Written by at April 27, 2020
Resep

Selain Gorengan, Ini 10 Menu Takjil Hemat yang Bisa Kamu Coba

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, kamu pasti selalu ditemani dengan berbagai makanan takjil. Takjil atau tajil banyak yang mengartikan adalah minuman dan makanan untuk berbuka puasa umat muslim. Nah makanan dan minuman pembatal dan pembuka atau menu takjil buka puasa ini lah yang saat ini sering dimengerti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Gorengan merupakan takjil paling banyak peminatnya, karena enak dan harganya murah. Tetapi masih banyak takjil yang bisa kamu coba. Yuk, simak selain gorengan ini 10 menu takjil hemat yang bisa kamu coba.

 

Ini menu takjil hemat yang bisa kamu coba

menu takjil hemat
Menu Takjil Hemat yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Instagram / mrkulinerjkt)

1. Es Kelapa Muda

Kalau ditanya minuman buka puasa yang paling segar dan mudah ditemukan pasti banyak yang menjawab es kelapa muda. Yup, menu takjil buka puasa dengan es kelapa muda memang paling segar dan mantap. Apalagi kalau menggunakan air kelapa asli yang segar dan bisa mengembalikan kesegaran tubuh kita setelah berpuasa. 

 

2. Sop Buah

Ini dia minuman berat yang paling banyak dicari buat menu takjil buka puasa adalah sop buah. Dibandingkan dengan es buah yang biasanya kuahnya hanya terasa manis sirup atau gula, sop buah jelas lebih nikmat. Perpaduan segarnya aneka buah segar seperti alpukat, kelapa, jelly, anggur, dan kuah susu dan santannya memang segar sekali untuk berbuka.

 

3. Salad Buah

Beberapa tahun belakangan, salad buah menjadi menu populer di Indonesia. Buka puasa dengan salad buah ini rasanya juga menyegarkan lho. Apalagi setelah seharian tenggorokan kita kering pasti lezat sekali bukan menikmati semangkuk salad dengan isi aneka buah dan mayonise untuk dikonsumsi. 

 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Sajian dari Cokelat Vegan di Rumah

 

4. Kolak Pisang

Pisang sebabagai buah segala musim memang pas sekali untuk diolah menjadi menu takjil buka puasa. Mulai dari kue, roti dan minuman sehat bisa kita dapatkan dengan olahan pisang ini. Salah satunya yang paling populer tentu saja adalah kolak pisang. Kita bisa mengolahnya dengan campuran ubi, mutiara, labu dan bahkan tanpa santan. Rasanya manis dan gurih, menjadikan kolak pisang menjadi favorit banyak orang.

 

5. Lumpia Semarang

Lumpia goreng ataupun basah khas Semarang yang sudah melegenda ini bisa menjadi pilihan cemilan untuk menu takjil buka puasa nanti. Gorengan dengan aneka isi bihun, rebung ataupun ayam cincang memang enak sekali untuk disantap bersama seluruh keluarga. Selain itu lumpia memiliki banyak kandungan gizi seperti protein, serat, vitamin, dan karbohidrat.

 

Ingin mencoba salah satu menu takjil hemat ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

menu takjil hemat

 

6. Bubur Sagu Mutiara

Menu takjil buka puasa berikutnya yang hemat dan terasa segar di tenggorokan adalah bubur sagu mutiara apalagi disajikan dengan es untuk pelengkap kesegaran. Rasanya manis dan gurih, soal kuah bubur ini kamu bisa menggunakan jenis kuah santan maupun kuah dari lauratn gula merah. Jangan lupa memasukkan bubur sagu mutiara ke menu takjil kamu dan keluarga ya.

 

7. Es Dawet Ayu

Siapa yang tak mengenal minuman tradisional yang satu ini? Yup, es dawet ayu minuman khas Banjarnegara. Es dawet ayu tepat untuk menjadi menu takjil untuk kamu dan keluarga. Es ini sangat lezat dan segar, inilah keistimewaan dan keunikan minuman ini. Jika kamu ingin memilih minuman es dawet sebagai menu takjil buka puasa tidak ada salahnya untuk membuat sendiri di rumah dan bisa dinikmati oleh keluarga.

 

Baca juga: Selain Mencegah Depresi, Ini 11 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

 

8. Es Cincau

Ada banyak menu takjil buka puasa yang bisa kamu pilih untuk menu takjil salah satunya es cincau, untuk teman hidangan saat buka puasa. Es cincau merupakan sejenis minuman penyegar dengan bahan utama gel yang mirip agar-agar. Ada berbagai jenis cincau seperti cincau hijau, cincau hitam, dan cincau perdu, semuanya tergantung dari jenis daun tumbuhan yang dipakai. Potongan cincau bisa kamu tambahkan dengan sirup, santan, bahkan susu, tentunya sangat menyegarkan saat diminum.

 

9. Es Selendang Mayang

Kalau kamu bosan dengan menu takjil buka puasa yang hanya itu-itu aja, kamu bisa mencoba minuman Betawi jadul yang satu ini, yaitu es selendang mayang yang berasal dari Jakarta terbuat dari bahan dasar tepung hunkuwe dan dicampur dengan air serta sagu tani. Selain menyegarkan, minuman ini dapat mengenyangkan juga karena terbuat dari tepung beras, sangat cocok untuk menjadi takjil.

 

Baca juga: Camilan Sehat dan Enak, Ini 5 Cara Membuat Granola Bar Sendiri di Rumah

 

10. Bubur Kacang Hijau

Terakhir, takjil hemat yang bisa kamu coba adalah bubur kacang hijau. Siapa yang tak mengenal makanan khas nusantara ini? Bubur ini terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Makanan yang satu ini dapat dimakan saat masih hangat maupun dingin, kamu hanya perlu menambahkan es batu ke dalamnya. Rasanya yang lembut dan manis sangat cocok untuk menemani buka puasa kamu.

 

Jadi, menu takjil hemat mana yang ingin kamu coba? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

menu takjil hemat

Related Articles

Kumpulan Resep Takjil yang Enak dan Mudah Dimasak di Rumah

Bulan puasa sebentar lagi tiba. Menu takjil selalu disiapkan bersama dengan menu buka puasa lainnya, sebagai menu camilan dan pembuka...

Coba Yuk, Ini 10 Resep Koktail Buah Minuman Sajian Lebaran yang Menyegarkan

Tradisi berkumpul bersama keluarga besar saat hari Lebaran memang menjadi kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan. Tidak hanya...

Supaya Tidak Bosan, Coba 10 Resep Masakan Lebaran Tanpa Santan Ini

Hidangan Lebaran memang identik dengan santan. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati hidangan tersebut, terutama bagi mereka yang...

Post Comment