Written by at September 21, 2020
Resep

10 Menu Masakan Rumahan yang Sehat dan Praktis

Membuat masakan sendiri di rumah memang lebih sehat dibanding membeli makanan di pinggir jalan atau memesan makanan siap saji. Selain kebersihannya terjaga, memasak sendiri juga bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera si pembuatnya. Sayangnya, keterbatasan waktu dan keterampilan memasak membuat banyak orang enggan melakukannya. Namun, kamu bisa kok mencoba menu masakan rumahan yang mudah namun tetap sehat dan praktis. Selain proses memasaknya tidak terlalu sulit, waktu memasaknya pun lebih ringkas. Ditambah lagi, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat. Langsung saja, berikut ini adalah 10 menu masakan rumahan yang sehat dan praktis serta bisa kamu coba di rumah.

 

Menu masakan rumahan yang sehat dan praktis

Masakan Rumahan
Menu Masakan Rumahan yang Sehat dan Praktis. (Foto: Pixabay)

1. Sayur asem

Sayur asem merupakan salah satu masakan khas Sunda yang sudah sangat populer. Di beberapa pasar tradisional, kamu bisa menemukan sayur asem lengkap yang sudah dibungkus oleh penjualnya. Jadi, kamu hanya cukup memasak dan menambahkan beberapa bumbu atau bahan tambahan lainnya.

 

Penyajian sayur asem juga cukup beragam, ada yang menggunakan daging tetelan, ada pula yang hanya berisi sayur-sayuran saja. Tentu saja hal itu disesuaikan dengan selera masing-masing.

 

Cara membuat sayur asem cukup mudah, yaitu kamu hanya cukup memasak air hingga mendidih, lalu masukkan sayur melinjo, kacang tanah, dan jagung. Setelah itu, masukkan lengkuas, daun salam, dan cabai hijau yang sudah dipotong. Lanjutkan dengan bumbu dasar, seperti gula merah, air asam jawa, dan garam. Lanjutkan juga dengan memasukkan sayuran lainnya seperti labu siam, kacang panjang, dan daun melinjo. Setelah matang, sajikan dengan nasi panas.

 

2. Sayur lodeh

Tidak jauh berbeda dengan sayur asem, sayur lodeh juga menggunakan sayuran seperti pada sayur asem. Salah satu hal yang membedakannya yaitu sayur lodeh menggunakan santan pada kuahnya.

 

Untuk membuatnya, kamu cukup merebus santan, daun salam, bumbu halus, dan lengkuas. Lanjutkan dengan memasukkan nangka muda, kemudian bumbunya seperti garam dan gula merah. Setelah itu, masukkan terong, labu siam, cabai hijau, kacang panjang, dan juga daun melinjo. Tunggu hingga matang dan sayur lodeh pun siap disajikan.

 

3. Sayur bayam

Menu masakan rumahan yang sehat dan praktis selanjutnya adalah sayur bayam. Sayur dengan bahan utama bayam ini juga memiliki proses pembuatan yang mudah.

 

Pertama, rebus air, lalu masukkan bumbu seperti irisan bawang merah, bawang putih, daun salam, dan temu kunci. Setelah layu, lanjutkan dengan wortel. Apabila wortel sudah setengah matang, lanjutkan dengan memasukkan daun bayam. Biarkan hingga masak dan sayur bayam pun siap disajikan.

 

4. Sayur sop

Selain sayur asem, para penjual sayur di pasar tradisional biasanya juga menjual paket sayur sop yang sudah dibungkus lengkap menjadi satu. Biasanya, paket tersebut berisi wortel, buncis, kembang kol, kentang, brokoli, dan kubis.

 

Masakan rumahan yang satu ini memang cukup populer. Selain praktis, isinya yang dominan dengan sayur bergizi pastinya juga menyehatkan. Untuk membuatnya, kamu harus memotong dan mengiris semua sayuran tersebut.

 

Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, garam, dan merica hingga aromanya harum. Lanjutkan dengan menambahkan air dan masukkan sayuran yang sudah dipotong sambil diberi garam secukupnya. Tunggu hingga matang dan sayur sop pun siap disajikan.

 

5. Sayur tumis labu siam

Menu masakan rumahan sehat dan praktis selanjutnya adalah sayur tumis labu siam. Proses memasaknya pun dimulai dengan menumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan cabai rawit dan cabai merah besar.

 

Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan labu siam yang sudah diiris memanjang. Biarkan sebentar dan aduk sambil diberi bumbu, seperti gula, garam, kaldu ayam, dan lada bubuk secukupnya. Tumis semua bahan hingga matang dan siap dihidangkan.

