapat kamu jadikan sebagai bahan membuat kaldu. Kalau kamu punya keju parmesan di rumah dan bagian dalamnya sudah habis, bagian pinggiran keju yang keras itu bisa kamu sulap jadi kaldu, lho.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 10 jenis kaldu alami yang bisa membuat makanan lebih gurih, jadi kamu bisa membuat kaldu yang bervariasi. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan- bahan untuk membuat kaldu di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

jenis kaldu

Related Articles

Jangan Sampai Daging Keras, Ini 5 Cara Masak Daging Biar Empuk

Daging memang cukup tricky untuk diolah. Salah langkah, daging bisa jadi keras dan alot sehingga rasanya pun tidak begitu enak. Padahal...

5 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Rasanya Lezat

Pare umumnya dihindari oleh banyak orang karena rasanya yang pahit. Padahal di balik rasa pahitnya, pare menyimpan begitu banyak manfaat...

Masak Jadi Praktis, Ini 8 Rekomendasi Paket Sayur Siap Masak Sayurbox

Pernah gak sih Sayurfriends batal masak sayur karena bahannya yang tak lengkap di dapur? Meskipun bahannya terbilang sederhana, tetap saja...