Written by at July 13, 2020
Tips & Trik

Ketahui 10 Jenis Pisang dan Cara yang Tepat untuk Mengolahnya

Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis. Pisang merupakan komoditas hortikultura keempat yang terpenting setelah beras, susu, dan gandum. Dalam pisang terkandung Karbohidrat, Kalsium, Vitamin C, dan Betakarotein. Buah Pisang memiliki khasiat mengatasi tekanan darah tinggi, anemia, strok, kanker paru-paru dan lambung. Indonesia merupakan salah satu pusat keragaman pisang, baik konsumsi buah segar maupun sebagai bahan olahan. Dengan banyaknya jenis pisang, kamu harus tahu cara yang tepat untuk mengolahnya. Yuk, ketahui 10 jenis pisang dan cara yang tepat untuk mengolahnya di bawah ini.

 

Ini kandungan pisang per 100 gr:

  • Energi: 99 kkal
  • Protein: 1,2 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 25,8 gr
  • Kalsium: 8 mg
  • Fosfor: 28 mg
  • Zat Besi: 1 mg
  • Vitamin A: 146 IU
  • Vitamin B1: 0,08 mg
  • Vitamin C: 3 mg

 

Ini berbagai jenis pisang dan cara yang tepat untuk mengolahnya

jenis pisang dan cara yang tepat untuk mengolahnya
Jenis Pisang dan Cara yang Tepat untuk Mengolahnya.(Foto: Pixabay)

1. Pisang Raja, manis dan aromanya harum

Rajanya buah pisang ini merupakan jenis pisang lokal yang memiliki rasa khas dan nilai jual tinggi. Karakteristik Pisang raja memiliki ukuran sedang, kulit buah tebal dan berwarna kuning menuju jingga saat sudah matang dengan sedikit corak kehitaman. Citarasa Pisang Raja sangat manis dan memiliki aroma yang harum.

 

Daging buahnya yang tebal dan padat menjadikan Pisang ini begitu digemari. Selain enak untuk dimakan secara langsung, Pisang Raja juga dapat diolah menjadi Kue Bolu Pisang Raja, Kue Tradisional Nagasari, dan bahan utama makanan khas Makassar Es Pisang Ijo.

 

2. Pisang Cavendish, tekstur daging buahnya lembut

Pisang cavendish termasuk jenis pisang yang menjadi komoditas ekspor dengan nilai jual yang tergolong tinggi. Buahnya berbentuk melengkung dan memiliki panjang sekitar 14-15cm. Kulit buahnya berwarna kuning mulus dan bersih saat sudah matang menjadikan banyak anggapan bahwa pisang ini merupakan produk impor dari luar negeri. Padahal Pisang Cavendish merupakan produk asli Indonesia, yang perkebunan terbesarnya berada di Lampung.

 

Pisang Cavendish dikenal memiliki tekstur daging buah yang lembut, padat, dan memiliki citarasa sedikit asam. Cocok untuk dikonsumsi secara langsung, maupun diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Jenis pisang ini juga juga diolah menjadi makanan kekinian yaitu Banana Nugget, lho!

 

3. Pisang Susu, ukuran yang paling kecil

Sekilas pisang susu ini, memiliki tekstur yang mirip dengan pisang cavendish. Pisang yang menjadi kegemaran balita dan anak-anak ini memiliki ukuran yang paling kecil diantara semua jenis pisang. Kulit buahnya tipis, berwarna kuning cerah dan berbintik coklat kehitaman.

 

Bentuk buahnya melengkung tanpa siku. Citarasa si mungil pisang susu ini daging buahnya putih, manis, dan terdapat sensasi creamy layaknya susu. Enak untuk dimakan secara langsung. Pisang ini juga diolah menjadi beberapa camilan seperti pisang keju susu, pisang kress vla susu, dan dadar gulung pisang cokelat.

 

4. Pisang Ambon, berwarna kuning segar dan beraroma harum

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan pisang ambon. Pisang ini paling mudah dijumpai di pasar maupun supermarket dan memiliki harga yang murah. Pisang Ambon memiliki tekstur daging buah yang lembut dan pulen kuning pucat kemerahan.

 

Karena tekstur buahnya yang lembut menjadikan pisang ini dapat dikonsumsi semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Identik dengan warna kuning segar dan beraroma harum. Buah ini bisa langsung dikonsumsi dan juga dapat diolah menjadi kue bolu pisang, keripik pisang, dan pancake pisang.