 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan dan Cara Memasaknya

 

Ingin mencoba menu masakan rumahan yang sehat dan praktis ini? Kamu bisa membeli bahan-bahan segar untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

6. Sayur lombok hijau

Meskipun namanya sayur lombok hijau, bukan berarti isi sayur ini dominan dengan cabai hijau saja. Bahan lain seperti tempe dan daging tetelan yang telah direbus empuk juga digunakan sebagai bahan pelengkapnya.

 

Untuk membuatnya, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian, masukkan daun salam, cabai hijau, dan lengkuas. Setelah itu, lanjutkan dengan tempe dan daging tetelan bersama santan, garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuahnya sedikit berminyak.

 

7. Sayur sawi

Tidak jauh berbeda dengan sayur bayam, sayur sawi juga menggunakan bahan tambahan lain seperti wortel dan bakso. Proses memasaknya pun tidak jauh berbeda, yaitu menggunakan bumbu dasar seperti bawang merah, bawang putih, dan kencur.

 

Untuk membuatnya, kamu harus menumis semua bumbu. Setelah matang, lanjutkan dengan memasukkan air, lalu aduk hingga mendidih. Barulah masukkan sawi hijau, garam, gula, dan lada bubuk. Tunggu hingga masak. Setelah itu, masukkan tomat merah yang telah dipotong. Biarkan sebentar, lalu angkat dan sajikan.

 

Baca juga: Selain untuk Kesehatan Mata, Ini 11 Manfaat Wortel Berastagi yang Bisa Kamu Rasakan

 

8. Tumis kangkung

Untuk tumis kangkung, prosesnya juga tidak jauh berbeda dengan membuat tumisan labu siam. Pertama, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai menggunakan sedikit minyak goreng atau margarin.

 

Setelah itu, masukkan kangkung, lalu tumis sambil diaduk-aduk. Beri tambahan bumbu seperti gula, garam, kaldu ayam bubuk, dan tomat yang sudah dipotong-potong. Kamu juga bisa menambahkan udang goreng sebagai pelengkapnya. Aduk rata dengan api besar hingga masak.

 

9. Tumis taoge

Jika kamu bosan dengan tumis labu siam dan kangkung, kamu bisa mencoba tumis taoge. Menu masakan rumahan kali ini tidak hanya sehat dan praktis, tapi juga menggunakan bahan yang sangat sederhana. Apalagi, harga taoge sendiri terbilang murah.

 

Pertama, goreng tahu yang sudah dipotong-potong sebesar dadu kecil dengan minyak panas hingga berubah warna kecoklatan, lalu sisihkan. Lanjutkan dengan menumis bawang putih. Setelah itu, masukkan tahu sambil diaduk rata. Barulah masukkan taoge dan aduk kembali. Beri kecap asin dan daun bawang. Aduk dan tunggu hingga masak, lalu sajikan.

 

Baca juga: Berikan Buah dan Sayur Terbaik, ini 10 Makanan Sehat untuk Bayi

 

10. Capcay

Bisa dibilang, capcay merupakan kombinasi berbagai sayuran sehat dalam satu hidangan. Sayuran dalam capcay terdiri dari daun kol, jamur kancing, caisim, kembang kol, sawi, wortel, dan jagung muda. Nah, agar cita rasanya lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bakso, potongan udang yang sudah dikupas kulitnya, dan cumi yang sudah dipotong melingkar.

 

Untuk membuatnya, kamu bisa menumis bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lanjutkan dengan memasukkan bakso, udang, dan cumi. Setelah itu, barulah masukkan semua jenis sayuran dan tumis hingga layu. Lanjutkan dengan menambahkan bumbu seperti gula, garam, saus tiram, dan penyedap rasa sambil tetap diaduk. Tuangkan air secukupnya, lalu aduk kembali dan tunggu hingga masak.

 

Itulah 10 menu masakan rumahan yang sehat dan praktis yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Tidak perlu bahan-bahan yang mahal dan sulit didapat, dengan bahan-bahan sederhana kamu tetap bisa membuat masakan enak, sehat, praktis, dan hemat. Temukan bahan-bahan untuk membuat menu masakan rumahan tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Ini 10 Cara Membuat Mie Goreng yang Enak dan Sehat untuk Bekal Anak

Bingung mencari ide bekal untuk si kecil? Coba buat mie goreng yang enak dan sehat, yuk! Mie goreng merupakan makanan yang disukai oleh...

Ini 10 Resep Olahan Tempe yang Murah, Enak, dan Praktis Dimasak

Tempe rasanya sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi rasanya yang enak membuat banyak...

7 Resep Blueberry Cheesecake yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Blueberry cheesecake adalah salah satu jenis cake yang cukup populer di masyarakat. Rasanya yang lembut dan creamy, ditambah dengan...

Post Comment