Written by at November 25, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 15 Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

Lobak adalah buah yang identik dalam makanan khas Jepang, kini sudah cukup mudah ditemukan di pasaran karena kini mulai banyak di produksi di Indonesia. Tanaman lobak sebenarnya memiliki jenis yang didasari pada warna umbinya seperti lobak merah, lobak ungu, lobak hitam, dan lobak putih. Namun, lobak putih merupakan lobak yang sering diolah oleh masyarakat. Lobak putih cenderung memiliki rasa manis dan agak pedas. Lobak memiliki nutrisi seperti Asam Folat, Vitamin C, Kalium, Kalsium, dan juga tinggi cairan. Yuk, cari tahu 15 manfaat lobak untuk kesehatan tubuh berikut ini.

 

Ini manfaat lobak untuk kesehatan tubuh

manfaat lobak
Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Pixabay)

1. Menghemat Sel Darah Merah

Lobak diketahui dapat mengendalikan kerusakan sel darah merah dalam tubuh, dan dalam proses itu juga meningkatkan suplai oksigen ke darah.

 

2. Tinggi Serat

Jika kamu memakan lobak sebagai bagian dari asupan salad harian kamu, tanpa memerlukan jumlah yang banyak, lobak tetap menyediakan serat yang cukup bagi sistem tubuh kamu, sehingga meningkatkan pencernaan. Ini juga mengatur produksi empedu, melindungi hati, dan kantong empedu, sehingga sangat bagus untuk menjaga retensi air.

 

3. Melindungi Jantung

Lobak adalah sumber anthocyanin yang baik untuk membuat jantung berfungsi dengan baik, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, vitamin C, asam folat, dan flavonoid dalam lobak juga tinggi.

 

4. Mengontrol Tekanan Darah

Lobak juga memberi tubuhmu kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga aliran darah tetap terkontrol, terutama jika kamu menderita hipertensi. Lobak dipercaya memiliki efek kontrol pada darah.

 

Baca juga: 10 Jenis Kimchi yang Populer di Korea Selatan

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengingat lobak memiliki vitamin C yang tinggi, lobak dapat melindungi kamu dari flu dan batuk ringan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, kamu harus mengkonsumsinya secara teratur. Ini juga mengontrol perkembangan radikal bebas berbahaya, peradangan, dan penuaan dini.

 

Ingin mencoba manfaat lobak untuk kesehatan tubuh? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli lobak berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

lobak

 

6. Menjaga Pembuluh Darah

Lobak memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen, yang pada gilirannya meningkatkan pembuluh darah kita dan mengurangi peluang kita terkena aterosklerosis.

 

7. Ramah Metabolisme

Umbi-umbian ini tidak hanya baik untuk sistem pencernaan kamu, tetapi juga membantu untuk memperbaiki obesitas, masalah lambung, dan mual.

 

Baca juga: Selain Enak, Ini Manfaat Kimchi untuk Kesehatan

8. Tinggi Nutrisi

Lobak merah dikemas dengan Vitamin E, A, C, B6, dan K. Bahkan, mengandung antioksidan, serat, seng, kalium, fosfor, magnesium, tembaga, kalsium, zat besi, dan mangan tinggi. Seluruh nutrisi tersebut, masing-masing dikenal menjaga tubuh kita dalam kondisi yang fit.

 

9. Baik untuk Kulit dan Rambut

Jika kamu minum jus lobak setiap hari, kamu akan memberi nutrisi khusus bagi kulit kamu agar tetap sehat, dan itu terutama karena Vitamin C, seng, dan fosfor. Lobak juga menjaga kulit kkeringan, jerawat, dan ruam di wajah. Kamu juga dapat menggunakan lobak untuk membersihkan wajahmu. Bahkan jika kamu menggunakannya pada rambut, dapat membantu menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, dan memperkuat akar rambut.

 

10. Mencegah Dehidrasi

Jika kamu cenderung makan lobak dalam jumlah banyak di musim panas, lobak akan membuat tubuh tetap terhidrasi karena kandungan cairannya yang tinggi.

 

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang dalam proses diet dan berniat untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi lobak putih secara rutin dapat menjadi solusinya. Lobak putih mengandung serat yang tinggi. Hal ini dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Serat yang terkandung di lobak akan lewat tanpa melalui proses pencernaan sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Fungsi serat adalah untuk melancarkan kerja pencernaan.Serat juga akan mengikat lemak-lemak yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi lobak sebagai sumber serat seperti lobak dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang.

 

12. Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Sayur lobak merupakan sumber antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sekaligus mencegah risiko serangan jantung dan stroke. Salah satu jenis yang terkandung dalam sayur lobak ada Flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

13. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu faktor penyebab kanker adalah adanya radikal bebas di dalam tubuh. Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi yang menyebabkan sel kanker dapat muncul dan tumbuh.

Sayuran lobak mengandung Isothiocyanate di dalamnya. Isothocyanate adalah jenis antioksidan yang bisa membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker dan mencegah perkembangan tumor. Antioksidan ini yang berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan buruk radikal bebas.

 

14. Baik untuk Penderita Diabetes

Lobak merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong rendah. Indeks glikemik rendah tidak akan meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Maka, semakin rendah nilai indeks glikemik maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah sehingga baik dikonsumsi penderita diabetes.

 

15. Mencegah Kerusakan Organ Hati

Lobak putih dipercaya mengandung enzim khusus yang berfungsi untuk mengaktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Fungsi hepatoprotektif dalam lobak ini dipercaya nilai mampu menangkal kerusaka organ hati yang dimiliki oleh agen toksik tertentu. Mengonsumsi lobak putih secara rutin diyakini mampu menangkal kerusakan hari

 

Baca juga: 10 Resep Makan Sehat untuk Diet yang Mudah Dimasak di Rumah

Kini kamu telah mengetahui 15 manfaat lobak untuk kesehatan tubuh. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli lobak berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

lobak

Related Articles

7 Sayuran Berkalsium yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selama ini, jika bicara mengenai sumber kalsium, pasti sebagian besar orang langsung teringat akan susu dan produk olahannya. Namun, perlu...

Ladies, Ini Dia 5 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai di pasaran .Bisa diolah jadi makanan dengan bahan-bahan lain maupun dikonsumsi...

Wajib Catat, Ini 5 Manfaat Sayur Pakcoy untuk Kesehatan

Makan sayur secara rutin memang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Salah satu jenis sayur yang bisa memberikan banyak manfaat adalah...