Written by at March 24, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Kamu pasti sangat familiar dengan rasa asam segar dari jeruk nipis, terlebih jika dipadukan dengan kuah soto. Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah buah jeruk hibrida yang kecil, bundar, berwarna hijau. Jeruk nipis memiliki sari buah yang asam dan aroma yang unik, buah jeruk nipis banyak digunakan dalam berbagai masakan untuk menonjolkan rasa. Ini adalah bahan umum dalam masakan Vietnam, Indonesia, dan Thailand. Jeruk nipis, buah tropis ini telah dikenal karena khasiat obatnya selama berabad-abad. Jeruk nipis juga merupakan sumber yang baik untuk kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, dan magnesium. Yuk, cari tahu 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini.

 

Ini manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Mengelola Gula Darah

Tingginya kadar serat larut yang ditemukan dalam jeruk nipis membuatnya efektif dalam membantu mengatur penyerapan gula tubuh ke dalam aliran darah. Ini membantu mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan resiko serius bagi pasien diabetes. Selain itu, jeruk nipis mengandung indeks glikemik rendah, yang berarti tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa yang signifikan atau tidak terduga. Ini adalah alasan mengapa American Diabetes Association menganggap jeruk nipis dan buah jeruk lainnya sebagai makanan super untuk diabetes.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak atsiri yang ada dalam jeruk nipis mencegah kenaikan berat badan dan konsumsi makanan berlebih. Selain itu, asam sitrat yang ada di dalamnya adalah pembakar lemak yang sangat baik. Segelas air hangat dengan jus dari seluruh jeruk nipis bisa efektif sebagai peredam berat badan yang sangat baik. Cara menggunakan: Konsumsilah dua gelas air hangat dengan jus jeruk nipis sehari untuk menuai manfaatnya.

 

3. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. Selain itu, serat larut dan limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis membantu menurunkan tekanan darah. Ini membantu mengurangi peradangan pembuluh darah dan membantu lebih lanjut dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Juga, kalium dan magnesium dalam limau meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

 

Vitamin C dalam sari jeruk nipis dan kulit jeruk nipis dapat membantu menurunkan risiko stroke iskemik, ini juga membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung koroner seperti atherosclerosis dengan mengurangi garis-garis lemak di arteri. Kandungan hesperidin, flavonoid hadir dalam jeruk nipis, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL dalam tubuh yang merupakan manfaat sehat jantung lainnya.

 

Baca juga: Apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo?

 

4. Potensi Antikanker

Jeruk nipis juga mengandung khasiat anti kanker yang berharga, menurut penelitian dari Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan pada aktivitas antikanker dari jeruk nipis menunjukkan bahwa konsumsinya mungkin berguna untuk terapi kanker. Ini karena kemampuannya untuk mengais radikal bebas dan mengurangi stress oksidatif.

 

Fitokimia dikemas antioksidan seperti flavonoid, flavon, triterpenoid, dan limonoid dalam jeruk nipis memiliki sifat melawan kanker yang kuat.  Jeruk nipis dapat menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker di usus besar, payudara, prostat, pankreas, perut, paru-paru, ginjal, dan kanker darah. Ini juga mampu memberantas sel kanker dalam beberapa kasus. 

 

5. Meredakan Peradangan

Jeruk nipis memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk sejumlah masalah inflamasi. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam sitrat yang ditemukan dalam jeruk nipis adalah pelarut di mana asam urat dapat larut. Maka, meningkatkan asam sitrat dalam tubuh membantu menghilangkan asam urat berlebih dari urine.

 

Ingin mencoba manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli jeruk nipis berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

 

6. Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam sari jeruk nipis segar atau terkonsentrasi membantu menghilangkan dan mencegah batu ginjal dengan meningkatkan sitrat dan volume urine. Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk nipis selama hampir empat tahun menurunkan pembentukan batu ginjal dari rata-rata satu batu per tahun menjadi hanya 0,13 per tahun. Oleh karena itu, ini dapat digunakan sebagai terapi lini pertama.

 

Baca juga: 5 Resep Kreasi Jeruk yang Nggak Hanya Enak tapi Tetap Juga Sehat

 

7. Meningkatkan Kekebalan

Jeruk nipis memperkuat pertahanan tubuh dan membantu menangkal infeksi dan penyakit seperti malaria, diare, dan pneumonia. Selain itu, vitamin C dalam jeruk nipis juga membantu mengatasi batuk dan pilek serta meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, banyak informasi di masyarakat, bahwa jika kamu batuk kamu bisa meminum jeruk nipis dan kecap, kan?

 

8. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Vitamin C dalam jeruk nipis ketika disandingkan dengan makanan kaya zat besi, membantu memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. Selain berbicara dengan seorang profesional tentang suplemen zat besi dan makanan kaya zat besi, bagi kamu yang menderita gejala anemia defisiensi besi seperti pusing, kuku rapuh, rambut rontok, dan kelelahan harus mempertimbangkan untuk menambahkan jeruk nipis ke dalam makanan kamu.

 

9. Menyembuhkan Tukak Lambung

Selain vitamin C, jeruk nipis mengandung senyawa khusus yang disebut flavonoid (limonoid seperti limonin glukosida), yang memiliki sifat antioksidan, anti-karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi. Asam dalam jeruk nipis bereaksi dengan cairan lambung yang menghasilkan reaksi alkali. Flavonoid dan reaksi basa secara kolektif merangsang proses penyembuhan tukak lambung dan oral.

 

Baca juga: Kenali 4 Perbedaan Jeruk Nipis, Jeruk Purut, dan Jeruk Limau untuk Memasak

 

10. Membantu Gangguan Pernafasan

Minyak kaya flavonoid yang diekstraksi dari jeruk nipis banyak digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balsem, alat penguap, dan inhaler karena kehadiran kaempferol. Hanya dengan mengeruk kulit jeruk nipis dan menghirupnya akan segera meredakan hidung tersumbat dan mual. Vitamin C juga mencegah pemicu asma yang disebabkan oleh polusi udara.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 10 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli jeruk nipis berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Related Articles

7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Ingin Lebih Sehat? Coba 6 Buah untuk Detoksifikasi Tubuh Ini

Gaya hidup masa kini yang kian jauh dari standar sehat memang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Konsumsi junkfood, alkohol, hingga...

Selain untuk Kulit, Ini 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pembahasan tentang lidah buaya merupakan suatu hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bagaiamana tidak, lidah buaya adalah tanaman obat...

Post Comment