Written by at September 17, 2022
Manfaat Produk

10 Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan, Kaya Omega-3 untuk Mata dan Otak

Siapa nih di sini yang gak suka dengan ikan laut? Kalau Sayurfriends salah satu orang yang gak menyukainya, artinya Sayurfriends melewatkan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi. Ikan laut  begitu direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, karena memang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Yuk simak deretan manfaat ikan laut tersebut di bawah ini.

manfaat ikan laut

1. Bantu Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Ikan laut kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi penting, terutama sekali jenis nutrisi yang kerap kali kurang tercukupi. Nutrisi penting yang dimaksud itu khususnya nutrisi berupa protein kualitas tinggi, iodin, serta berbagai macam vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi ikan secara rutin, kandungan nutrisi yang beragam itu pun bisa Sayurfriends dapatkan.

Jenis ikan yang dianggap paling sehat atau yang memiliki kandungan nutrisi paling banyak dan beragam adalah ikan berlemak atau lebih dikenal dengan istilah fatty fish. Ikan berlemak yang dimaksud adalah seperti ikan salmon, sarden, makerel, dan tuna. Salah satu kandungan yang paling dicari dari fatty fish ini adalah kandungan asam lemak omega-3.

2. Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Strok

Sayurfriends tentu sudah mengetahui kalau serangan jantung dan strok merupakan penyakit dengan risiko kematian yang sangat tinggi. Agar bisa terhindar dari kedua penyakit yang terbilang mematikan ini, hal yang bisa Sayurfriends lakukan adalah mencoba menurunkan risikonya. Salah satu cara menurunkan risikonya tersebut adalah dengan mengonsumsi ikan laut.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 40 ribu laki-laki di Amerika Serikat, mereka yang mengonsumsi seporsi ikan atau lebih secara rutin setiap minggunya, mengalami penurunan risiko serangan jantung dan strok hingga 15 persen. Ikan berlemak atau fatty fish terutama sekali sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung tersebut.

Baca juga: 5 Pilihan Resep Ikan Teri Mudah dan Enak

3. Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

Setiap orang tua tentu ingin buah hatinya bertumbuh dan berkembang dengan optimal. Pertumbuhan dan perkembangan si buah hati tersebut bisa didukung dengan memberinya makanan berupa ikan laut. Ikan laut kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat esensial sifatnya bagi pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

Asam lemak omega-3 jenis DHA (docosahexaenoic acid) terutama sekali memegang peranan penting dalam perkembangan otak dan mata anak. Asupan DHA ini tentu akan bisa meningkatkan kecerdasan anak, berikut dengan kualitas penglihatannya. Maka dari itu, agar kebutuhan anak akan DHA ini tercukupi, pengonsumsiannya bisa dimulai sejak masa kehamilan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Usia yang mulai menua seringkali disertai dengan menurunnya fungsi otak. Meskipun tak selalu terjadi, namun terjadinya penurunan fungsi otak di hari tua tersebut kadang berujung pada penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer ini memiliki ciri seperti berkurangnya daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara yang menurun, sulit untuk fokus, hingga gangguan saat berkomunikasi.

Berupaya untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer di hari tua dipercayai bisa dilakukan dengan mengonsumsi ikan, termasuk ikan laut. Beberapa penelitian menunjukkan kalau orang-orang yang mengonsumsi ikan setiap minggunya, memiliki lebih banyak materi abu-abu atau gray matter pada bagian otak yang berfungsi meregulasi emosi dan ingatan.

5. Membantu Meredakan Gejala Depresi

Manfaat ikan laut selanjutnya adalah untuk membantu meredakan gejala depresi. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Psychiatry & Neuroscience, disebutkan kalau minyak ikan yang kaya akan omega-3 bisa meredakan gejala depresi saat dikonsumsi bersamaan dengan SSRI, kelompok obat yang tergolong sebagai antidepresan.

6. Membantu Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Ikan laut, khususnya ikan berlemak atau fatty fish, merupakan ikan yang memiliki kandungan vitamin D berlimpah. Makanya, dengan mengonsumsi ikan laut tersebut, kebutuhan akan vitamin D harian akan bisa tercukupi. Asupan vitamin D yang tercukupi tentu akan membuat perannya dalam membantu penyerapan kalsium bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang bakal jadi optimal.

7. Membantu Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Kandungan omega-3 yang dimiliki oleh ikan laut akan bisa membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan tentunya menjaga kesehatan mata. Kelompok orang yang mengonsumsi lebih banyak ikan, diketahui memiliki risiko yang lebih rendah terkena AMD (age-related macular degeneration) atau kerusakan makula, yang berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang dipicu oleh serangan yang dilakukan oleh sistem imun tubuh sendiri pada jaringan tubuh, sehingga membuat jaringan tubuh menjadi rusak. Berdasarkan beberapa penelitian, asupan omega-3 atau minyak ikan secara rutin bisa membantu dalam hal menurunkan risiko penyakit autoimun ini pada orang dewasa.

Baca juga: 3 Resep Ikan Dori Simpel, Dagingnya Super Juicy!

9. Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Semua orang tentu ingin bisa tidur dengan nyenyak, namun sayangnya sebagian orang kurang beruntung dalam hal tersebut. Agar tidur bisa jadi lebih nyenyak, Sayurfriends bisa coba konsumsi ikan laut dengan rutin mulai dari sekarang. Manfaat ikan laut untuk membantu membuat tidur lebih nyenyak ini disebabkan karena kandungan vitamin D-nya yang tinggi.

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Agar metabolisme tubuh bisa meningkat, Sayurfriends bisa coba untuk membiasakan mengonsumsi ikan laut dari sekarang. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan laut akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan oksidasi lemak. Bagi Sayurfriends yang sedang diet, tentu ingin memiliki metabolisme yang tinggi bukan?

Itulah tadi 10 manfaat ikan laut yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Ikan laut bisa jadi opsi makanan sehat yang terjangkau, di mana Sayurfriends bisa mengonsumsinya setiap hari tanpa harus takut kantong jadi bolong. Agar manfaatnya makin optimal, pastikan ikan laut diolah dengan cara yang sehat pula ya.

Related Articles

5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

Hot coffee in a glass. Doc: Freepik Meneguk secangkir kopi hitam hangat sepertinya telah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama di...

14 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Energi untuk Hadapi Hari

Sulit rasanya untuk menolak godaan dari secangkir kopi. Umumnya, kopi diminum agar bisa begadang atau bisa membuat tubuh tetap terjaga di...

12 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Daun kelor atau moringa leaf merupakan daun berwarna hijau berukuran kecil, yang ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh....