Written by at September 18, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Tidak Hanya Segar, Ini 10 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Buah yang lazim digunakan untuk kebutuhan memasak yang satu ini memang cukup populer. Selain nikmat dikonsumsi secara langsung, tomat juga bisa diolah menjadi jus segar. Seperti halnya tomat, jus tomat juga memiliki kandungan yang sama manfaatnya. Kandungan tersebut di antaranya, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, klorin, sulfur, dan kandungan nutrisi lainnya. Keistimewaan jus tomat lainnya tidak lain adalah adanya kandungan antioksidan seperti likopen dan karotenoid. Kedua kandungan ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Nah, kira-kira apa saja manfaat mengonsumsi jus tomat? Tidak hanya segar, berikut ini adalah 10 manfaat jus tomat untuk kesehatan.

 

Manfaat jus tomat untuk kesehatan

manfaat jus tomat
Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Membuang racun-racun atau detoksifikasi

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, tentu bisa berdampak pada kesehatan tubuh pemiliknya. Ditambah, polusi udara dari asap kendaraan dan produksi pabrik-pabrik besar bisa saja mengandung racun berbahaya bagi tubuh.

 

Tentu saja, apabila racun-racun ini dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Nah, salah satu manfaat rutin mengonsumsi jus tomat yaitu sebagai detoksifikasi atau pembuang racun di dalam tubuh.

 

Kandungan klorin dan sulfur dalam jus tomat dapat meningkatkan fungsi hati dan ginjal dimana kedua organ tersebut berperan sebagai organ ekskresi utama. Dengan terjaganya fungsi kerja kedua organ tersebut, tentu membuat proses pembuangan racun-racun di dalam tubuh lebih efektif.

 

2. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital bagi makhluk hidup. Untuk itu, kesehatan jantung haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satunya caranya yaitu dengan menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Sirkulasi darah bisa tersumbat karena tumpukan kolesterol dalam darah. Nah, salah satu manfaat jus tomat sendiri adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol.

 

Kandungan serat dan niasin di dalamnya bisa memecah kolesterol LDL yang berpengaruh pada penurunan jumlah kolestrol tersebut. Apabila kadar kolesterol LDL tidak terjaga, risiko penyakit seperti stroke atau gangguan sistem kardiovaskuler lainnya bisa saja terjadi. Tidak hanya itu saja, vitamin B6 pada jus tomat juga berfungsi memecah homosistein yang apabila tidak ditanggulangi bisa berbahaya bagi arteri dan jantung.

 

Baca juga: Cari Tahu 10 Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Hijau

 

3. Mencegah penyakit kanker

Tidak hanya jantung, penyakit berbahaya lainnya seperti kanker juga perlu diwaspadai. Menyambung manfaat jus tomat sebelumnya, kandungan antioksidan dalam jus tomat berperan aktif sebagai antikarsinogenik karena mampu mengeluarkan racun dan menangkal radikal bebas dalam tubuh.

 

Apabila hal itu dibiarkan dan tidak ditangani dengan serius, maka bisa memicu timbulnya sel-sel penyebab kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan jenis kanker lainnya.

 

4. Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang haruslah dijaga sejak usia dini agar saat tua nanti, tulang masih kokoh sehingga bisa tetap menunjang berbagai aktivitas. Apabila kebutuhan asupan tulang tidak tercukupi, gangguan penyakit seperti osteoporosis dan osteoarthritis bisa saja menyerang.

 

Nah, untuk menanggulangi masalah tersebut, tulang haruslah diberi asupan vitamin K yang terjaga. Asupan tersebut bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi jus tomat. Tidak hanya menjaga, vitamin K juga berperan sebagai sintesis osteokalsin yang juga penting bagi tulang.

 

5. Meredakan peradangan

Rasa nyeri dan sakit akibat peradangan tertentu membuat kamu sulit beraktivitas. Salah satu cara meredakan masalah ini yaitu dengan mengonsumsi zat yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat penting ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jus tomat.

 

Ingin merasakan manfaat jus tomat ini? Kamu bisa bikin jus tomat di rumah dan beli bahan-bahannya di Sayurbox. Yuk, cek tomat segarnya sekarang!

 

6. Mencegah pembekuan darah

Terjadinya pembekuan pada darah bisa menjadi penyebab risiko terjadinya masalah kesehatan pada jantung. Salah satu keistimewaan jus tomat yaitu bisa mencegah terjadinya pembekuan dalam darah. Kandungan zat fitonutrien di dalamnya berperan sebagai pencegah terjadinya penggumpalan sel trombosit.

 

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

 

7. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Selain yoghurt, jus tomat juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Jus buah ini memiliki mekanisme sebagaimana probiotik dalam usus sehingga bisa meningkatkan bakteri baik di dalamnya.

 

Tak hanya itu saja, kandungan serat di dalam jus tomat juga bermanfaat merangsang gerakan usus dalam mencerna makanan dan mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit.

 

8. Menurunkan berat badan

Kandungan serat pada jus tomat memang baik untuk menjaga sistem pencernaan sehingga buang air besar pun lebih lancar. Apabila kondisi tersebut bermasalah, tentu akan terjadi penumpukan lemak secara berlebih didalam tubuh. Kondisi penumpukan ini bisa menjadi penyebab berat badan meningkat.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

 

9. Menjaga kesehatan mata

Tidak hanya jus wortel, jus tomat pun memiliki manfaat yang sama, yaitu sama-sama kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Wajar saja, saat usia dini orang tua kerap meminta anak-anaknya untuk rutin mengonsumsi buah kaya vitamin A seperti tomat. Dengan tercukupinya asupan vitamin A, maka mata mereka akan lebih sehat terjaga dari gangguan dan masalah penglihatan.

 

10. Menghaluskan dan mengatasi gangguan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jus tomat tentu baik untuk mencegah kerusakan kulit karena radikal bebas dan peradangan. Kandungan antioksidan seperti vitamin C, sangat baik untuk membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Vitamin C tersebut akan memproduksi kolagen sehingga kondisi elastisitas dan kekencangan kulit lebih terjaga.

 

Itulah 10 manfaat jus tomat untuk kesehatan tidak hanya menyegarkan dan cocok sebagai pelepas dahaga saat panas, tomat pun memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Ingin membeli tomat dengan kualitas terbaik? Kamu bisa menemukannya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment