Written by at January 19, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Ini 11 Manfaat Labu Parang, Baik Juga untuk Bayi, Lho!

Tidak seperti labu siam, mungkin penggunaan labu parang untuk kebutuhan masak-memasak memang tidak begitu populer. Nah, apabila sebelumnya kamu hanya mengenal buah ini sebagai campuran es buah dan minuman dingin saja, tentu saja anggapan itu salah. Buah yang juga disebut dengan nama labu kuning ini juga ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan bayi, lho. Penggunaan labu parang sebagai olahan makanan bayi ataupun MPASI tentu tidak lain karena pertimbangan nutrisi yang dikandungnya. Bahkan, kandungan tersebut terbilang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Langsung saja, berikut ini adalah 11 manfaat labu parang yang baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi.

Ini manfaat labu parang

1. Memberikan nutrisi penting

Manfaat Labu Parang
Manfaat labu parang untuk memberikan nutrisi penting pada tubuh. (Foto: Pixabay)

Semua orang tua, pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Begitu juga untuk urusan nutrisi. Salah satu asupan makanan yang bisa memenuhi nutrisi, vitamin, dan mineral penting bagi mereka yaitu labu parang. Tidak heran jika buah yang satu ini kerap dijadikan menu MPASI untuk memenuhi kebutuhan asupan tubuh mereka.

2. Menunjang perkembangan otak dan keseimbangan hormon

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk menunjang perkembangan otak. (Foto: Pixabay)

Tidak hanya fisik yang sehat, perkembangan otak anak juga perlu didukung dengan baik. Salah satu caranya yaitu melalui asupan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa memasukkan labu parang dalam menu makanan si kecil. Karena buah ini kaya akan fosfor, maka hal itu bisa membantu menunjang perkembangan otak dan keseimbangan hormon mereka.

Baca juga: Selain Gorengan, Ini 10 Menu Takjil Hemat yang Bisa Kamu Coba

3. Mengoptimalkan perkembangan tulang

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk mengoptimalkan perkembangan tulang. (Foto: Pixabay)

Selama masa pertumbuhan, tentunya si kecil membutuhkan asupan yang bisa mendukung pertumbuhan tulang mereka. Salah satu sumber asupan yang baik untuk pertumbuhan tersebut yaitu labu parang. Pasalnya, buah ini kaya akan kalsium dan magnesium. Kedua mineral tersebut memang dikenal sebagai penunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang.

4. Melindungi kesehatan mata

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk melindungi kesehatan mata. (Foto: Pixabay)

Kebanyakan orang tua mungkin beranggapan sumber vitamin A terbaik untuk menjaga kesehatan mata hanya bisa didapatkan dari wortel saja. Anggapan ini tentu keliru, karena banyak sayuran dan buah lainnya yang kaya akan vitamin tersebut.

Walaupun vitamin A pada wortel dikenal efektif, namun jika kamu menyuguhkannya secara terus menerus, tentu si kecil bisa saja merasa bosan. Sebagai alternatif, kamu bisa memberinya labu parang. Sama halnya dengan wortel, labu parang juga kaya akan vitamin A yang baik untuk melindungi kesehatan mata si kecil.

5. Mengoptimalkan pencernaan

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk mengoptimalkan pencernaan. (Foto: Pixabay)

Selain timun suri, labu parang juga kerap dijadikan es buah ataupun kolak saat bulan puasa tiba. Bukan tanpa alasan, dipilihnya buah ini sebagai olahan tersebut tentunya karena buah ini merupakan salah satu sumber serat yang baik sehingga sistem pencernaan selama berpuasa akan lebih lancar dan terjaga.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, serat juga dibutuhkan untuk menunjang pencernaan bayi. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir, sebab MPASI labu parang aman dan tidak menyebabkan konstipasi bagi bayi.

Ingin mencoba manfaat labu parang ini? Bagi kamu yang ingin membeli buah labu parang untuk kebutuhan si kecil, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat labu parang

6. Kaya akan antioksidan

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang sebagai sumber antioksidan. (Foto: Pixabay)

Sama seperti wortel, labu parang tidak hanya kaya akan vitamin A saja, tapi juga kaya akan beta-karoten dan antioksidan. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengurangi oxidative stress pada beberapa organ tubuh anak. Selain itu, antioksidan juga berperan efektif melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Baca juga: Cari Tahu 4 Perbedaan Timun Suri dengan Blewah yang Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa

7. Menyehatkan kulit

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk menyehatkan kulit. (Foto: Pixabay)

Masih berhubungan dengan pembahasan sebelumnya. Labu parang yang mengandung antioksidan dan karotenoid tentunya sangat baik sebagai pelindung tubuh bayi dari paparan radikal bebas. Penyebab radikal bebas sendiri beraneka ragam. Salah satunya, yaitu polusi kendaraan. Dengan terjaganya tubuh dari serangan tersebut, maka kulit si kecil pun akan lebih sehat dan bisa menghindari terjadinya penuaan dini saat mereka besar nanti.

8. Meningkatkan energi

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk meningkatkan energi. (Foto: Pixabay)

Siapa sangka, ternyata labu parang juga bisa menjadi sumber energi bagi si kecil, lho! Pasalnya, secangkir potongan buah ini diklaim mengandung potasium yang cukup untuk menunjang energi kebutuhan harian anak. Selain itu, kandungan tersebut juga bermanfaat dalam membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otot.

9. Memperbaiki daya tahan tubuh

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk memperbaiki daya tahan tubuh. (Foto: Pixabay)

Saat memasuki musim pancaroba, banyak yang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Jika sudah begitu, maka tidak heran jika flu mudah sekali menyerang. Nah, karena buah labu termasuk salah satu sumber vitamin C dan biokimia yang baik, maka buah ini bisa membantu melawan demam dan flu yang menyerang si kecil.

Sebagai perbandingan, secangkir potongan labu parang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak yang mengalami masalah infeksi dan menekan resiko terserang penyakit flu.

Baca juga: Cobain Yuk, 9 Resep Es Timun Suri yang Menyegarkan untuk Berbuka Puasa

10. Membantu bayi tidur lebih nyenyak

Manfaat labu parang
Manfaat labu parang untuk membantu tidur lebih nyenyak. (Foto: Pixabay)

Kualitas tidur yang baik tentu mempengaruhi kesegaran si kecil saat bangun di pagi harinya. Agar si kecil tidur lebih pulas, memasukkan labu parang dalam menu makanannya bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Hal ini tidak lain karena buah ini mengandung tryptophan, dimana kandungan tersebut akan membantu tubuh anak menghasilkan serotonin, yaitu senyawa yang membantu anak merasa lebih rileks sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Tidak hanya serotonin saja, kandungan lain seperti asam amino juga bermanfaat untuk membantu anak lebih tenang dan tidak mudah rewel.

11. Membantu menurunkan berat badan

labu parang
Manfaat labu parang membantu menurunkan berat badan (Foto: Pixabay)

Karena labu parang termasuk makanan dengan kategori nutrient-dense makanya sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga berat badan ideal maupun menurunkan berat badan. Nutrient-dense adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya walaupun rendah kalorinya.

Itulah 11 manfaat labu parang, yang ternyata juga baik untuk bayi. Siapa sangka, buah yang kerap disajikan sebagai minuman berbuka di bulan puasa ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Bagi kamu yang ingin membeli buah labu parang untuk kebutuhan si kecil, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang!

manfaat labu parang

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment