Written by at January 14, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Melembabkan, Ini 11 Manfaat Timun untuk Wajah yang Bisa Dicoba

Timun merupakan sayuran yang memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh, timun rendah kalori dan mengandung banyak serat yang membuat buah ini ideal untuk menurunkan berat badan. Timun mengandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat, 2 gram protein, 2 gram serat, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan. Selain nutrisi untuk tubuh, timun juga memiliki manfaat untuk wajah kamu. Yuk, simak selain melembabkan, ini 11 manfaat timun untuk wajah yang bisa dicoba berikut ini.

 

Ini manfaat timun untuk wajah yang bisa dicoba

manfaat timun untuk wajah
Manfaat Timun untuk Wajah yang Bisa Dicoba. (Foto: Pixabay)

1. Menjaga kesehatan kulit

Timun adalah sumber silika yang sangat baik, mineral kecantikan. Menempatkan irisan timun dingin di mata kamu mungkin tampak seperti ritual kecantikan klise, tetapi itu benar-benar membantu dalam menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak. Minum jus timun memberi kamu kulit yang sehat dari dalam. Ini tinggi vitamin dan mineral dan memperbaiki kulit kamu, baik untuk peremajaan kulit. Ini karena kadar antioksidan timun yang tinggi, yang menenangkan peradangan dalam tubuh, mengurangi kemungkinan kemerahan, dan bengkak.

 

2. Membantu mengatasi kulit sensitif

Kulit yang sensitif biasanya mudah mengalami peradangan. Untuk membantu mengatasi kulit yang sensitif kamu bisa coba menggunakan timun. Kandungan alami yang ada pada timun mampu membantu meringankan dampak yang ditimbulkan dari peradangan di kulit sensitif. Tidak hanya itu, timun juga dapat membantu untuk menenangkan kulit yang sensitif.

 

3. Menjauhkan jerawat dari wajah 

Menurut sebuah penelitian yang meneliti manfaat timun pada kulit manusia, timun menurunkan kadar sebum secara signifikan. Zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous di kulit, dan dengan sel-sel kulit mati, menyumbat folikel kulit, yang akhirnya menyebabkan erupsi dalam bentuk jerawat. Dalam sebuah penelitian, formulasi dengan timun di dalamnya diamati untuk mengurangi kadar air kulit dan meningkatkan kehilangan air tubuh melalui kulit, sebuah fenomena yang dikenal sebagai kehilangan air trans-epidermal, yang memperkuat efek anti-jerawat.

 

Baca juga: Kenali 3 Perbedaan Timun Lokal, Timun Jepang, dan Zucchini Sebelum Membeli

 

4. Mencegah garis halus dan kerutan

Ternyata, timun tidak hanya membantu kamu mempertahankan tubuh yang kencang tetapi juga memungkinkan kamu mempertahankan kulit awet muda. Ini karena kandungan airnya yang tinggi dan kandungan antioksidan, timun membantu melembabkan kulit dan membuatnya kenyal.

 

Menurut sebuah penelitian, jus timun memiliki aktivitas anti-hyaluronidase yang kuat. Ini berarti menjaga enzim hyaluronidase dari degradasi asam hialuronat, zat alami dalam tubuh yang membantu menarik kelembaban ke kulit. 

 

Kulit kamu juga memiliki protein yang disebut elastin, yang seperti namanya, menjaga elastisitas kulit. Timun menghambat pemecahan elastin yang disebabkan oleh enzim elastase, sehingga mengencangkan kulit dan mendukung pembaruan sel bersama dengan membangun kolagen. Ini membuatnya menjadi bahan bintang dalam formulasi anti-penuaan.

 

5. Melindungi terhadap paparan sinar matahari

Timun adalah tabir surya alami dan bahkan krim dan lotion perlindungan matahari yang dipasarkan dengan timun telah ditemukan memiliki hasil positif. Hal ini disebabkan oleh flavonoid, tanin, dan vitamin C dalam timun yang memberikannya properti antioksidan yang membantunya memerangi radikal bebas yang merusak sel yang dihasilkan oleh sinar UV. Timun juga memiliki efek menghilangkan rasa sakit. Dan kedua kandungan ini menjelaskan keberadaan timun di tabir surya dan lotion pelindung matahari dan sebagai pereda terbakar sinar matahari.

 

Ingin mencoba manfaat timun untuk wajah ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli timun berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat timun untuk wajah

 

6. Mencerahkan kulit

Pemutih kulit alami, timun dapat menurunkan kandungan melanin pada kulit, menjadikannya baik untuk menghilangkan sun burn. Ketika kulit kamu berwarna cokelat, itu menyebabkan peningkatan kandungan melanin kulit, membuatnya terlihat lebih gelap.

 

Menurut beberapa penelitian, biokimia yang terdapat dalam ekstrak timun menghambat tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin, dan itulah bagaimana timun menghambat sintesis melanin.

 

Efek memutihkan kulit timun juga karena aktivitas antioksidan ekstrak timun. Ekstrak timun kaya akan vitamin, terutama vitamin C, yang, sebagai antioksidan, menetralkan radikal bebas berbahaya yang dihasilkan oleh sinar UV selama paparan sinar matahari, sehingga mengurangi produksi melanin. 

 

Baca juga: Tips Hemat Merawat Kulit, Coba 7 Cara Membuat Masker Timun Ini

 

7. Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata

Bagi kamu yang memiliki lingkaran hitam di bawah mata juga bisa mendapat manfaat besar dari timun. Timun memiliki kandungan antioksidan dan silica yang baik untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar kulit mata. Cara pengaaplikasiannya cukup dengan menempatkan dua irisan mentimun ke bagian mata dan diamkan selama 30 menit. Kamu juga dapat mencelupkan kapas ke dalam jus timun dan kemudian kompreskan pada mata. Jangan lupa bahwa cara pemakainnya harus dengan mata tertutup.

 

8. Menenangkan kulit dan menyembuhkan bekas luka

Jika kamu memiliki kulit sensitif, timun bisa menjadi teman terbaikmu. Tidak hanya memakannya mendinginkan tubuh ketika merkuri naik, tetapi menerapkannya secara topikal juga menenangkan kulit. Menurut data penelitian, timun menenangkan iritasi kulit dan mengurangi peradangan.

 

Sebuah penelitian juga mengungkap timun sebagai pereda nyeri yang ampuh dan penenang untuk kulit yang terbakar matahari. Menjadi agen hemostatik alami atau yang mempercepat pembekuan darah, membantu menyembuhkan bekas luka kulit.

 

9. Mengatasi dermatitis

Asam askorbat (vitamin C) dan asam caffeic dalam timun mampu mencegah retensi air, menjadikannya pilihan yang bagus untuk mata bengkak. Sekarang kamu tahu mengapa irisannya digunakan pada mata bengkak. Ekstrak mentimun yang dioleskan sangat membantu untuk luka bakar dan dermatitis, atau peradangan kulit.

 

Baca juga: Wajib Coba, 7 Resep Acar Timun yang Segar dan Enak

 

10. Menyegarkan dan mengencangkan kulit

Efek timun yang menyegarkan dan mengencangkan kulit menjadikannya toner kulit alami yang luar biasa. Kamu dapat menggunakan jus mentimun atau mencairkannya dengan air untuk digunakan sebagai toner untuk menghilangkan minyak atau sisa riasan. Pada saat yang sama, kandungan airnya yang tinggi akan membuat kulit kamu lembab dan kenyal.

 

11. Membantu atasi kulit kering

Kulit yang terlalu kering pasti dapat membuat kamu tidak nyaman. Pasalnya, kulit yang terlalu kering dapat menimbulkan rasa tertarik, gatal, bahkan hingga tampak seperti bersisik. Jika ini terjadi padamu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami seperti timun. Manfaat timun untuk wajah salah satunya adalah dapat melembapkan kulit. Kandungan air yang cukup kaya pada timun membantu kulit kering menjadi lembap. Kamu bisa menggunakan timun sebagai masker agar kelembapan kulitmu tetap terjaga.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat timun untuk wajah ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli timun berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

manfaat timun untuk wajah

Related Articles

Cari Tahu 11 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Kelengkeng memang lazim ditemui di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah berbentuk bulat ini juga...

12 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Meski ukurannya kecil, buah kiwi menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut cukup beragam. Bahkan di negara asalnya, Cina,...

10 Buah Mengandung Vitamin A yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada dasarnya hampir semua buah-buahan mengandung vitamin A, namun kadarnya yang mungkin berbeda-beda pada tiap buah. Vitamin A memiliki...

Post Comment