Written by at March 24, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Tingkatkan Kesuburan Pria, Ini 10 Manfaat Tauge yang Bisa Kamu Rasakan

Kamu pasti tahu apa itu tauge, kan? Tauge merupakan sayur yang familiar di masyarakat Indonesia, bahkan sampai ada tukang yang berjualan tauge goreng. Kecambah kecil dan renyah ini pada dasarnya adalah biji kacang hijau yang telah tumbuh. Kacang hijau terkenal sehat, dan begitu pula dengan tauge. Sudah menjadi informasi umum bahwa tunas kecil ini memiliki kualitas untuk kesuburan pria. Jika mengonsumsinya secara teratur, tauge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu untuk kesuburan pria. Bukan hanya bermanfaat untuk kesuburan saja, ada berbagai manfaat lain tauge. Yuk, simak 10 manfaat tauge yang bisa kamu rasakan.

 

Ini manfaat tauge yang bisa kamu rasakan

manfaat tauge
Manfaat Tauge yang Bisa Kamu Rasakan untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Padat Nutrisi

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah tauge sangat padat nutrisi. Kamu akan menemukan vitamin A, B, C, D, E, dan K dalam tauge, bersama dengan mineral seperti seng, magnesium, zat besi, tembaga, kalsium, dan kalium. Tauge juga merupakan sumber serat yang hebat. Masing-masing nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh kamu, sehingga sangat baik untuk mengonsumsi tauge.

 

2. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat utama tauge adalah fakta bahwa tauge bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan sangat penting bagi kamu, karena membantu kamu tetap bugar, sehat, dan bebas dari penyakit. Sistem kekebalan tumbuh subur dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang banyak dimiliki tauge. Secara khusus, kamu akan menemukan bahwa tauge penuh dengan vitamin C, yang sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sangat cocok untuk menjaga sistem imun dalam tubuh kamu di tengah pandemi virus Corona.

 

Baca juga: Ini 5 Manfaat Alpukat untuk Bayi yang Perlu Ibu Ketahui

 

3. Baik Untuk Pencernaan

Salah satu hal terbaik tentang tauge adalah kenyataan bahwa ini sangat bagus untuk sistem pencernaan. Tauge kaya akan serat makanan, yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan yang optimal. Serat membantu penyerapan nutrisi dari makanan kamu secara aktif, ditambah serat memungkinkan kamu menghindari masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan dan refluks asam.

 

Ini juga membantu untuk mempromosikan tingkat mikrobioma usus yang sehat, menjadikannya nutrisi yang sangat ramah pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi tauge sangat bagus untuk kesehatan pencernaan kamu.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Jika kamu mencari makanan sehat yang akan membantu kamu melawan lemak dan menjaga berat badan, tauge adalah pilihan yang ideal. Tauge secara alami rendah lemak dan kalori, sehingga kamu tauge sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bagaimanapun, tidak peduli berapa banyak diet yang kamu lakukan, penurunan berat badan pada dasarnya bermuara pada kalori dibandingkan kalori yang keluar. Namun, cara lain tauge yang  membantu kamu menurunkan berat badan adalah berkat kandungan seratnya yang tinggi.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

5. Baik untuk Tulang

Ketika berbicara tentang manfaat kesehatan dari tauge, kamu tidak dapat mengabaikan pentingnya kandungan mineral tauge. Meskipun mengandung kalsium, tauge tidak terlalu kaya kalsium, namun mereka masih bagus untuk tulang. Ini karena kandungan mineral yang menyehatkan tulang lainnya seperti seng dan magnesium. Kedua mineral ini telah ditemukan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, tauge juga membantu mengurangi risiko osteoporosis secara signifikan di kemudian hari.

 

Ingin mencoba manfaat tauge lainnya yang bisa kamu rasakan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tauge berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat tauge

 

6. Promosi Tingkat Kolesterol Optimal

Di dalam tubuh manusia, terdapat dua bentuk kolesterol. Tubuh memiliki kolesterol lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang biasa disebut dengankolesterol baik.  Kolesterol jahat menyebabkan penyumbatan di arteri kamu dari timbunan lemak.

 

Ini dapat menyebabkan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung, kerusakan ginjal, dan peningkatan resiko serangan jantung. Tauge mengandung nutrisi aktif, termasuk serat makanan, yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Ini berpotensi membantu menjaga kesehatan tubuh kamu.

 

7. Mencegah Terjadinya Fatigue 

Apakah kamu pernah merasa lelah dan lesu tanpa alasan yang jelas? Jika demikian, kamu berpotensi mengalami kekurangan zat besi atau vitamin B, sehingga mudah lelah. Fatigue (kelelahan) adalah suatu kondisi yang memiliki tanda, berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Biasanya, orang dengan kekurangan zat besi atau vitamin B perlu menggunakan suplemen atau bahkan berpotensi menerima suntikan nutrisi agar dapat menikmati lebih banyak energi dan merasa lebih baik.

 

Jika kamu merasa lelah dan lesu, makan tauge akan bekerja sangat baik untuk tingkat energi kamu. Ini karena tauge penuh dengan zat besi dan vitamin B, jadi lupakan kopi dan minuman energi yang sarat gula, yang kamu butuhkan untuk melawan kelelahan otot adalah mengonsumsi tauge yang sehat.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

8. Bagus untuk Kesehatan Mental 

Tauge penuh dengan vitamin C, seng, dan magnesium, yang semuanya ternyata sangat bermanfaat untuk suasana hati. Secara khusus, nutrisi ini membantu kamu menangkal stres dan kecemasan. Magnesium sangat berguna untuk kesehatan mental karena membantu menyeimbangkan suasana hati kamu, mengangkat semangat, dan meningkatkan perasaan relaksasi. Jika kamu merasa tenang dan rileks, kamu akan jauh lebih kecil kemungkinannya menderita stres atau kecemasan, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan depresi jika tidak ditangani.

 

9. Meningkatkan Tidur Malam yang Baik

Jika kamu menderita insomnia, tidak ada perasaan lebih buruk daripada kurang tidur. Kurang tidur dapat membuat orang yang paling bahagia dan positif, menjadi merasa marah, sengsara, dan mudah tersinggung. Salah satu hal terbaik tentang manfaat kesehatan dari tauge yang berkaitan dengan kandungan mineralnya adalah membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak.

 

Tauge kaya akan magnesium, yang mempromosikan perasaan tenang, ketenangan, dan relaksasi mental. Ini, pada akhirnya membantu kamu merasa lelah dan mengantuk, sehingga kamu dapat lebih mudah tertidur di malam hari. Alih-alih mengandalkan pil tidur, kamu dapat makan lebih banyak tauge dan kamu akan segera merasakn bahwa kamu merasa lebih mudah tidur setiap malam.

 

10. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Jika kamu ingin menikmati makanan yang menyehatkan jantung yang memberikan banyak manfaat kardiovaskular, tidak perlu mencari yang lain selain tauge. Tauge sebenarnya bebas lemak, mereka membantu meningkatkan kolesterol baik, dan mengurangi kolesterol jahat. Tauge mengurangi tekanan darah, dan bermanfaat untuk relaksasi sambil meningkatkan sirkulasi. Semua manfaat kesehatan dari tauge yang digabung menjadi satu ini menjadikannya sangat fantastis untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

 

Sekarang kamu sudah mengetahui bahwa selain meningkatkan kesuburuan pria, ada 10 manfaat tauge lainnya yang bisa kamu rasakan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tauge berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat tauge

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment