Written by at November 16, 2020
Resep

Cobain Yuk, 11 Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Memulai Harimu

Bagi kamu yang bekerja di kawasan perkantoran di kota-kota besar, pastinya kerap terjebak dalam hiruk pikuk kendaraan dan kemacetan, bukan? Nah, agar terhindar dari masalah tersebut, banyak orang yang memilih untuk berangkat kerja lebih awal. Namun, karena hal itu pula banyak yang mengabaikan sarapan pagi dengan dalih tak punya waktu untuk sarapan. Padahal, tidak hanya untuk mengisi energi, sarapan pagi juga membantu meningkatkan daya konsentrasi kamu dalam bekerja. Tidak hanya enak, sarapan juga harus sehat, lho. Cobain yuk, 11 menu sarapan pagi yang sehat untuk memulai harimu berikut ini.

 

Ini menu sarapan pagi yang sehat

sarapan pagi yang sehat
Menu Sarapan Pagi yang Sehat untuk Memulai Harimu. (Foto: Pixabay)

1. Telur orak-arik

Menu sarapan sehat yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Telur orak-arik atau scrambled egg bisa dibilang sebagai salah satu menu sarapan praktis, namun tetap bergizi. Kamu pun bisa menambahkan sayur seperti irisan wortel, jagung, jamur, ataupun keju parut untuk menambah variasinya. Jika ingin lebih kenyang, kamu bisa menggunakannya sebagai isian roti tawar.

 

2. Roti

Di negara barat, roti memang umum dikonsumsi sebagai sarapan. Selain sebagai sumber gizi dan energi, roti pun cukup mudah dikreasikan. Bisa dengan mengoleskan selai, coklat meses, ataupun menambahkan parutan keju. Agar lebih nikmat, kamu bisa membakarnya menggunakan mesin toaster atau dengan menggunakan teflon yang telah diolesi margarin.

 

Baca juga: Resep Sarapan dari Roti Anti Mainstream

 

3. Sereal

Mungkin sereal lebih digandrungi oleh anak-anak. Namun, untuk kamu yang super sibuk, makanan ini bisa juga menjadi solusi. Selain penyajiannya mudah, yaitu hanya mencampurnya dengan susu cair saja, gizi yang terkandung pada sereal juga terbilang lengkap. Tak heran jika sereal kerap dipilih sebagai menu sarapan yang sehat dan praktis.

 

4. Oatmeal

Penyajian oatmeal sebagai sarapan pagi sekilas tidak jauh berbeda dengan menyajikan sereal. Hanya saja, untuk menyajikan oatmeal kamu harus memasaknya terlebih dahulu. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa dengan menyeduhnya dengan air panas. Tidak seperti sereal, oatmeal kurang diminati karena rasanya yang hambar. Untuk itu, umumnya banyak yang menambahkan madu ataupun potongan buah.

 

5. Pancake

Masih dengan menu sarapan dari barat, nama pancake mungkin masih cukup asing bagi masyarakat Indonesia. Untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu menyiapkan sarapan, pancake bisa menjadi pilihan tepat, lho. Pasalnya, membuat pancake itu tidaklah sulit dan tentunya cukup praktis. Kamu hanya perlu mencampur tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin menjadi satu. Setelah itu, masak di teflon yang sudah diberi margarin agar tidak lengket. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sirup gula atau madu.

 

Ingin mencoba menu sarapan pagi yang sehat di atas? Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox, lho! Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

sarapan pagi yang sehat

 

6. Sandwich

Apa bedanya sarapan sandwich dengan roti pada umumnya? Walaupun sama-sama menggunakan roti, namun sandwich sedikit berbeda. Bisa dibilang, sandwich adalah roti dengan kombinasi lengkap. Pasalnya, sandwich menggunakan sayur, keju, telur, dan daging asap sebagai isiannya. Oleh karena itu, kandungan gizi pada sandwich terbilang lebih lengkap. Tidak hanya sebagai menu sarapan, sandwich juga cukup praktis sebagai bekal makan siang.

 

Baca juga: Ide Sarapan Mudah Untuk yang Malas Masak

 

7. Onigiri

Nah, untuk kamu yang tidak bisa lepas dari nasi, onigiri bisa menjadi alternatifnya, lho. Apalagi, makanan khas Jepang ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya pun sederhana. Kamu hanya perlu membentuk bulatan nasi dengan mengepalnya menggunakan kedua tangan. Untuk isinya, bisa kamu sesuaikan dengan selera saja. Kamu bisa menggunakan daging ayam, telur, abon, atau hanya garam. Jangan lupa juga gunakan nori atau lembaran rumput laut untuk pengikatnya.

 

8. Potongan buah

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, mengonsumsi potongan buah segar bisa menjadi solusi sarapan praktis dan sehat. Buah yang bisa kamu pilih diantaranya apel, alpukat, atau pisang. Kamu juga bisa menambahkan parutan keju. Buah sendiri sudah dikenal sebagai sumber vitamin, sedangkan keju sebagai sumber kalori. Kombinasi buah dan keju pastinya bisa menunjang aktivitas kamu nanti.

 

Baca juga: Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

 

9. Salad buah

Jika menurut kamu sarapan dengan potongan buah kurang mengenyangkan, maka kamu bisa membuat salad buah. Kamu bisa menambahkan yoghurt, susu kental manis, atau madu dan sedikit perasan jeruk lemon di atas buah yang sudah kamu potong sebelumnya. Untuk gizi, tak perlu diragukan lagi. Kombinasi buah yang segar dan yoghurt yang sehat, pastinya juga baik untuk pencernaan kamu.

 

10. Smoothies

Jika ingin sarapan yang lebih praktis dan bisa dikonsumsi selama di perjalanan, maka smoothies jawabannya. Smoothies mengandung nutrisi yang terbilang lengkap. Penyajiannya pun hanya hitungan menit saja. Kamu bisa menggunakan perpaduan antara buah pisang dengan stroberi yang kemudian bisa kamu blender bersama susu rendah lemak.

 

11. Avocado toast

Menu sarapan pagi yang sehat lainnya untuk kamu coba adalah avocado toast. Untuk membuat avocado toast sangatlah mudah. Kamu hanya perlu memanggang roti, setelah itu oleskan roti dengan alpukat yang telah kamu keruk dan haluskan di atas seluruh permukaan roti. Setelah itu tambahkan potongan jeruk, dan tuang balsamic glaze di atas roti dan untuk menambah kesegaran, letakan potongan daun basil di atas roti. Kamu sudah bisa menikmati avocado toast ini, yummy!

 

Nah, itulah 11 menu sarapan pagi yang sehat untuk memulai harimu yang kamu coba. Bagaimana? Praktis, bukan? Walaupun terlihat sepele, namun sarapan terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas sangat dianjurkan. Selain sebagai supply energi, sarapan juga bisa menghindari kamu dari penyakit maag. Sebelum beraktivitas, jangan biarkan perut kamu dalam keadaan kosong, ya!

 

Jika kamu ingin membuat menu-menu sarapan pagi yang sehat di atas, kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox, lho! Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

sarapan pagi yang sehat

Related Articles

Nyemil Bermanfaat, ini 9 Jenis Keripik Sayuran Sehat yang Wajib Dicoba

Kebiasaan nyemil memang sering bikin ketagihan. Apalagi camilan kekinian mulai banyak di supermarket dengan harga yang cukup terjangkau....

Yuk, Coba 11 Cara Bikin Sushi Rumahan yang Oishii Ini!

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang juga banyak digemari di Indonesia. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sushi...

Ini 7 Cara Membuat Kue Lapis Surabaya yang Legit

Siapa yang tidak suka dengan kue yang teksturnya terasa sangat empuk dan lembut? Tentu tidak ada, kan? Kalau begitu, kue lembut dan legit...

Post Comment