Written by at July 13, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Ibu, Yuk Cari Tahu 10 Manfaat Kabocha untuk Bayi

Setelah menginjak usia 6 bulan, si kecil sudah harus mendapat asupan makanan lain selain dari ASI. Selain kebutuhan asupan yang terus meningkat, mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI juga merupakan tahap pembelajaran bagi bayi dalam mengenal makanan. Meski banyak jenis buah yang bisa kamu pilih sebagai menu MPASI, namun tidak semua buah cocok dengan sistem pencernaan bayi yang masih sensitif. Salah satu buah yang bisa kamu pilih yaitu kabocha atau labu kuning. Selain aman bagi pencernaannya, labu khas Jepang ini juga memiliki banyak manfaat bagi mereka. Apa sajakah itu? Yuk, cari tahu! Berikut ini adalah 10 manfaat kabocha untuk bayi.

 

Ini manfaat kabocha untuk bayi

Manfaat Kabocha untuk Bayi
Manfaat Kabocha untuk Bayi yang Wajib Ibu Tahu. (Foto: Unsplash)

1. Kaya vitamin C sehingga baik bagi daya tahan tubuhnya

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kabocha juga mampu menjaga metabolisme dan kekebalan tubuh bagi bayi. Tak hanya bayi, manfaat ini sebenarnya juga berlaku bagi orang dewasa.

 

Dengan terpenuhinya asupan vitamin C, maka daya tahan tubuh akan lebih terjaga. Secara otomatis, tubuh akan lebih kuat dari serangan berbagai macam penyakit.

 

Namun, perlu diperhatikan, karena tekstur buah kabocha cukup kasar dan berserat, ibu harus menghaluskannya selembut mungkin. Apalagi, jika ini merupakan bulan-bulan MPASI pertamanya.

 

2. Mengurangi risiko kanker sejak dini

Kanker bisa menyerang siapa saja tanpa disadari si penderita. Meski begitu, bukan berarti risiko penyakit ini tidak bisa diminimalisir sedini mungkin. Kandungan beta karoten pada kabocha mampu menekan risiko tersebut.

 

Selain itu, polusi udara di sekeliling tanpa disadari bisa saja membawa zat yang dapat memicu kanker. Maka, dengan terpenuhinya asupan beta karoten, tubuh bisa lebih siap menangkal dan meminimalisirkannya.

 

3. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya daya tahan tubuh, kabocha juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata si bayi. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah tersebut diyakini mampu menjaga kesehatan indera penglihatan mereka.

 

Apalagi, di usia tersebut bayi juga belajar mengasah saraf dan motorik mereka. Untuk itu, dukungan pada asupan penting tersebut tidak boleh terlupakan.

 

Baca juga: Butternut Pumpkin Sebagai MPASI

 

4. Menjaga kualitas tidur si kecil menjadi lebih nyenyak

Tidur yang tercukupi bisa membuat bayi lebih segar di esok harinya. Meski terlelap, namun otak si kecil tetap bekerja. Saraf tersebut bekerja demi menyaring dan menyimpan semua informasi yang didapatkannya di hari itu. Tak heran, kualitas tidur bayi harus tetap terjaga dengan baik.

 

Salah satu caranya yaitu dengan men-supply asam amino yang cukup. Dengan begitu, bayi bisa lebih mudah rileks. Otomatis, kualitas tidurnya pun lebih nyenyak. Salah satu sumber asam amino ini bisa si kecil dapatkan dari buah kabocha.

 

5. Salah satu sumber nutrisi penting bagi bayi

Siapa sangka jika kabocha bisa menjadi salah satu sumber nutrisi penting bagi bayi. Di masa itu, bayi memang membutuhkan berbagai jenis asupan penting demi tumbuh kembangnya. Tidak hanya vitamin dan mineral, asupan lainnya seperti kalsium dan magnesium juga diperlukan.

 

Lain lagi dengan fosfor. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menyeimbangkan hormon dan membantu perkembangan otak mereka. Nah, semua manfaat ini bisa didapatkan si kecil dengan mengonsumsi MPASI dari kabocha secara rutin.

 

Ingin mencoba manfaat kabocha untuk bayi ini? Ibu bisa membeli kabocha dan bahan-bahan segar lainnya untuk kebutuhan MPASI si kecil di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat kabocha untuk bayi

 

6. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tidak seperti orang dewasa, pencernaan bayi sangat sensitif terhadap makanan yang baru dikenalnya. Maka, wajar saja jika di masa MPASI bayi sering mengalami masalah pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit.

 

Di negara asalnya, Jepang, kabocha juga kerap dikonsumsi sebagai obat alami mengatasi masalah pencernaan. Termasuk juga masalah pencernaan pada bayi.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

7. Kaya akan kandungan antioksidan

Tidak hanya wortel, kandungan beta-karoten pada kabocha juga terhitung tinggi. Manfaat kandungan ini tidak lain sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain berfungsi menangkal radikal bebas, beta-karoten juga bermanfaat untuk diolah olah kembali oleh tubuh menjadi vitamin A.

 

8. Menjaga kesehatan kulit bayi

Selain beta-karoten, karotenoid juga memiliki manfaat yang sama sebagai antioksidan, sehingga risiko kanker pun bisa diminimalisir. Selain itu, kandungan karotenoid juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit si kecil. Apalagi, karakter kulit bayi yang sensitif cenderung mudah iritasi dan gatal.

 

9. Sebagai sumber energi alami

Di usia ini, si kecil cenderung aktif bergerak dan selalu ingin tahu berbagai hal yang ditemuinya. Seiring dengan hal tersebut, energi si kecil kerap terserap habis untuk mengimbangi gerak dan aktivitasnya.

 

Salah satu sumber penyokong energi harian si bayi, ibu bisa memberinya menu MPASI dari buah kabocha. Kandungan potasium di dalamnya bermanfaat sebagai sumber energi sekaligus mendukung fungsi otot dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuhnya.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

10. Mengandung sifat antelmintik

Tidak hanya rentan terhadap infeksi dan serangan penyakit, bayi juga rentan terhadap cacing dan organisme mikroskopis. Ternyata, kabocha mengandung antelmintik yang tidak lain berfungsi untuk mematikan dan membunuh cacing dan organisme-organisme yang bisa saja mengganggu kesehatan si kecil.

 

Itulah 10 manfaat kabocha untuk bayi. Agar tidak mudah bosan, ibu bisa mengombinasikan labu yang satu ini dengan jenis buah-buahan lainnya. Namun, perlu dicatat, pastikan si kecil tidak memiliki alergi dengan buah-buahan tersebut. Pilih juga buah yang aman dan tidak mengganggu pencernaan si kecil. Nah, jika ibu ingin membeli buah-buahan untuk si kecil, ibu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat kabocha untuk bayi

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Meski Bentuknya Kecil, Ternyata Ini 11 Manfaat Wijen untuk Kesehatan

Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di...

Selain Baik untuk Ginjal, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Meski dikenal sebagai bumbu dapur untuk kebutuhan memasak, ternyata daun salam juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun salam...

10 Manfaat Apel Fuji untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba

Apel Fuji adalah apel berukuran besar dengan rasa manis madu. Ini bertekstur keras, segar, dan berair dengan serat buah yang sangat padat....

Post Comment