Written by at May 26, 2020
Tips & Trik

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 10 Panduan Diet DEBM untuk Pemula

Diet DEBM adalah kepanjangan dari “Diet Enak Bahagia Menyenangkan”. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, sebenarnya bukanlah seorang dokter, ahli gizi, ataupun tenaga medis lainnya. Namun, panduan diet debm yang ia cetuskan ini berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.

 

Dalam sebuah hasil wawancara, Robert mengaku berhasil menurunkan puluhan kilogram berat badannya setelah menjalani diet DEBM-nya itu. Berat badannya pernah melonjak dari 78 kilogram menjadi 107 kilogram. Namun, setelah mengikuti metode diet yang ia cetuskan beratnya turun kembali menjadi 75 kilogram. Diet ini sangat cocok terutama untuk kamu yang hobi makan, malas olahraga, tapi cita-citanya selalu ingin ramping dan menawan. Ingin turunkan berat badan? Yuk, simak ini 10 panduan diet DEBM untuk pemula di sini.

 

In panduan diet DEBM untuk pemula yang wajib kamu tahu

1. Rendah karbohidrat namun tinggi protein dan lemak

panduan diet debm
Rendah karbohidrat namun tinggi protein dan lemak. (Foto: Pixabay)

Sebutan diet enak bahagia menyenangkan ini bukanlah tanpa alasan. Jika kamu merupakan pelaku diet DEBM kamu akan diberi keleluasaan untuk makan makanan favorit sebanyak yang kamu mau. Namun, tentu saja harus sesuai dengan prinsip-prinsip diet DEBM, yaitu rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak.

 

DEBM menganggap bahwa karbohidrat merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas alias kegemukan. Hal ini karena karbohidrat adalah salah satu zat gizi penyumbang kalori yang cukup besar, apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak.

 

Untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapatkan dari karbohidrat, pelaku diet diminta untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein hewani pada pagi dan malam hari. Menariknya, diet ini juga tidak melarang kamu untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak. Jadi, makanan yang digoreng sekalipun tetap bisa kamu konsumsi selama menjalani diet ini.

 

2. Pantang Gula

panduan diet debm
Pantang mengonsumsi gula. (Foto: Pexels)

Pantangan terbesar diet ini adalah gula, baik itu gula murni maupun gula dalam bentuk lain seperti madu, kecap, atau yang terkandung dalam buah dan sayur. Hal ini karena, gula akan meningkatkan jumlah insulin dalam badan secara kronis yang akhirnya akan meningkatkan jumlah produksi lemak tubuh.

 

Baca juga: Apa itu Diet Keto dan Manfaatnya!

 

3. Sarapan Menjadi Hal Wajib

panduan diet debm
Wajib sarapan saat diet debm. (Foto: Pixabay)

Hal wajib yang tak boleh ditinggalkan jika kamu melakukan diet DEBM adalah sarapan. Kamu juga harus memperhatikan menu sarapanmu, menu sarapan haruslah mengandung protein dan lemak tinggi, hindari karbohidrat. Dengan sarapan maka kamu akan kenyang lebih lama. Jika tak sarapan justru akan memicu lapar hingga akhirnya memakan aneka makanan secara acak.

 

4. Daftar Pantangan Makanan untuk diet DEBM

panduan diet debm
Pantangan makanan saat diet debm. (Foto: Pexels)

Secara umum, berikut beberapa pantangan makanan untuk diet DEBM:

  • Nasi, pasta, sereal, mie, roti, dan makanan bertepung lainnya.
  • Pemanis seperti gula, madu, dan sirup maple.
  • Minuman bergula atau minuman manis misalnya soda, teh manis, susu cokelat, atau jus.
  • Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, dan bit.
  • Buah tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka.

 

5. Daftar Makan yang Dianjurkan untuk diet DEBM

panduan diet debm
Makanan yang dianjurkan saat diet debm. (Foto: Pexels)

Ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan ketika menjalani diet DEBM:

  • Telur.
  • Semua jenis ikan, khususnya ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna.
  • Daging sapi dan unggas.
  • Susu dan produk turunannya seperti yogurt, keju, krim, dan mentega.
  • Sayuran yang tidak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.
  • Buah-buahan tinggi lemak.

 

Ingin mencoba panduan diet DEBM untuk pemula? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan yang diajurkan bagi diet DEBM yang berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

diet DEBM

 

6. Berbeda dengan Diet Ketogenik

panduan diet debm
Diet debm berbeda dengan diet ketogenik. (Foto: Pexels)

Jika dilihat dari aturannya, diet ini sekilas mirip dengan diet keto yang telah kita bahas di artikel sebelumnya. Beberapa metode mungkin ada yang mirip, namun banyak juga metode yang tidak mirip dengan diet keto.

 

Dalam diet keto, ada panduan atau standar terkait asupan lemak yang dianjurkan. Diet keto mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi lemak sebanyak 75 persen, sedangkan 20 persen protein, dan 5 persen karbohidrat.

 

Sementara diet DEBM tidak mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak. Dalam DEBM yang terpenting adalah asupan protein hewaninya. Intinya diet DEBM menekankan prinsip lebih mengurangi asupan karbohidrat ketimbang protein dan lemaknya.

 

Baca juga: Berbagai Macam Metode Diet & Manfaatnya

 

7. Konsumsi Buah Alpukat

panduan diet debm
Rutin mengonsumsi alpukat saat diet debm. (Foto: Pexels)

Perlu diketahui bahwa ada satu buah yang sangat dianjurkan masuk dalam menu diet DEBM pemula, yaitu alpukat. Buah alpukat dikenal bagus untuk diet karena memiliki kandungan kalori tinggi dan lemak, namun tak tinggi gula. Diet DEBM sama sekali tak menyarankan konsumsi gula, sehingga alpukat lebih dianjurkan ketimbang buah lain yang banyak kandungan gulanya.

 

8. Olahraga Teratur

panduan diet debm
Olahraga secara teratur saat dier debm. (Foto: Pexels)

Ada kalanya para pelaku diet melupakan poin yang satu ini. Padahal, olahraga justru akan semakin membuat program diet kamu semakin cepat berhasil karena akan membantu membakar lemak menjadi energi dan membantu tubuh tetap bugar, sehat, dan makin mengencangkan otot-otot. Kamu dapat melakukan gerakan olahraga yang sederhana seperti push up dan sit up.

 

9. Jangan Lupa Minum Air Putih

panduan diet debm
Banyak minum air putih saat diet debm. (Foto: Pixabay)

Ini yang tak boleh kamu lupakan sebagai pelaku diet DEBM pemula. Air putih menjadi hal penting dalam program diet ini. Saat merasa lapar, kamu dapat meminum air putih dengan begitu akan menimbulkan rasa kenyang dan tubuh tetap terhidrasi.

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

 

10. Batas Makan Sampai Jam 6 Sore

panduan diet debm
Batas makan jam 6 sore. (Foto: Pexels)

Bagi kamu yang pemula dalam menjalankan diet DEBM, harus tahu bahwa batas makan adalah jam 6 sore. Hal ini dimaksudkan karena pada saat jam istirahat akan jadi masa untuk proses pembakaran lemak secara maksimal. Bila kamu makan di atas jam 6 sore, maka kadar gula dalam darah masih tinggi dan memicu tumpukan lemak karena tak terbakar sempurna.

 

Kini kamu telah mengetahui 10 panduan diet DEBM untuk pemula jika kamu ingin menurunkan berat badan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan yang diajurkan bagi diet DEBM yang berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

diet DEBM

Related Articles

Ini 3 Perbedaan Sereh Wangi dan Sereh Dapur Berikut Manfaatnya

Sereh merupakan salah satu bahan yang cukup populer di Indonesia. Seereh dikenal berkat khasiatnya yang beragam, mulai dari mengatasi...

Ini Fakta Tentang Sky Melon dan 9 Jenis Melon Lainnya yang Wajib Dicoba

Melon adalah salah satu buah yang termasuk dalam keluarga labu atau Cucurbitaceae. Di Indonesia, melon biasa disajikan sebagai makanan...

Yuk, Kenali 10 Bagian Daging Sapi Terbaik untuk Dimasak

Permintaan daging sapi di Indonesia tentunya akan selalu meningkat saat hari raya Idul Fitri tiba. Tidak seperti daging kambing atau domba,...

Post Comment