Written by at October 12, 2020
Resep

Ini 10 Menu Makanan Vegetarian yang Praktis untuk Sehari-hari

Gaya hidup vegetarian memang sedang digandrungi saat ini, terutama oleh para kaum hawa. Selain efektif dalam menurunkan berat badan, gaya hidup ini juga dikenal lebih sehat sehingga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayangnya, banyak yang beranggapan jika menu makanan vegetarian itu sulit dibuat, tidak praktis dan pilihannya terbatas. Padahal, banyak kok menu makanan vegetarian yang praktis dan juga cocok untuk menu makanan sehari-hari. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah 10 menu makanan vegetarian yang praktis untuk sehari-hari.

 

Menu makanan vegetarian yang praktis untuk sehari-hari

Ingin mulai menjadi seorang vegetarian? Berikut ini adalah 10 menu makanan vegetarian yang praktis untuk sehari-hari dan bisa kamu coba.

Menu Makanan Vegetarian
Menu Makanan Vegetarian yang Praktis untuk Sehari-hari. (Foto: Pexels)

1. Orecchiette brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran sehat yang sudah dikenal luas akan manfaatnya. Nah, sayuran hijau ini cukup populer digunakan di berbagai olahan menu makanan vegetarian. Terutama menu makanan yang dibuat dengan cara ditumis.

 

Salah satu menu vegetarian yang praktis dengan bahan utama brokoli adalah orecchiette brokoli. Menu makanan ini dibuat dengan cara merebus brokoli dan orecchiette dengan air dan sedikit garam. Setelah itu, lanjutkan dengan memanaskan minyak zaitun dan tumis bawang putih dan cabai merah hingga layu. Jika sudah, masukan orecchiette dan brokoli yang sudah direbus tadi untuk ditumis kembali selama 2-3 dan setelah itu siap disajikan.

 

2. Nugget hijau

Meski nugget sangat identik dengan daging ayam, namun kamu juga bisa lho membuat nugget dengan bahan utama dari kombinasi berbagai jenis sayuran, seperti sayur bayam yang dipotong-potong, parutan wortel, tepung terigu protein sedang, bawang bombay yang dicincang halus, serta bawang putih sebagai pengharum dan penguat rasa.

 

Karena menggunakan berbagai jenis sayur, maka nugget ini juga dinamai dengan nugget hijau. Proses pembuatannya pun tidak jauh berbeda dengan nugget ayam pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada bahan utama pembuatannya saja.

 

3. Sate jamur sambal kecap

Jika mendengar kata sate, tentu hal pertama yang terbesit di pikiran kamu pastinya adalah daging sapi, daging kambing, atau daging ayam, bukan? Sayangnya sate yang kita bahas kali ini tidak menggunakan ketiganya. Karena pembahasan kali ini adalah menu vegetarian, maka bahan utama yang akan kita gunakan adalah jamur.

 

Menu sate kali ini bernama sate jamur sambal kecap. Bahan utama yang digunakan adalah jenis jamur tiram. Pertama, jamur akan dicuci bersih dan direbus hingga layu. Kemudian, rendam dengan cabe rawit yang telah dihaluskan bersama dengan kecap manis, ketumbar, dan kemiri halus, serta gula dan garam secukupnya.

 

Setelah itu, tusuk jamur dengan tusuk sate, kemudian oleskan jamur dengan kecap dan mentega. Kemudian, jamur dibakar hingga masak. Sajikan sate jamur dengan sambal kecap.

 

Baca juga: Selain Hanya Makan Sayur, Ini 7 Jenis Vegetarian dan Pola Makannya

 

4. Sup krim jagung

Sup krim jagung juga merupakan salah satu menu vegetarian yang difavoritkan. Selain teksturnya yang kental dan gurih, sup ini juga praktis karena bisa dinikmati secara langsung atau menjadi pelengkap nasi dan roti. Selain cocok sebagai sarapan, sup krim ini juga nikmat disajikan saat cuaca dingin.

 

5. Opor tahu dan tempe

Sama halnya dengan nugget, menu makanan seperti opor juga kerap diidentikan dengan daging ayam. Nah, untuk kamu yang menjalani gaya hidup vegetarian, kamu bisa kok menggunakan tahu atau tempe sebagai bahan pengganti daging ayam tersebut. Tahu dan tempe sendiri memang dikenal memiliki protein tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh penganut vegetarian maupun yang bukan vegetarian.

 

Ingin mencoba menu makanan vegetarian ini di rumah? Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan vegetarian di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

6. Vegetarian drumstick

Selain dijadikan sebagai sate, jamur tiram juga cocok diolah menjadi drumstick. Tidak jauh berbeda dengan drumstick ayam kebanyakan, drumstick ini juga diolah dengan balutan tepung roti.

 

Soal rasa, vegetarian drumstick tidak jauh berbeda dengan drumstick ayam. Pada dasarnya, tekstur jamur yang berserat memang menjadi salah satu alternatif bahan membuat menu makanan vegetarian pengganti ayam. Selain bisa dijadikan camilan, vegetarian drumstick ini juga nikmat dijadikan lauk pauk makanan sehari-hari.

 

Baca juga:  Cobain Yuk, 5 Resep Pizza Vegetarian yang Bisa Kamu Buat di Rumah

 

7. Pepes tahu, tempe, dan jamur

Meski menu makanan seperti pepes sangat identik dengan ikan, namun kamu bisa juga lho menggantinya dengan tahu, tempe, atau jamur. Tidak jauh berbeda, proses pembuatan pepes ini juga sama-sama menggunakan bumbu khas pepes yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, dikukus dan dilanjutkan dengan proses pembakaran. Biasanya, pepes disajikan sebagai pendamping nasi panas.

 

8. Urap

Tidak hanya untuk kamu yang vegetarian, untuk non-vegetarian juga pasti menyukai makanan yang satu ini. Proses pembuatan urap sendiri terbilang praktis. Apalagi, sayuran yang digunakan untuk membuat urap pun cukup sederhana dan mudah ditemui, seperti kacang panjang, taoge, kol yang dikukus, dan parutan kelapa yang telah dibumbui.

 

9. Gado-Gado

Selain urap, menu makanan vegetarian yang tidak kalah populer lainnya adalah gado-gado. Makanan khas masyarakat Betawi ini memiliki rasa segar dari berbagai jenis sayuran serta bumbu kacang yang gurih dan pedas. Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat gado-gado antara lain kentang, sayuran hijau, telur rebus, tahu, dan tempe. Biasanya, gado-gado disajikan dengan potong lontong.

 

Baca juga: Ini 10 Ide Camilan Vegetarian yang Enak dan Praktis

 

10. Plecing kangkung

Apabila kamu memiliki waktu yang super terbatas namun tetap ingin membawa bekal menu makanan sendiri, maka pilihan yang tepat adalah membuat plecing kakung. Proses pembuatan menu makanan vegetarian yang satu ini cukup praktis. Apalagi, makanan ini hanya menggunakan bahan dasar kangkung yang direbus saja dengan cabai, tomat, dan perasaan limau. Agar lebih nikmat, gunakan jenis kangkung air karena kangkung jenis ini memiliki ukuran lebih besar dan tekstur lebih renyah. Selain cocok untuk teman pendamping nasi, plecing kangkung juga bisa langsung kamu makan begitu saja.

 

Nah, itulah 10 menu makanan vegetarian yang praktis untuk sehari-hari. Mana yang menjadi favorit kamu? Untuk membuat menu-menu makanan vegetarian di atas, kamu bisa membeli bahan-bahannya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

10 Variasi Resep Kembang Kol yang Lezat dan Praktis Dimasak

Kembang kol menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Bentuknya mirip seperti sayuran brokoli...

10 Aneka Olahan Ubi Ungu yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Berbuka puasa pasti rasanya tidak nikmat kalau tidak dengan makanan yang manis-manis. Sampai-sampai kita jadi bingung makan apa, ya untuk...

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Post Comment