Written by at September 19, 2022
Manfaat Produk

Bantu Jaga Kesehatan dan Kelembutan Kulit, Ini 10 Manfaat Ikan Dori

Siapa nih di antara Sayurfriends yang suka banget sama olahan ikan dori? Daging ikannya yang tebal dan lembut, membuat ikan dori ini cocok diolah pakai aneka teknik memasak. Usut punya usut, ternyata ikan dori yang lezat ini juga memiliki kandungan yang memberi manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat ikan dori tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

manfaat ikan dori

1. Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

Ikan dori diketahui memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Seperti yang Sayurfriends ketahui, kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam pembuluh darah bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan yang cukup berat, seperti strok dan penyakit jantung. Dengan begini, sirkulasi darah pun juga ikutan menjadi lancar.

Manfaat ikan dori untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dikarenakan adanya kandungan berupa niasin atau vitamin B3, yang jumlahnya tinggi dibandingkan jumlah vitamin B lainnya. Niasin akan membantu mengontrol kadar kolesterol tersebut dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga tingginya kolesterol jahat bisa dicegah.

2. Membantu Perbaikan Sel Tubuh yang Rusak

Ikan dori dikenal akan kandungannya yang bisa membantu memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan. Kemampuan untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak ini dikarenakan kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan dori. Sel tubuh yang mengalami kerusakan akan diganti dengan sel tubuh baru, sehingga fungsi sel tubuh tersebut akan bisa tetap berjalan dengan semestinya.

Baca juga: 10 Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan

3. Membantu Mempercepat Proses Pemulihan

Kandungan protein yang dimiliki oleh ikan dori juga mendatangkan manfaat berupa membantu mempercepat proses pemulihan tubuh dari sakit. Tubuh akan bisa sehat lebih cepat, sehingga Sayurfriends bisa kembali menjalankan aktivitas dengan normal seperti sedia kala. Tubuh pun akan bisa terasa penuh dengan energi kembali, dengan adanya asupan protein dari ikan dori tersebut.

4. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Ikan dori diketahui memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Nah, kandungan kaliumnya ini bisa memberi manfaat berupa terjaganya kestabilan tekanan darah. Asupan kalium yang diperoleh dari ikan dori akan membantu mengurangi efek natrium yang masuk ke dalam tubuh, di mana natrium ini diketahui memiliki efek berupa peningkatan tekanan darah.

Tekanan darah yang stabil tentu akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti yang Sayurfriends ketahui, jika tekanan darah membumbung tinggi melebihi batas normalnya, maka risiko terjadinya hipertensi, berikut dengan berbagai bentuk komplikasinya juga akan turut meningkat pula.

5. Membantu Menyehatkan Tulang

Ikan dori merupakan ikan yang kaya akan fosfor dan kalsium, sehingga membuatnya sangat pas untuk dikonsumsi dalam rangka menyehatkan tulang. Fosfor yang dikandung oleh ikan dori memiliki peranan penting dalam menyusun tulang dan gigi, sedangkan kalsium begitu esensial sifatnya dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi dan memelihara kekuatannya.

Tulang yang kekurangan asupan fosfor dan kalsium akan berisiko mudah rapuh dan keropos. Meskipun gak begitu terasa di usia muda, efek dari tulang yang kekurangan kalsium dan fosfor akan sangat terasa kala mulai memasuki usia senja. Maka dari itu, jika ingin mendukung kesehatan tulang, Sayurfriends bisa konsumsi ikan dori yang diolah dengan cara yang sehat.

6. Memelihara dan Melembutkan Kulit

Siapa sih yang gak ingin punya kulit yang sehat dan lembut? Kulit sehat yang jadi impian banyak orang ini bisa dibantu untuk diwujudkan dengan mengonsumsi ikan dori. Ikan dori memiliki kandungan omega-3 yang bisa membantu mencegah munculnya keriput pada kulit lebih awal, serta membuat kulit jadi lebih segar. Dengan begini, penuaan dini pada kulit pun akan bisa dicegah.

7. Membantu Mendukung Kecerdasan Anak

Manfaat ikan dori selanjutnya adalah mendukung kecerdasan anak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ikan dori merupakan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemaknya satu ini begitu tersohor sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk memicu pertumbuhan sel otak anak, sehingga tingkat kecerdasan anak bisa meningkat.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Jagalah kesehatan mata Sayurfriends dengan mengonsumsi ikan dori. Ikan dori kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang diketahui baik bagi kesehatan mata, terutama sekali kandungan omega-3 yang dimilikinya. Dengan terjaganya kesehatan mata, maka kualitas penglihatan yang bagus pun akan bisa Sayurfriends peroleh.

Baca juga: 3 Resep Ikan Dori Simpel, Dagingnya Super Juicy!

9. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Tahukah Sayurfriends kalau ikan dori memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan? Kandungan omega-3 yang dimilikinya diketahui bisa menurunkan risiko munculnya penyakit pencernaan, salah satunya penyakit radang usus atau ulcerative colitis. Maka dari itu, dukung kesehatan sistem pencernaan dengan konsumsi ikan dori dan makanan kaya serat lainnya.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Bagi Sayurfriends yang mengalami kondisi berupa rambut rontok, bisa coba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi ikan dori. Ikan dori merupakan ikan yang kaya akan vitamin B6, di mana vitamin B6 ini bisa berfungsi mencegah terjadinya rambut rontok. Selain itu, ada juga kandungan biotin di dalamnya, yang bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Rambut pun jadi terjaga kesehatannya.

Yuk jaga kesehatan dengan mengonsumsi ikan dori. Ikan dori yang terkenal akan dagingnya yang tebal dan lembut ini menghadirkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Tentu saja Sayurfriends harus ingat, manfaat ikan dori ini hanya bisa diperoleh jika ikan dori tersebut diolah dengan cara yang sehat pula.

Beli Ikan Dori Disini Yuk

Related Articles

5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

Hot coffee in a glass. Doc: Freepik Meneguk secangkir kopi hitam hangat sepertinya telah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama di...

14 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Energi untuk Hadapi Hari

Sulit rasanya untuk menolak godaan dari secangkir kopi. Umumnya, kopi diminum agar bisa begadang atau bisa membuat tubuh tetap terjaga di...

12 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Daun kelor atau moringa leaf merupakan daun berwarna hijau berukuran kecil, yang ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh....