Written by at September 07, 2022
Manfaat Produk

10 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan, Kaya Serat untuk Pencernaan Sehat

Kacang panjang merupakan salah satu sayuran favorit di Indonesia. Saking favoritnya, Sayurfriends mungkin sering melihatnya dalam olahan gulai, tumisan, gorengan, hingga rebusan. Terlepas dari tekstur dan rasanya yang diminati, Sayurfriends perlu tahu ada segudang manfaat kacang panjang bagi kesehatan. Yuk intip manfaat dari kacang panjang tersebut di bawah ini.

manfaat kacang panjang

1. Lancarkan Proses Pencernaan

Kacang panjang diketahui bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Alasan dibalik manfaatnya ini tentu saja adalah karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Asupan serat yang cukup akan membuat usus menjadi sehat dan saluran pencernaan menjadi lancar. Dengan begini, masalah pencernaan seperti konstipasi atau susah buang air besar jadi bisa dihindari.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang ingin menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, kacang panjang bisa jadi salah satu menu makanan saat diet tersebut. Kacang panjang merupakan sayuran dengan kandungan kalori yang cukup rendah, sehingga Sayurfriends bisa tetap mengonsumsinya untuk memperoleh nutrisi tanpa takut berat badan akan naik signifikan.

Gak hanya itu aja, kandungan serat yang tinggi pada kacang panjang juga akan bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Alhasil, hasrat atau nafsu makan Sayurfriends bisa dikontrol, sehingga gak melulu makan dalam jarak waktu yang singkat. Kacang panjang juga kaya akan protein, yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh Sayurfriends.

Baca juga: 12 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tingginya tekanan darah bisa menjadi salah satu pemicu munculnya gangguan kesehatan yang parah seperti strok dan serangan jantung. Maka dari itu, usahakanlah untuk mengontrol tekanan darah agar tetap bisa stabil, sehingga bisa terhindar dari risiko masalah kesehatan tersebut. Dalam hal menurunkan tekanan darah yang tinggi, Sayurfriends bisa coba konsumsi kacang panjang.

Kacang panjang dengan kandungan berupa kalium dan serat akan bisa membantu menurunkan tekanan darah yang semula tinggi, menjadi normal kembali. Kandungannya ini bekerja dengan cara menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga jantung. Jika tekanan darah sudah kembali normal, tubuh pun akan terasa lebih nyaman saat beraktivitas.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain untuk menurunkan tekanan darah, kacang panjang diketahui juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Kandungan serat pada kacang panjang akan bekerja dengan cara memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga kadar gula berlebihan dalam darah bisa dihindari. Inilah sebabnya mengapa kacang panjang bisa jadi salah satu menu bagi penderita diabetes.

5. Meringankan Nyeri Haid

Sayurfriends tentu sudah gak asing lagi rasa nyeri yang timbul pada saat haid atau menstruasi. Saking nyerinya, gak sedikit kaum wanita yang gak bisa beraktivitas dengan normal saat sedang haid. Rasa nyeri ini tentu saja makin membuat mood saat haid jadi makin buruk, sehingga apapun yang dilakukan terasa gak nyaman.

Timbulnya nyeri haid ini tentu gak bisa dihindari, namun Sayurfriends bisa lakukan cara tertentu untuk mengurangi rasa nyeri tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kacang panjang. Kacang panjang diketahui memiliki kandungan mineral berupa mangan, yang bisa mengurangi frekuensi dan rasa nyeri saat haid terjadi.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam kacang panjang terkandung vitamin C, vitamin esensial yang salah satu fungsinya adalah menjaga kesehatan kulit. Asupan vitamin C bisa mengurangi keriput yang muncul, mengatasi kulit kering dan kemerahan, mencerahkan kulit, serta memperlambat proses penuaan pada kulit.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Sayangilah jantung Sayurfriends dengan mengonsumsi kacang panjang. Kacang panjang dengan kandungan serat larutnya bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol jahat Alhasil, masalah pada jantung yang dipicu oleh menumpuknya kolesterol jahat akan bisa dihindari. Gak hanya itu saja, serat larut itu juga bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah, sehingga jantung jadi tetap sehat.

8. Mencegah Kanker

Mendengar kata ‘kanker’, Sayurfriends mungkin sudah bergidik ngeri. Efeknya yang bisa memicu kematian, membuat penyakit satu ini menjadi begitu ditakuti. Agar kanker gak menjangkiti, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hal yang bisa mencegah tumbuhnya sel kanker tersebut.

Kacang panjang dengan kandungan antioksidannya, seperti flavonoid dan riboflavin, bisa membantu Sayurfriends dalam mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Gak hanya itu saja, pencegahan kanker juga dibantu oleh kacang panjang dengan memenuhi kebutuhan akan asam folat, yang mana jika tubuh kekurangan nutrisi ini bakal bisa memicu kanker.

9. Menurunkan Risiko Asam Urat

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah membantu menurunkan risiko asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang berawal dari peradangan sendi yang diakibatkan oleh penumpukan radikal bebas. Nah, kacang panjang akan menurunkan risiko penyakit tersebut dengan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, melalui kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi

10. Membesarkan Payudara

Bagi sebagian wanita, ukuran payudara menjadi salah satu tolak ukur penilaian akan bentuk tubuhnya. Gak sedikit wanita yang merasa gak percaya diri, akibat ukuran payudara yang relatif kecil jika dibandingkan dengan teman atau wanita lain seusianya. Ketidakpercayaan diri ini bisa berimbas pada caranya bersosialisasi dengan orang lain nantinya.

Jika Sayurfriends merupakan salah satu wanita yang merasa gak percaya diri dengan bentuk payudara yang kecil, bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi kacang panjang. Kacang panjang diketahui memiliki efek proliferatif terhadap sel payudara. Nantinya, efek ini akan mempengaruhi hormon estrogen dalam payudara yang diketahui mempengaruhi ukuran payudara tersebut.

Selain bisa diandalkan menjadi makanan yang mengenyangkan, kacang panjang juga bisa menjadi andalan untuk menjaga kesehatan. Manfaat kacang panjang ada segudang, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Agar bisa memperoleh manfaatnya tersebut, yuk biasakan diri makan kacang panjang dengan teratur mulai dari sekarang.

Related Articles

5 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan

Hot coffee in a glass. Doc: Freepik Meneguk secangkir kopi hitam hangat sepertinya telah menjadi kebiasaan banyak orang, terutama di...

14 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bantu Tingkatkan Energi untuk Hadapi Hari

Sulit rasanya untuk menolak godaan dari secangkir kopi. Umumnya, kopi diminum agar bisa begadang atau bisa membuat tubuh tetap terjaga di...

12 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Daun kelor atau moringa leaf merupakan daun berwarna hijau berukuran kecil, yang ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh....