Written by at March 24, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Kenali 10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Kamu tentu tahu bahwa sekarang sedang ada sebuah virus yang menglobal, yaitu virus Corona. Persebarannya yang begitu cepat membuat banyak orang khawatir. Seorang Guru Besar Biomolekuler Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Profesor Chairul Anwar Nidom berkata bahwa empon-empon mampu menangkal virus Corona. Di mana temulawak adalah salah satu bahan membuat empon-empon. Temulawak rempah bernama latin Curcuma zanthorrhiza ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Yuk, kenali 10 manfaat temulawak untuk kesehatan di sini.

 

Ini manfaat temulawak untuk kesehatan

manfaat temulawak untuk kesehatan
Manfaat Temulawak untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Rasakan. (Foto: Pixabay)

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jika kamu termasuk orang dengan kondisi mudah sakit, temulawak bisa membantu kamu. Temulawak ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh akan lebih terhindar dari penyakit-penyakit ringan yang bisa menyerang kapan saja. Buatlah ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

 

2. Temulawak adalah Anti-inflamasi

Tahukah kamu, menurut sebuah penelitian bahwa dalam dosis yang tepat, temulawak merupakan pengobatan anti-inflamasi yang lebih efektif daripada obat-obatan yang memerangi peradangan seperti Advil (ibuprofen) dan aspirin. Akibat peradangan kronis berkontribusi pada banyak penyakit kronis, temulawak dapat membantu mengobati kondisi seperti penyakit radang usus, pankreatitis, dan radang sendi. 

 

Baca juga: Yuk, Coba 12 Khasiat Jahe Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh Ini!

 

3. Melindungi terhadap Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa temulawak dapat meningkatkan fungsi endotel, atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Membran ini memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah. Fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, temulawak dapat membantu melindungi terhadap hilangnya fungsi terkait usia dan mengurangi kemungkinan kamu terkena penyakit jantung.

 

4. Temulawak dapat membantu mengurangi Gejala Osteoartritis

Berkat sifat anti-inflamasi yang kuat, temulawak mungkin menjadi pilihan pengobatan jangka panjang yang aman dan efektif untuk orang-orang dengan Osteoarthritis (OA). Dalam sebuah penelitian, orang dengan osteoarthritis yang menggunakan 1.000 mg/hari Meriva mengalami peningkatan signifikan dalam kekakuan dan fungsi fisik setelah delapan bulan, sedangkan kelompok kontrol tidak melihat peningkatan. 

 

Meriva adalah pengobatan eksklusif yang dibuat dari campuran curcuminoid alami (75 persen temulawak; 15 persen demethoxycurcumin; dan 10 persen bisdemethoxycurcumin), fosfatidilkolin, dan selulosa mikrokristalin (bubur kayu halus) biasa digunakan oleh industri farmasi dan makanan). 

 

5. Dapat mencegah Kanker

Peradangan berkaitan dengan pertumbuhan tumor, senyawa anti-inflamasi seperti temulawak dapat berperan dalam mengobati dan mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung. 

 

Faktanya, penelitian pada tikus menunjukkan bahwa temulawak dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor dan bahkan mencegah pembentukan tumor sejak awal. Ini dapat dilakukan dalam beberapa cara, termasuk mengganggu pembentukan sel kanker pada berbagai tahap dalam siklus sel, mengganggu jalur pensinyalan sel, dan bahkan menyebabkan sel-sel kanker itu mati. 

 

Ingin mencoba manfaat temulawak untuk kesehatan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli rempah berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat temulawak

 

6. Membantu mengobati atau mencegah Diabetes

Temulawak juga dapat membantu mengobati dan mencegah diabetes, serta gangguan terkait seperti nefropati diabetik (juga disebut penyakit ginjal diabetik), yang mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. 

 

Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa pemberian 80 mg tetrahydrocurcumin (salah satu zat utama temulawak) per kg berat badan kepada tikus dengan diabetes tipe 2 selama 45 hari menyebabkan penurunan gula darah yang signifikan, serta peningkatan plasma insulin. 

 

Sementara itu, temulawak dapat membantu mencegah diabetes melalui sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, dan meningkatkan banyak faktor yang berkontribusi terhadap diabetes, termasuk resistensi insulin, gula darah tinggi, dan kadar lemak dalam darah. Satu jenis hiperlipidemia ditandai oleh kadar LDL yang tinggi, atau kolesterol jahat. 

 

Baca juga: Aneka Daun Rempah dan Manfaatnya

 

7. Meningkatkan faktor Neurotrophic Otak 

Neuron mampu membentuk koneksi baru, tetapi di area otak tertentu mereka juga dapat berkembang biak dan bertambah jumlahnya. Salah satu pendorong utama proses ini adalah faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), yang merupakan jenis hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak. Banyak gangguan otak yang umum telah dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk depresi dan penyakit Alzheimer. 

 

Menariknya, temulawak dapat meningkatkan kadar BDNF otak. Dengan melakukan ini, mungkin efektif dalam menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak dan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat kamu lebih pintar, yang tampaknya logis mengingat efeknya pada level BDNF. Temulawak meningkatkan kadar hormon otak BDNF, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan melawan berbagai proses degeneratif di otak kamu.

 

8. Bermanfaat dalam Mencegah dan Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan merupakan penyebab utama demensia. Temulawak dapat melewati sawar darah-otak dan telah terbukti menyebabkan berbagai perbaikan dalam proses patologis penyakit Alzheimer. Sayangnya, belum ada pengobatan yang baik untuk Alzheimer. Maka, mencegahnya terjadi sejak awal adalah yang terpenting.

 

Kali ini kamu akan menerima kabar baik, karena temulawak telah terbukti melintasi penghalang darah-otak. Diketahui bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif berperan dalam penyakit Alzheimer, dan curcumin memiliki efek menguntungkan pada keduanya. Selain itu, hal utama dari penyakit Alzheimer adalah penumpukan protein kusut yang disebut plak amiloid. Studi menunjukkan bahwa temulawak dapat membantu membersihkan plak-plak ini. 

 

Baca juga: 5 Cara Membuat Minuman Jahe Merah yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

9. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Apabila kamu rutin mengkonsumsi temulawak, ini dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu, sehingga dapat membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

 

Temulawak juga dapat mengatasi perut kamu yang kembung dan menambah nafsu makan untuk anak-anak. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami peradangan usus untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Selain diolah menjadi jamu untuk diminum, temulawak juga sering menjadi salah satu tambahan obat herbal untuk membuat obat-obatan penambah nafsu makan.

 

10. Temulawak dapat meningkatkan Stamina

Kini kamu dapat menggantikan minuman suplemen stamina yang terbuat dari bahan kimia, lebih baik mengkonsumsi minuman atau makanan alami, tanaman herbal, atau buah-buahan untuk meningkatkan stamina. Temulawak juga dipercaya dapat meningkatkan stamina.

 

Campurkan kunyit dengan temulawak untuk kemudian dikonsumsi, racikan ini bisa membuat tubuh tidak gampang lelah dan lebih bersemangat. Hal ini bisa terjadi karena kandungan tonikum di dalamnya. 

 

Sekarang kamu sudah mengenali 10 manfaat temulawak untuk kesehatan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli rempah berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat temulawak

Related Articles

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 12 Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Siapa yang dapat menolak kelezatan madu? Selain citarasanya yang manis, madu juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh....

Kenalan dengan 10 Manfaat Kacang-kacangan yang Baik untuk Tubuh

Kacang-kacangan adalah bahan makanan alternatif yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain rasanya yang enak, manfaat...

Selain untuk Diet, Ini 10 Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada pula jenis beras lain, yaitu beras merah. Meski...

Post Comment