Written by at January 27, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Enak, Ternyata Ini 10 Manfaat Durian untuk Kesehatan

Aroma semerbak dan rasanya yang manis membuat buah durian begitu diidolakan. Meski begitu, banyak yang membenci buah ini karena aromanya dianggap terlalu menyengat. Dibalik pro-kontranya, durian tetap menjadi salah satu buah terpopuler. Bahkan, seorang ahli botani bernama Alfred Russel Wallace menjulukinya sebagai “Raja Buah-buahan”. Kebanyakan penikmat buah durian hanya menilainya dari rasa saja tanpa menimbang peran dan manfaatnya bagi kesehatan. Nah, untuk kamu yang belum tahu manfaat buah berduri ini, berikut adalah penjelasan mengenai 10 manfaat durian untuk kesehatan.

 

Ini manfaat durian untuk kesehatan

Apakah kamu penyuka durian? Tahukah kamu apa saja manfaat durian untuk kesehatan? Simak penjabarannya berikut ini.

manfaat durian
Manfaat Durian untuk Kesehatan. (Foto: Paxels)

1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaat durian yang pertama yaitu baik bagi kesehatan pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah durian baik dikonsumsi untuk membantu melancarkan buang air besar. Tak hanya melancarkan, buah ini juga dapat mencegah sembelit.

 

Serat pada durian berfungsi merangsang peristaltik, yaitu gerak otot yang berkontraksi untuk mendorong makanan selama di saluran pencernaan. Artinya, hal itu bisa memperingan proses dan kerja usus dalam mencerna makanan.

 

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan senyawa organosulfur dalam durian berfungsi untuk mengatur enzim inflamasi, sehingga membantu menjaga kesehatan dan kerja jantung.

 

Di sisi lain, kandungan seratnya juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Dengan berkurangnya kadar tersebut, maka kerja jantung dalam memompa darah akan lebih ringan. Artinya, risiko gangguan dan penyakit jantung bisa diminimalisir.

 

3. Mencegah diabetes

Buah durian diyakini mampu menjaga keseimbanagn kadar gula darah. Manfaat ini tidak lain karena senyawa bioaktif dalam buah durian dikenal ampuh menstabilkan kadar gula darah.

 

Kandungan lainnya yaitu antioksidan juga memiliki peran yang tak kalah penting. Manfaatnya yaitu untuk membantu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu diabetes.

 

Tak hanya itu, kandungan indeks glikemik pada buah durian juga tergolong rendah, sehingga buah ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

Baca juga: Cobain Yuk, Ini 5 Cara Membuat Pancake Durian di Rumah

 

4. Mengatur tekanan darah

Masih dengan pembahasan yang sama, peran durian dalam mengatur tekanan darah memang sudah teruji. Hasil penelitian menyatakan jika durian bisa menjadi sumber kalium yang baik bagi tubuh.

 

Jurnal ilmiah kesehatan yang diterbitkan oleh Harvard Medical School menyatakan jika kadar kalium yang normal dalam tubuh penting untuk menjaga fungsi otot dinding pembuluh darah.

 

Peran kalium di sini yaitu mengendurkan dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah kembali stabil dan terhindar dari gangguan kram otot. Semakin stabil dan terjaganya tekanan darah seseorang, maka semakin rendah risiko orang tersebut terkena stroke.

 

5. Mencegah penuaan dini

Vitamin C memang identik dengan buah bercita rasa asam. Namun, siapa sangka jika buah durian ternyata memiliki kandungan tersebut. Vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas.

 

Radikal bebas merupakan salah satu pemicu utama terjadinya penuaan dini. Gejala ini biasa ditandai dengan kulit yang mengeriput, munculnya garis-garis halus di sekitar mata, serta munculnya bintik-bintik penuaan di area wajah.

 

Ingin merasakan manfaat durian ini? Kamu bisa membeli durian di Sayurbox, lho! Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Mencegah dan meminimalisir kanker

Buah durian mengandung polifenol, yaitu kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan dan membunuh sel kanker. Salah satu jenis kanker tersebut adalah kanker payudara.

 

Tak hanya polifenol, antioksidan dalam buah berduri ini juga memainkan peran yang sama, yaitu pencegahan timbulnya kanker pada manusia. Caranya dengan menekan penumpukan radikal bebas dalam tubuh.

 

7. Mengatasi disfungsi seksual

Disfungsi seksual mungkin identik dialami oleh kaum pria. Dalam buah durian, terdapat zat afrodisiak, yaitu zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Meski belum ada penelitian lanjutan, namun banyak yang beranggapan jika dulunya buah ini kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk membantu meningkatkan kesuburan.

 

Baca juga: Ini 7 Cara Memilih Durian yang Benar dan Manis

 

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Faktanya, durian merupakan salah satu buah yang kaya akan kalium dan magnesium. Kedua kandungan ini memang berkontribusi penuh pada kesehatan tulang. Lebih lanjut, kurangnya magnesium juga berpotensi meningkatkan risiko osteoporosis.

 

9. Mencegah anemia

Kurangnya sel darah merah berpotensi membuat kamu menderita anemia. Peran sel darah merah sendiri yaitu membawa asupan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh. Tidak tercukupinya hal itu bisa membuat tubuh terasa lemah dan lemas.

 

10. Mengatasi gangguan tidur (insomnia)

Insomnia adalah gangguan yang membuat penderitanya sulit tidur. Gangguan ini disebabkan berbagai hal, misalnya perasaan cemas, seperti depresi dan stres, gaya hidup yang tidak sehat, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

 

Kandungan asam amino di dalamnya, yaitu triptofan, membantu menjaga perasaan bahagia sehingga meningkatkan kadar serotonin pada otak. Kondisi ini membuat perasaan lebih tenang dan rileks, sehingga membuat seseorang lebih mudah tertidur.

 

Terakhir, tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, durian juga berpotensi menjaga kesehatan mental. Seperti pembahasan sebelumnya, kandungan asam aminonya, yaitu triptofan, berperan penting untuk meningkatkan kadar serotonin di otak. Efeknya, suasana hati lebih stabil dan mudah mengontrol kecemasan.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

Nah, itulah 10 manfaat durian untuk kesehatan. Ternyata tidak hanya enak, durian juga memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Kalau kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari buah berduri yang satu ini, kamu bisa membeli durian di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment