Written by at March 02, 2020
Tips & Trik

Cegah Penularan Virus, Konsumsi 10 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berbagai virus baru kembali ditemukan, salah satunya yang kini sedang menjadi perhatian dunia adalah virus corona. Virus ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Selain itu, hingga saat ini pun belum ditemukan obat dan vaksin mujarab yang dapat digunakan untuk mencegah penularan virus corona. Saat ini telah diumumkan ada dua orang yang positif terjangkit virus corona di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai memproteksi diri dari dalam dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayuran agar tidak mudah tertular virus corona. Ingin mulai memproteksi diri sejak dini? Yuk, cegah penularan virus dengan mengonsumsi 10 makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini.

 

Ini makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh

makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Konsumsi sayur dan buah untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Selada

Siapa yang tak tahu sayuran yang satu ini? Berbagai macam sajian mulai dari yang lokal hingga taraf Internasional pasti ada saja yang menggunakan Selada sebagai bahan dasarnya. Teksturnya yang berserat dan rasanya yang menyegarkan membuat Selada sering dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan. Tetapi, ada juga rahasia lain dari Selada, yaitu kandungan lemak Omega 3 dan Omega 6 di dalamnya. Kandungan tersebut menjadikan selada sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubu . Kamu pun dapat menikmatinya dengan berbagai cara, di konsumsi secara mentah agar lebih terasa kerenyahannya atau di tumis agar lebih sedap dan lembut.

 

2. Edamame

Siapa sangka, ternyata sayuran yang termasuk golongan kacang-kacangan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran yang biasa digunakan untuk menjadi side dish pada makanan Jepang tersebut mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi kita dari efek pengaruh cuaca yang tidak menentu. Cara penyajian edamame pun simple, hanya dengan merebus Edamame di air mendidih serta menambahkan garam atau tumisan bawang putih sebagai penyedap, maka Edamame anda siap disantap. 

 

3. Wortel

Agar daya tahan tubuh meningkat, dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi wortel dicampur dengan ketumbar. Ini merupakan resep rahasia yang tidak banyak orang tahu, padahal sangat ampuh untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

4. Labusiam

Sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan dasar sayur asam dan sayur lodeh ini tidak hanya berguna untuk melezatkan dan mempercantik tampilan makanan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Dibantu oleh kandungan vitamin C nya, Labusiam siap mendukung kesehatan tubuh dan melindungi kita dari zat-zat radikal bebas. 

 

5. Salak

Dalam 100 gram buah salak terdapat setidaknya 8,4 mg Vitamin C. Semakin dewasa manusia, maka akan semakin meningkat kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan mengkonsumsi Salak secara rutin.

 

Berbagai manfaat vitamin C untuk tubuh yaitu antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan, untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, mencerahkan kulit, dan sebagai penunjang untuk penyerapan zat besi.

 

Ingin mencoba makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini? Yuk, beli berbagai sayur, buah, dan makanan sehat lainnya di Sayurbox!

 

 

6. Melon

Melon ini dapat mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tetap terkendali. Vitaminc C juga turut menyerang radikal bebas, seperti asap, polusi, yang kemudian dapat membantu dalam memerangi kanker. Tentu Rock Melon menjadi salah satu buah dengan antioksidan yang kuat.

 

Baca juga: Ini 7 Alasan Rock Melon Aman Dikonsumsi dan Bebas Bakteri Listeria

7. Tomat hijau

Kandungan antioksidan tomat hijau yang cukup tinggi dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh bila mengonsumsinya secara rutin. Daya tahan tubuh yang meningkat artinya membuat tubuh menjadi lebih kebal menghadapi serangan berbagai jenis penyakit.

 

8. Semangka

Kondisi cuaca yang tidak menentu membuat kamu wajib untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dengan sangat ekstra. Buah semangka mengandung antioksidan berbentuk likopen. Likopen inilah yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama musim penghujan. Oleh karena itu semangka termasuk sebagai makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

9. Kacang mete

Manfaat makan kacang mete juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang mete mengandung seng, yang berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan infeksi mikroba, dan penyembuhan luka. Selain itu, mengonsumsi kacang mete sangat penting selama kehamilan untuk meningkatkan pertumbuhan bayi dan pada tahun-tahun perkembangan masa kanak-kanak untuk mempertahankan tubuh yang sehat dan kuat.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

10. Lobak merah

Lobak merah memang belum terkenal di Indonesia karena jarang muncul di pasar tradisional. Padahal lobak merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pasalnya, lobak merah kaya akan kandungan beta karoten, vitamin B, vitamin C, alpha karoten, dan juga kalsium. Kandungan vitamin C di dalam lobak merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta baik untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini? Yuk, beli berbagai sayur, buah, dan makanan sehat lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama...

Segar dan Menyehatkan, Ini 6 Cara Memeras Jeruk yang Benar

Jeruk, merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari di Indonesia. Rasa jeruk yang segar dan kaya akan vitamin C adalah alasan...

Jangan Sampai Tertukar, ini Perbedaan Tobiko dan 3 Jenis Telur Ikan Lainnya

Penggemar makanan Jepang pasti mengenal betul jenis-jenis telur ikan yang umumnya digunakan sebagai pelengkap hidangan sushi dan sashimi....

Post Comment