Written by at July 27, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam yang dimanfaatkan sebagai obat herbal umumnya diolah dengan cara direbus. Salah satu manfaat yang populer dari rebusan air daun salam ini yaitu untuk mengobati batu ginjal. Dalam sebuah penelitian, khasiat daun salam sebagai obat batu ginjal tidak lepas dari kandungan enzim yang berfungsi mengurai batu kristal yang menumpuk di ginjal. Jika tidak ditangani secara serius, maka bisa menyebabkan berkembangnya batu ginjal dan menimbulkan masalah yang lebih serius. Ternyata, tidak hanya itu saja. daun salam juga memiliki manfaat lainnya. Apa sajakah itu? Berikut 10 manfaat daun salam untuk kesehatan, selain untuk mengobati batu ginjal.

 

Ini manfaat daun salam untuk kesehatan

manfaat daun salam
Manfaat daun salam untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Mengontrol kadar gula darah

Sebagai salah satu penyakit yang mematikan, wajar saja jika risiko diabetes harus diwaspadai. Nah, salah satu cara menekan masalah itu tentu dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan rutin mengonsumsi daun salam.

 

Kandungan antioksidan di dalamnya terbilang ampuh membantu tubuh dalam memproduksi insulin. Tidak hanya kadar gula, kandungan tersebut juga efektif terhadap kadar kolesterol. Bahkan dari beberapa penelitian, daun ini terbukti ampuh mengatasi masalah pada diabetes tipe-2.

 

2. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan flavonoid pada daun salam juga efektif membantu mengendalikan tingkat tekanan darah seseorang. Bahkan, cukup dengan mengonsumsi air rebusan dari 10 lembar daun salam dan 3 gelas air secara rutin, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah secara signifikan.

 

3. Mengatasi batuk

Meski batuk kerap dianggap sepele, namun gangguan yang ditimbulkannya cukup mengganggu. Nah, apabila kamu mengalaminya, kamu bisa mencoba ramuan herbal dari daun salam. Caranya mudah, kamu hanya perlu mencuci bersih dan merebus 2 lembar daun salam dengan segelas air. Setelah itu, saring dan minum hingga batuk mereda.

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

4. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain kesehatan, daun salam juga bermanfaat untuk menjaga sistem gastrointestinal, termasuk merangsang buang air kecil sebagai diuretik dan menurunkan toksisitas tubuh sehingga tubuh lebih mudah mengenali racun. Dengan begitu, tubuh akan mudah bereaksi dengan cara memuntahkan jika ada makanan yang mengandung racun masuk ke dalam tubuh secara tidak sengaja.

 

Lanjut ke masalah pencernaan. Saat kamu mengalami sakit perut, beberapa protein dalam daun salam tidak hanya efektif melancarkan pencernaan saja, melainkan juga membantu proses penyerapan asupan nutrisi.

 

5. Mengatasi sembelit

Tahukah kamu jika daun salam juga bisa digunakan untuk mengatasi sembelit? Ya, air rebusan daun salam ternyata juga bisa menenangkan sistem pencernaan dan mengobati gangguan sembelit.

 

Untuk membuat air rebusan daun salam pun ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1 liter air, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok teh kayu manis bubuk.

 

Kemudian, didihkan 1 liter air dan tambahkan 1 sendok teh kayu manis bubuk serta 6 lembar daun salam. Kecilkan api dan biarkan semua bahan larut selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, saring dan kamu bisa meminumnya setiap pagi saat perut masih kosong dan sisanya bisa diminum pada siang ataupun malam hari.

 

Ingin mencoba manfaat daun salam untuk kesehatan? Yuk, beli daun salam segar dan berkualitas di Sayurbox. Cek produknya, sekarang!

 

manfaat daun salam

 

6. Membantu mengobati gangguan pernapasan

Tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung, ekstrak minyak esensial dari daun salam juga baik untuk membantu gangguan pernapasan. Maka, tak heran jika bahan tersebut kerap dicampurkan ke dalam produk salep. Untuk mengobati gangguan pernapasan, minyak esensial dari daun salam tersebut akan dioleskan ke area dada, sehingga napas penderita akan terasa lebih ringan.

 

Selain dioles ke dada, menghirup uap rebusan daun salam juga memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya. Kurang lebih, manfaatnya sama seperti aromaterapi sehingga ampuh dalam mencairkan dahak. Beberapa bakteri berbahaya yang mungkin masuk atau terperangkap di saluran pernapasan tanpa kamu sadari juga mati karena antibakteri alami miliknya.

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

7. Membantu mencegah terjadinya risiko kanker

Antioksidan dan beberapa senyawa lainnya seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide dalam daun salam ternyata cukup efektif dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Apabila dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dalam sel-sel sehat bisa bermutasi menjadi sel kanker. Tentunya, hal ini cukup berbahaya. Tapi tenang, untuk meminimalisir risiko tersebut kamu juga bisa lho memanfaatkan rebusan daun salam dan meminumnya secara teratur.

 

8. Menjaga kesehatan jantung

Dalam daun salam, terdapat senyawa rutin dan asam caffeic yang baik bagi kesehatan jantung. Kedua senyawa ini mampu menguatkan dinding jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol penyebab terjadinya penumpukan plak. Kondisi ini tentu bisa berakibat fatal bagi kesehatan, seperti risiko serangan jantung ataupun stroke.

 

9. Menstruasi yang tidak teratur

Bagi kaum hawa, menstruasi atau haid yang tidak teratur bisa saja sebagai pertanda masalah kesehatan. Nah, ternyata mengonsumsi rebusan atau teh daun salam tidak hanya bisa mengatasi haid tidak teratur saja, tapi juga menyembuhkan keputihan. Jika kamu memiliki masalah yang sama, cobalah mengonsumsi rebusan daun salam untuk beberapa hari hingga menstruasi kembali lancar.

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

10. Membantu membakar lemak tubuh

Untuk kamu yang berencana menurunkan berat badan, kamu bisa juga nih memanfaatkan daun salam. Bagaimana caranya? Kamu bisa merebusnya bersamaan dengan kayu manis. Kombinasi kedua bahan ini ternyata sudah dikenal sebagai minuman tradisional penurun berat badan.

 

Selain untuk keperluan memasak, ternyata daun salam memiliki manfaat yang cukup banyak, bukan? Nah, itulah 10 manfaat daun salam untuk kesehatan. Apabila kamu memiliki salah satu masalah di atas, kamu bisa lho mencoba dan merasakan manfaat dari rebusan daun salam tersebut. Untuk menemukan daun salam, kamu juga bisa membelinya secara online di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat daun salam

 

(SIti Kamilla)

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Tidak Hanya Enak, Ini 7 Manfaat Salak untuk Kesehatan

Tidak seperti buah lainnya, buah salak memang memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan. Bukan hanya tekstur kulitnya saja yang menyerupai...

Post Comment