Written by at January 28, 2020
BabyMPASI

Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

Nutrisi yang bayi dapatkan melalui makanan sangat berpengaruh kepada tumbuh kembang bayi secara optimal. Sejak dari kandungan hingga usia 2 tahun, nutrisi dan gizi bayi perlu menjadi perhatian bagi orangtua. Para peneliti dunia menyebut 1000 hari pertama kehidupan yang berawal dari masa bayi berada dalam kandungan merupakan masa paling penting bagi bayi untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup oleh karena itu sangat penting untuk memberikan makanan sehat untuk bayi.

 

Beberapa tahun pertama kehidupan bayi kamu sangat penting, karena selama tahap ini bayi akan bersiap dan mengumpulkan kekuatan untuk proses pertumbuhan. Selama waktu ini kamu harus memastikan bahwa bayi kamu mendapatkan jenis nutrisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Yuk, berikan buah dan sayur terbaik, ini 10 makanan sehat untuk bayimu.

 

Ini buah dan sayur terbaik, makanan sehat untuk bayi

Makanan Sehat untuk Bayi
Buah dan sayuran menjadi makanan sehat untuk bayi. (Foto: Pixabay)

1. Pepaya

Buah pepaya adalah makanan pendamping yang bagus untuk bayi kamu, karena mudah ditelan dan juga manis. Pepaya kaya akan vitamin C dan beta karoten yang membantu anak untuk mendapatkan kebutuhan vitamin C hariannya. Serat larut dalam buah juga berfungsi meningkatkan fungsi usus yang normal.

 

2. Apel

Sebuah ungkapanmenyatakan, sehari satu apel akan membuat dokter menjauh. Apel pure yang dihaluskan diketahui sebagai salah satu makanan penyapihan terbaik untuk bayi. Apel mengandung pektin, serat larut yang kuat, dan banyak mineral dan vitamin lain yang dibutuhkan bayi saat ia tumbuh.

 

3. Alpukat

Alpukat adalah sumber alami yang kaya dengan kandungan lemak tak jenuh dan diyakini memiliki komposisi lemak yang mirip dengan ASI, yang tentunya sangat bagus. Bayi membutuhkan dosis lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk fungsi kognitif dan perkembangan otak, jadi pastikan kamu menemukan cara untuk memberikan lebih banyak alpukat dalam makanannya.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

4. Pisang

Buah ini adalah sumber karbohidrat yang kaya yang bertindak sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh. Pisang juga memiliki kandungan serat yang baik yang membantu menjaga kesehatan usus, pisang memiliki tekstur daging yang lunak dan mudah dikunyah, yang menjadikannya makanan yang sempurna untuk bayi. Pastikan kamu memilih pisang matang dan haluskan pisang sebelum menyuapi bayi kamu.

 

5. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C. Buah jeruk adalah pilihan yang bagus untuk camilan malam yang bisa kamu perkenalkan kepada bayimu. Jeruk lebih sehat sebungkus biskuit. Bayi kamu benar-benar akan menyukainya, berkat citarasa yang luar biasa. Pastikan kamu memilih varietas segar, meskipun varietas kalengan lebih cenderung kurang nutrisi karena diproses dan juga akan mengandung banyak gula.

 

Ingin berikan buah dan sayur terbaik sebagai makanan sehat untuk bayi? Yuk, beli buah dan sayur terbaik di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

6. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu dari banyak sayuran bergizi yang bisa kamu perkenalkan kepada bayimu. Mereka kaya akan phyto-nutrition, vitamin A, dan vitamin C. Terlebih lagi, mereka memiliki tekstur krim alami yang membuat mereka menjadi makanan yang bagus bayi. Rebus saja ubi jalar hingga empuk dan lalu haluskan ubi agar mudah dicerna oleh bayi kamu.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

7. Wortel

Wortel adalah sumber beta karoten yang memberi mereka warna oranye yang khas. Mereka juga mengandung vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan mata pada anak-anak. Memasak wortel memunculkan rasa manis alami dan membuatnya lembut dan empuk. Berikan wortel agar menjaga kesehatan mata bayi kamu.

 

8. Kacang polong

Kacang polong sangat bergizi dan memiliki sifat antioksidan yang 10 kali lipat jumlah jeruk. Terlebih lagi, kacang polong kaya serat yang membantu mengatur sistem pencernaan bayi dan mencegahnya mengalami sembelit. Kacang polong juga merupakan sumber alami zat besi, vitamin B, vitamin K, dan protein. Kacang polong dapat membantu meningkatkan perkembangan tulang dan kesehatan. Yang terbaik dari semuanya, kacang polong hijau sangat serbaguna kamu bisa menambahkannya ke dalam makanan apa saja.

 

9. Brokoli

Bayi kamu mungkin membenci brokoli, tetapi ada banyak alasan mengapa kamu harus menambahkannya ke makanan bayi kamu. Sayuran ini kaya serat, folat, dan kalsium., dan memiliki sifat melawan kanker yang sangat baik. Rasa brokoli memang cukup kuat, tapi memperkenalkan brokoli pada bayi sejak dini akan membantu memperkenalkan bayi pada cita rasa baru dan menumbuhkan rasa suka bayi akan sayuran. Untuk menyajikan brokoli pada si kecil, kukus brokoli hingga empuk dan potong dengan ukuran yang cukup kecil agar aman dikonsumsi bayi.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

10. Bit

Buah ini merupakan makanan sehat untuk bayi. Bit mengandung kalsium, vitamin A, kalium dan serat yang mendorong perkembangan kesehatan bayimu. Cobalah untuk membeli bit segar kapan pun dimungkinkan, bit rebus menjadi makanan sehat yang enak.

 

Jadi, mulai sekarang terus berikan buah dan sayur terbaik sebagai makanan sehat untuk bayi. Yuk, beli buah dan sayur terbaik di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

Related Articles

Agar Anak Sehat, Coba Yuk 7 Resep MPASI Kabocha Ini

Untuk ibu yang sedang bingung meracik menu MPASI untuk si kecil, ibu bisa mencoba kabocha atau labu kuning sebagai bahan buah alternatif...

Yuk, Cari Tahu 7 Manfaat Jeruk Baby untuk Si Kecil

Buah yang identik dengan warna oranye ini, memang sangat digemari berbagai kalangan. Selain rasanya yang bikin ketagihan, buah jeruk juga...

11 Variasi Makanan Bayi 6 Bulan untuk Kecerdasan Otak yang Optimal

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi tentunya sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi sumber makanan lain selain ASI atau yang dikenal dengan...

Post Comment