 

Baca juga: 7 Kandungan Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

5. Pisang Kepok, teksturnya lembut dan pulen

Pisang ini identik dengan bentuk yang paling lebar dan ukurannya pendek pipih. Daging buahnya berwarna kuning menuju jingga, teksturnya lembut dan pulen ketika dimakan. pisang kepok memiliki dua jenis, yaitu kapok kuning dan kapok putih.

 

Kepok putih yang memiliki tekstur daging buah lebih keras dan rasanya sepat, sehingga digunakan untuk pakan burung. Sedangkan kepok kuning termasuk dalam pisang olahan, yaitu jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Cocok untuk diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar. Kolak dan Keripik Pisang juga bisa menjadi pilihan kamu dalam mengolah pisang kepok.

 

Ingin mencoba salah satu dari 10 jenis pisang ini? Yuk, cek dan beli aneka pisang yang segar dan berkualitas di Sayurbox!

 

jenis pisang

 

6. Pisang Tanduk, bentuk melengkung seperti tanduk

Sesuai dengan namanya, pisang tanduk memiliki bentuk yang panjang melengkung seperti tanduk. Pisang ini merupakan pisang yang paling panjang diantara jenis pisang lainnya. Sama seperti pisang kepok, pisang tanduk juga masuk dalam jenis pisang olahan.

 

Hal ini disebabkan oleh tekstur daging buahnya yang cukup keras, sehingga lebih enak disantap setelah diolah. Pisang ini paling sering diolah menjadi pisang goreng. Namun, kamu juga dapat mengolah pisang tanduk menjadi puding pisang, kue bolu pisang, dan donat pisang tanduk.

 

Baca juga: 11 Aneka Olahan Pisang yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

 

7. Pisang Nangka, aroma yang harum dan tajam

Bukan tanpa alasan buah ini dinamai pisang nangka, karena buah ini merupakan hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka, lho. Kulitnya berwarna hijau dan tebal, baik dalam kondisi mentah maupun matang. Sementara daging buahnya berwarna kuning kemerahan.

 

Pisang nangka memiliki aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka. Pisang ini juga termasuk dalam jenis pisang olahan, daging buahnya cenderung kenyal sehingga kurang enak apabila kamu makan secara langsung. Kamu dapat mengolahnya menjadi keripik pisang dan kolak pisang,

 

8. Pisang Mas, daging buahnya tebal ini manis dan lembut

Sesuai namanya pisang mas memiliki kulit buah berwarna kuning cerah dan mulus saat sudah matang, tanpa bintik coklat kehitaman layaknya pisang susu. Citarasa daging buah yang tebal ini manis dan lembut.

 

Ukurannya kecil dan juga memiliki aroma yang khas. Pisang mas enak untuk disantap secara langsung. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi bolu atau brownies pisang.

 

Baca juga: Cari Tahu 7 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

 

9. Pisang Mas Kirana, citarasanya manis dan daging buah yang lunak

Selanjutnya ada pisang mas kirana yang hampir mirip dengan pisang mas, namun ukurannya lebih besar. Pisang ini cocok dijadikan sebagai komoditas ekspor karena memiliki daya tahan yang cukup lama.

 

Identik dengan citarasanya manis dan daging buah yang lunak. Pisang ini dapat langsung kamu makan. Maupun kamu olah menjadi pisang sale.

 

10. Pisang Barangan, daging buahnya berwarna putih agak kekuningan

Terakhir ada pisang barangan, pisang yang banyak dibudidayakan di daerah Sumatera Utara, sehingga banyak yang menjulukinya pisang medan atau pisang medan barangan. Saat matang, kulit pisang ini berwarna kuning menuju merah. Pisang ini juga dikenal memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan.

 

Daging buahnya tebal, bertekstur kering tanpa biji. Pisang ini juga mempunyai citarasa manis dengan aroma yang khas. Selain dapat langsung dikonsumsi, kamu dapat mengolang pisang barangan menjadi pisang goreng dan juga roti pisang.

 

Jika, jenis pisang mana yang menjadi favoritmu? Yuk, cari rekomendasi dan beli berbagai jenis pisang di Sayurbox.

 

jenis pisang

Related Articles

Kenali Penyebab Bronkitis dan Cara yang Benar untuk Mencegahnya

Apakah kamu sering mengalami batuk berlendir yang sudah berlangsung selama lebih dari 10 hari? Jika iya, sebaiknya segera periksa kondisi...

Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Vertigo dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Apakah kamu pernah merasa tiba-tiba pusing dan merasa benda di sekeliling kamu berputar, padahal sedang tidak terjadi apa-apa? Kalau kamu...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 4 Panduan dan Cara Diet OCD yang Benar

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya yaitu dengan menjalankan program diet. Dari beberapa program...

Post Comment