Written by at July 22, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat. Banyak yang menganggap apel Fuji sebagai apel makan yang sempurna. Tergantung pada ukurannya, apel Fuji mengandung sekitar 100 kalori, apel besar ini juga mengandung flavonoid dalam jumlah tinggi, kaya akan Vitamin C, kaya serat, dan bioflavonoid. Yuk, simak 10 manfaat apel Fuji untuk kesehatan yang bisa kamu coba berikut ini.

 

Ini kandungan gizi apel fuji per 100 gram:

  • Kalori 52 kcal
  • Jumlah Lemak 0,2 g

– Lemak jenuh 0 g

– Lemak tak jenuh ganda 0,1 g

– Lemak tak jenuh tunggal 0 g

  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 1 mg
  • Kalium 107 mg
  • Jumlah Karbohidrat 14 g

– Serat pangan 2,4 g

– Gula 10 g

  • Protein 0,3 g
  • Vitamin A 54 IU
  • Kalsium 6 mg
  • Vitamin D 0 IU
  • Vitamin B12 0 µg
  • Vitamin C 4,6 mg
  • Zat besi 0,1 mg
  • Vitamin B6 0 mg
  • Magnesium 5 mg

 

Ini manfaat apel Fuji untuk kesehatan

manfaat apel Fuji
Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pixabay)

1. Membuat Gigi Lebih Putih dan Sehat

Sebuah apel tidak akan menggantikan sikat gigi kamu, tetapi menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur di mulut kamu, sehingga mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri.

 

2. Menghindari Alzheimer

Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel fuji dapat menjauhkan Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus-tikus dalam penelitian yang diberi makan makanan yang diperkaya dengan apel ini menunjukkan kadar neurotransmitter acetylcholine yang lebih tinggi dan melakukan tes labirin yang lebih baik daripada tikus yang melakukan diet biasa.

 

Baca juga: 15 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

 

3. Melindungi dari Parkinson

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson, penyakit yang ditandai dengan kerusakan sel-sel saraf penghasil dopamin di otak. Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan antiradikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalam apel Fuji.

 

4. Membatasi Pertumbuhan Semua Jenis Kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, setuju bahwa konsumsi apel Fuji yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko kamu terkena kanker pankreas hingga 23%. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid, dalam kulit apel yang memiliki aktivitas anti-pertumbuhan yang kuat terhadap sel-sel kanker di hati, usus besar, dan payudara.

 

Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari seluruh apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor susu pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat yang tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

 

5. Mengurangi Resiko Diabetes

Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari 28% lebih rendah untuk terserang diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak makan apel. Apel sarat dengan serat larut, kunci untuk menumpulkan aliran gula darah.

 

Ingin mencoba manfaat apel Fuji untuk kesehatan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli Apel Fuji berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

apel fuji

 

6. Membuat Jantung Lebih Sehat

Sejumlah besar penelitian telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan penumpukan lebih lambat dari plak kaya kolesterol di arteri tubuh. Senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem tubuh membeku di dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri kamu, itu mengurangi aliran darah ke jantung kamu, yang mengarah ke penyakit arteri koroner.

 

7. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu kamu sehingga itu membeku. Kolesterol sangat lazim dalam penyakit obesitas, untuk mencegah batu empedu, dokter merekomendasikan diet tinggi serat untuk membantu kamu mengontrol berat badan dan kadar kolesterol. Jadi dengan mengonsumsi apel Fuji yang mengandung serat yang tinggi dapat mencegah kamu mengalami batu empedu.

 

Baca juga: 5 Rahasia Dibalik Suksesnya Diet Apel untuk Menurunkan Berat Badan

 

8. Menetralkan Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus ditandai oleh konstipasi, diare, dan sakit perut serta kembung. Untuk mengendalikan gejala-gejala ini, kamu harus menjauhi produk susu dan lemak sambil memasukkan asupan serat yang tinggi dalam pola makanmu.

 

9. Mengontrol Berat Badan

Banyak masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan, di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan sleep apnea. Untuk mengatur berat badan dan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan, lakukanlah diet yang kaya serat. Makanan tinggi serat seperti apel Fuji akan membuat kamu kenyang tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak kalori.

 

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel Fuji mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu, terutama ketika kamu sedang stres.

 

Baca juga: Kenali Apel Ceri dan 10 Jenis Apel Lainnnya

Sekarang kamu telah mengetahui 10 manfaat apel Fuji untuk kesehatan yang bisa kamu coba. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli Apel Fuji berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

apel fuji

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

Tidak Hanya Enak, Ini 7 Manfaat Salak untuk Kesehatan

Tidak seperti buah lainnya, buah salak memang memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan. Bukan hanya tekstur kulitnya saja yang menyerupai...

Post Comment