Written by at September 18, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

10 Manfaat Sawi Putih yang Bisa Kamu Rasakan

Sawi putih yang bernama latin Brassica rapa subsp pekinensis adalah sayur yang paling sering diolah menjadi hidangan sayur yang lezat. Sawi putih adalah sejenis kubis Cina yang berasal dari daerah Beijing, Cina ini sering digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur. Sayuran dengan warna putih pucat ini bagus untuk kesehatan lantaran memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Jenis sayur ini mengandung nutrisi seperti beta karoten, magnesium, kalium, kalsium, glutamin, sumber antioksidan, vitamin C,E,K dan lain sebagainya. Yuk, simak 10 manfaat sawi putih yang bisa kamu rasakan berikut ini!

 

Ini manfaat sawi putih yang bisa kamu rasakan

manfaat sawi putih
Manfaat Sawi Putih yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Menguatkan Gigi dan Tulang

Nutrisi yang bermanfaat bagi gigi dan tulang adalah Vitamin K dan Kalsium dalam ini terdapat di sawi putih. Nutrisi ini memainkan peran penting untuk menjaga gigi dan tulang tetap kuat. Kalsium juga membantu meningkatkan fungsi saraf sementara Vitamin K meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Satu ikat sawi putih mengandung 64% Vitamin K dan 16% Kalsium.

 

2. Melawan Kelelahan dan Anemia

Kadar hemoglobin yang rendah dalam tubuh bisa membuat kamu merasa lelah dan kurang aktif. Tingginya konsentrasi zat besi dalam sawi putih membantu tubuh memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat mempercepat produksi sel darah merah.

 

3. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Sayuran sawi putih kaya akan sumber kalium dan kalsium, yang sangat penting dalam mengurangi hipertensi. Sawi putih juga mengandung sodium tingkat rendah yang dikaitkan dengan tekanan darah rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengurangan natrium dalam makanan dapat menurunkan kadar tekanan darah hingga 8mm Hg.

 

Baca juga: Ini 10 Cara Membuat Kimchi Sawi Putih Ala Korea di Rumah

 

4. Kesehatan Jantung

Sawi putih juga bagus untuk jantung. Ini karena sawi putih mengandung kemampuan mengurangi tekanan darah, yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah yang dipompa oleh jantung.

 

5. Penurunan Berat Badan

Sayur sawi putih mengandung kadar kalori yang rendah, meskipun mengemas serat dalam jumlah besar. Sayuran ini bisa kamu jadikan sebagai suplemen makanan dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan peningkatan kalori yang serius. Ini menjadikannya alat bantu alami yang ideal untuk mempromosikan dan mempertahankan penurunan berat badan. Salah satu cara populer untuk mengolah sawi putih untuk diet adalah membuat jus hijau yang diperkaya dengan buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan pisang.

 

Ingin mencoba manfaat sawi putih? Segera lihat dan beli sawi putih berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

6. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sawi putih merupakan sumber penting Vitamin C, yang bertindak sebagai pendorong bagi mekanisme pertahanan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan mencegah infeksi seperti flu dan penyakit gusi.

 

7. Menjaga Kesehatan Mata

Sawi putih sangat bermanfaat bagi penglihatan, karena mengandung bahan penting yang disebut beta karoten yang telah terbukti mencegah Degenerasi Makula dan Katarak.

 

Baca juga: 11 Cara Memasak Sawi Putih yang Enak dan Sehat

 

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sawi putih adalah sumber serat yang kaya, yang sangat penting dalam meningkatkan pencernaan yang sehat. Konsumsi serat yang cukup juga berguna dalam menghilangkan kotoran yang terkumpul dari saluran pencernaan tubuh.

 

9. Menyembuhkan Infeksi dan Gangguan Kulit

Sawi putih dapat membantu melawan sejumlah infeksi kulit, termasuk eksim dan jerawat karena mengandung sifat-sifat antibakteri dan antiseptik yang penting. Beberapa kelainan kulit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sawi ini antara lain adalah noda hitam, keriput, perubahan warna kulit, dan alergi kulit. Sawi putih juga membantu menyegarkan kulit dan menjadikan kulit lembut dan kenyal.

Baca juga: 7 Resep Sawi Hijau yang Enak, Praktis dan Sehat

 

10. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Vitamin yang ditemukan dalam sawi putih seperti Vitamin C dan Vitamin E telah terbukti meningkatkan dan menjaga pertumbuhan rambut sehat. Sayuran ini juga mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, yang membantu meningkatkan kadar ferritin dalam tubuh. Ferritin dikenal sering melawan kerontokan rambut.

 

Sekarang kamu sudah mengetahui 10 manfaat sawi putih yang bisa kamu rasakan. Tunggu apalagi? Segera lihat dan beli sawi putih berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Related Articles

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Ini 15 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan

Meski namanya tak sepopuler strawberry, bukan berarti khasiat blueberry berada jauh di bawahnya. Sama seperti jenis berry lainnya,...

Post Comment