Written by at October 13, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 10 Manfaat Vegetarian untuk Tubuh dan Kesehatan

Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang vegetarian. Ketika memilih gaya hidup ini, artinya kamu harus siap dengan konsekuensi untuk tidak mengonsumsi daging-dagingan lagi dan hanya mengonsumsi makanan yang berasal tumbuhan atau nabati saja. Bagi yang baru menjalaninya, pastinya terdengar sulit. Wajar saja, karena memang kamu belum terbiasa. Apalagi, jika kamu adalah orang gemar mengonsumsi daging-dagingan. Meski begitu, beruntunglah kamu yang sudah terbiasa menjalani gaya hidup ini. Pasalnya, vegetarian bisa memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan kamu. Kamu pun akan terhindar dari beberapa efek buruk yang bisa saja muncul karena mengonsumsi daging. Nah, kira-kira apa saja manfaatnya lainnya? Yuk, cari tahu 10 manfaat vegetarian untuk tubuh dan kesehatan berikut ini.

 

Manfaat vegetarian untuk tubuh dan kesehatan

Ingin menjadi seorang vegetarian? Sebelum memulainya, yuk simak 10 manfaat vegetarian untuk tubuh dan kesehatan berikut ini.

Manfaat Vegetarian
Manfaat Vegetarian untuk Tubuh dan Kesehatan. (Foto: Pexels)

1. Mengurangi asupan lemak dalam tubuh

Tujuan utama menjalani gaya hidup vegetarian tentu membuat tubuh lebih sehat dibanding sebelumnya. Karena tidak mengonsumsi daging-dagingan lagi, otomatis asupan lemak hewani dalam tubuh juga akan berkurang.

 

Asupan lemak berlebih, terutama lemak yang berasal dari makanan hewani, tentu identik dengan banyak masalah kesehatan, salah satunya yaitu kolesterol. Di sisi lain, asupan makanan dari sayuran dan buah justru lebih sehat karena mampu menyuplai beragam nutrisi bergizi bagi tubuh. Selain membuat tubuh lebih sehat, nutrisi juga berperan untuk memproteksi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

 

2. Meminimalisir risiko dan gangguan seputar tekanan darah

Masih menyambung poin sebelumnya. Hasil penelitian lainnya juga mengungkapkan jika manfaat menjadi vegetarian bisa menghindari tubuh dari berbagai risiko seperti diabetes tipe 2, masalah indeks masa tubuh yang rendah, membantu mengontrol kadar tekanan darah, dan menjaga glukosa dan trigliserida tetap rendah.

 

Baca juga: Selain Hanya Makan Sayur, Ini 7 Jenis Vegetarian dan Pola Makannya

 

3. Membuat kulit lebih sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit cantik dan terjaga. Nah, tahukah kamu jika kesehatan dan keelastisan kulit juga berpengaruh pada makanan yang kamu konsumsi? Salah satu asupan penting dalam sayur dan buah-buahan ternyata bisa memenuhi kebutuhan itu. Banyak kandungan mineral dalam sayur dan buah yang bermanfaat untuk mempercantik dan menyehatkan kulit. Beberapa manfaatnya antara lain sebagai sumber antioksidan, penjaga pigmen kulit, dan membantu sirkulasi darah tetap lancar.

 

4. Mengurangi berat badan

Selain sehat, menjadi vegetarian juga bisa membantu kamu menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar tetap ideal. Seperti yang kamu ketahui, kandungan serat dalam buah dan sayur sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat juga bisa menjaga kondisi perut tetap kenyang lebih lama sehingga nafsu makan kamu pun lebih mudah terkontrol. Dengan terjaganya kedua hal tersebut, tentu berat badan pun juga lebih mudah terjaga.

 

5. Menyehatkan pikiran

Tidak hanya baik untuk tubuh dan kesehatan secara fisik, manfaat lain dari vegetarian antara lain membantu pikiran menjadi lebih positif dan sehat. Lebih lanjut, sebuah penelitian juga mengungkapkan jika kandungan sayur dan buah bisa membantu tubuh memiliki lebih banyak energi, membuat perasaan bahagia, dan ketenangan. Di mana, ketiga hal tersebut merupakan salah satu faktor yang bisa membantu pikiran seseorang tetap positif dan sehat.

