Written by at October 27, 2020
Tips & Trik

Ini 11 Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan banyak orang. Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah massa otot bisa sama sulitnya, dengan menurunkan berat badan untuk orang lain. Kebanyakan orang mengira bahwa menaikkan berat badan, akan lebih mudah, karena hanya tinggal mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya lama kelamaan berat badan juga akan bertambah. Keadaan ini bisa saja menyebabkan orang-orang yang ingin menambah berat badan jadi makan berlebihan, termasuk di antaranya makanan yang tinggi kalori, tinggi gula, dan tinggi lemak, sehingga ini malah berpotensi membuat kondisi badan kamu tidak sehat. Namun, dengan menambahkan makanan tertentu ke dalam pola makan, dapat membuat upaya penambahan berat badan kamu lebih sehat dan lebih efektif. Yuk, simak 11 makanan untuk menambah berat badan yang sehat berikut ini.

 

Ini makanan untuk menambah berat badan yang sehat

Makanan untuk Menambah Berat Badan
Makanan untuk Menambah Berat Badan yang Sehat. (Foto: Pixabay)

1. Susu

Susu telah digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangun otot selama beberapa decade. Tidak heran, kini begitu banyak produk susu penambah berat badan yang beredar di pasaran. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat, dan lemak yang baik ini merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya.

 

Bagi kamu yang mencoba menambah massa otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian bahkan menunjukkan itu dapat membantu kamu menambah otot ketika dikombinasikan dengan angkat berat. Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa susu, atau kombinasi whey dan kasein, dapat menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada sumber protein lainnya. Cobalah minum sekitar satu atau dua gelas susu, dengan makanan, atau sebelum dan sesudah berolahraga jika kamu sedang work out.

 

2. Nasi

Beras adalah sumber karbohidrat yang aman dan murah untuk membantu kamu menambah berat badan. Hanya 165 gram nasi yang dimasak, dapat menghasilkan 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak.

 

Beras juga padat kalori, artinya kamu dapat dengan mudah mendapatkan jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsi. Ini membantu kamu makan lebih banyak makanan, terutama jika kamu memiliki selera makan yang buruk atau cepat kenyang. Metode yang populer adalah menyiapkan sepanci besar beras untuk minggu ini dan menggabungkannya dengan beberapa protein dan lemak sehat. Namun, jumlah porsi makan nasi yang sangat besar bukanlah hal yang bijaksana, karena potensi arsenik dan kandungan asam fitatnya. Arsenik dapat menyebabkan toksisitas dan asam fitat dapat mengurangi penyerapan seng dan zat besi.

 

3. Kacang dan Mentega Kacang

Kacang dan mentega kacang adalah pilihan yang sempurna sebagai makanan untuk menambah berat badan. Hanya satu genggam kecil almond yang mengandung lebih dari 7 gram protein dan 18 gram lemak sehat. Kacang sangat padat kalori, hanya dua genggam per hari dengan makanan atau sebagai camilan dapat dengan cepat menambah ratusan kalori.

 

Mentega kacang juga dapat ditambahkan ke berbagai makanan ringan atau hidangan, seperti smoothie, yogurt dan banyak lagi. Namun, pastikan kamu memilih mentega kacang 100% tanpa tambahan gula atau minyak tambahan.

 

Baca juga: Ini 10 Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Menunjang Diet Sehatmu

 

4. Daging Merah

Daging merah mungkin salah satu makanan pembentuk otot terbaik yang tersedia dan bisa kamu pilih. Misalnya, steak daging merah, mengandung sekitar 3 gram leusin per 170 gram. Leusin adalah asam amino kunci yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru. Selain itu, daging merah adalah salah satu sumber alami terbaik dari creatine makanan, yang merupakan suplemen pembentuk otot terbaik di dunia. Daging berlemak merupakan sumber protein yang baik, karena daging berlemak memberikan lebih banyak kalori, yang dapat membantu kamu menambah berat badan.

 

5. Salmon dan Ikan Berminyak

Seperti daging merah, salmon dan ikan berminyak adalah sumber protein yang sangat baik dan lemak sehat yang penting. Dari semua nutrisi yang diberikan salmon dan ikan berminyak, asam lemak Omega-3 adalah yang paling signifikan dan terkenal. Mereka menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kamu dan melawan penyakit.

 

Hanya satu fillet salmon seberat 170 gram, dapat memberikan sekitar 350 kalori dan 4 gram lemak Omega-3. Sajian yang sama mengemas 34 gram protein berkualitas tinggi, membantu kamu membangun otot atau menambah berat badan.

 

Ingin mencoba makanan untuk menambah berat badan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli sayuran serta buah-buahan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

makanan untuk menambah berat badan

 

6. Buah Kering

Dried fruit adalah camilan berkalori tinggi yang juga menyediakan antioksidan dan zat gizi mikro. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis buah kering, seperti beberapa beri kering, buah plum kering, kismis kering, dsb. Mereka memiliki kandungan gula yang sangat tinggi sehingga cocok sebagai makanan untuk menambah berat badan, terutama karena buah-buahan kering aman untuk makan dan rasanya enak.

 

Buah-buahan kering mengandung banyak serat dan sebagian besar vitamin dan mineral mereka tetap utuh. Cobalah menggabungkan beberapa buah kering dengan sumber protein, seperti potongan daging atau protein whey. Mereka juga bercampur dengan baik dengan kacang-kacangan dan yogurt alami, memberikan campuran lemak sehat, protein dan nutrisi penting lainnya.

 

Baca juga: Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

 

7. Alpukat

Buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh kamu sekaligus menjadi makanan untuk menambah berat badan. Ini disebabkan karena alpukat mengandung lemak sehat. Tidak seperti buah utuh lainnya, alpukat cukup padat kalori dan karenanya merupakan makanan yang baik untuk membantu kamu menambah berat badan.

 

Hanya satu alpukat besar menyediakan sekitar 322 kalori, 29 gram lemak dan 17 gram serat. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai senyawa tanaman bermanfaat. Coba tambahkan alpukat ke makanan utama dan hidangan lainnya seperti sandwich atau membuat camilan alpukat dengan susu.

 

8. Kentang dan Makanan Pati Lainnya

Sayuran ini dan makanan bertepung lainnya adalah cara yang sangat mudah dan hemat biaya untuk menambah kalori ekstra sehingga menambah berat badan kamu. Cobalah untuk memilih salah satu dari sumber karbohidrat karbohidrat yang sehat ini, seperti biji gandum, jagung, soba, ubi, labu, dan kacang polong. 

 

Kentang dan makanan pati lainnya tidak hanya menambah karbohidrat dan kalori untuk membantu kamu menambah berat badan, kentang juga meningkatkan simpanan glikogen otot kamu. Glikogen adalah sumber bahan bakar utama untuk sebagian besar olahraga dan kegiatan. Banyak dari sumber karbohidrat ini juga menyediakan nutrisi dan serat yang penting, serta pati yang tahan, yang dapat membantu menyehatkan bakteri usus kamu.

 

Baca juga: Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

 

9. Dark Chocolate

Cokelat hitam berkualitas tinggi memberikan banyak antioksidan dan manfaat kesehatan. Kebanyakan orang merekomendasikan cokelat hitam dengan kandungan kakao setidaknya 70%. Seperti makanan berlemak tinggi lainnya, cokelat hitam memiliki kepadatan kalori yang sangat tinggi, artinya sangat mudah untuk mendapatkan banyak kalori darinya.

Setiap batang cokelat hitam seberat 100 gram, memiliki sekitar 600 kalori dan dikemas dengan zat gizi mikro dan senyawa penunjang kesehatan, termasuk serat, magnesium, dan antioksidan, bersama dengan banyak kalori untuk membantu kamu menambah berat badan.

 

10. Telur

Yup, bahan makanan yang akan membantu kamu menambah berat badan yang terakhir adalah telur. Telur adalah salah satu makanan pembentuk otot yang paling sehat di dunia ini. Telur memberikan kombinasi hebat protein berkualitas tinggi dan lemak sehat. Faktanya, hampir semua nutrisi bermanfaat dalam telur ditemukan dalam kuning telur.

 

Selama kamu tidak memiliki intoleransi terhadap telur, tidak perlu membatasi konsumsi telurm kamu dapat dengan mudah makan tiga telur per hari jika kamu mau. Bahkan, banyak atlet atau binaragawan akan makan enam atau lebih setiap hari, karena telur penuh dengan nutrisi.

 

11. Whole wheat pasta

Whole wheat pasta menggunakan tepung berbahan dasar tepung whole wheat atau tepung gandum utuh. Artinya, tepung tersebut juga mengandung bagian kulit ari atau biji gandum utuh. Tidak hanya mengandung protein, lemak, dan karbohidrat kompleks. Whole wheat pasta juga memiliki kandungan tambahan lainnya, yaitu vitamin B, vitamin E, dan serat.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 10 makanan untuk menambah berat badan yang sehat. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli sayuran serta buah-buahan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

makanan untuk menambah berat badan

Related Articles

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Olive Oil untuk Memasak

Olive oil untuk memasak adalah alternatif minyak yang sehat. Tidak hanya sarat dengan asam lemak bermanfaat dan antioksidan kuat tetapi...

12 Jenis Produk Gluten Free yang Bisa Kamu Konsumsi

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum, gandum hitam, dan jelay. Gluten membantu...

Makin Praktis, Ini 5 Cara Pakai Tombol “Beli Lagi” untuk Belanja di Sayurbox

Ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa kamu beli di Sayurbox. Selain itu, kini Sayurbox juga menghadirkan berbagai kebutuhan pokok atau...

Post Comment