 

Ingin merasakan manfaat vegetarian ini? Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan vegetarian di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

6. Baik untuk seksualitas

Siapa sangka, gaya hidup vegetarian juga baik untuk seksualitas seseorang. Beberapa jenis sayuran dan buah-buahan seperti stroberi, kacang almond, ubi, dan semangka ternyata memiliki manfaat dalam meningkatkan libido dan hormon seksual seseorang. Tentu saja hal ini baik untuk orang yang memiliki masalah dengan seksualitas.

 

Baca juga: Ini 10 Menu Makanan Vegetarian yang Praktis untuk Sehari-hari

 

7. Mengurangi risiko penyakit kanker

Kanker bisa muncul karena berbagai hal. Tidak hanya pola hidup, kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga menjadi salah satu pemicunya. Mengonsumsi daging-dagingan dan lemak hewani secara berlebih ternyata bisa memicu hal itu. Apalagi, jika orang tersebut sudah memiliki riwayat penyakit tersebut.

 

Nah, salah satu manfaat vegetarian salah satunya adalah mengurangi risiko penyakit kanker. Hal ini tidak lain karena beberapa kandungan dalam sayur dan buah bisa menekan masalah itu. Contohnya seperti isoflavon yang bisa ditemukan dalam kedelai, buncis, kacang tanah, serta karoten dalam wortel, kentang, brokoli, kangkung, bayam, tomat, dan paprika merah. Kedua kandungan tersebut diyakini mampu melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk juga kanker.

 

8. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas mengenai beberapa manfaat vegetarian dalam menjaga berat badan tetap ideal karena sistem pencernaan yang terjaga. Padahal, kesehatan sistem pencernaan tidak hanya berkaitan dengan gangguan BAB seperti sembelit saja, masalah lain seperti wasir hingga kanker usus pun bisa saja terjadi. Nah, masalah ini bisa diminimalisir dengan kebiasaan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.

 

9. Memperpanjang usia

Memang, tidak ada yang tahu usia seseorang. Namun, bukan berarti lantas kamu tidak peduli dengan kesehatanmu. Jika kamu cuek dengan tetap menjalani gaya hidup tidak sehat, serta abai dan tidak mengindahkan masalah kesehatan, tentu risiko penyakit berbahaya bisa saja muncul dan merenggut nyawa kamu tanpa kamu sadari. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa orang yang membatasi bahkan yang tidak mengonsumsi daging bisa membuat orang tersebut hidup lebih lama daripada yang rutin mengonsumsinya.

 

10. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh lebih siap dalam menjalankan aktivitas di esok hari. Salah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur antara lain terjaganya sistem pencernaan tubuh serta menjalani gaya hidup sehat dan rutin olahraga. Nah, kesehatan sistem pencernaan yang terjaga dan gaya hidup yang sehat salah satunya bisa kamu dapatkan dengan menerapkan gaya hidup vegetarian.

 

Baca juga:  Cobain Yuk, 5 Resep Pizza Vegetarian yang Bisa Kamu Buat di Rumah

 

Nah, itulah 10 manfaat vegetarian untuk tubuh dan kesehatan. Banyak penelitian yang dilakukan menunjukkan jika pelaku gaya hidup ini memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah dan terjaga. Apalagi, vitamin, mineral, serat, dan senyawa penting dalam sayur dan buah memiliki jumlah yang terbilang tinggi. Setelah mengetahui beberapa manfaat dari vegetarian di atas, kira-kira apakah kamu tertarik mencoba gaya hidup ini?

 

Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisimu dengan membeli sayur dan buah-buahan untuk menjalani gaya hidup vegetarian tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah berbentuk unik ini? Rambutan memang menjadi salah satu buah yang umum dijumpai di Indonesia....

10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Cari Tahu 11 Manfaat Raspberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pembudidayaan berbagai jenis berry di Indonesia memang sudah banyak dilakukan. Salah satu budidaya strawberry yaitu di kawasan Ciwidey,...

Post Comment