Written by at December 29, 2020
Tips & Trik

10 Panduan Lengkap Tentang Mie Shirataki yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli

Mie Shirataki adalah makanan yang berasal dari Jepang. Mie Shirataki ini popular karena diyakini dapat membantu menurunkan mengontrol berat badan. Alasannya karena shirataki mengenyangkan namun rendah kalori. Shirataki dalam bahasa inggris berarti white waterfall atau air terjun putih ini menunjukkan penampilan mie yang berwarna putih, berukuran panjang dan transparan.

 

Mie rendah kalori ini dianggap sebagai mie ajaib ini kaya akan glukomanan, sejenis serat yang memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan. Faktanya, glukomanan telah terbukti menyebabkan penurunan berat badan dalam banyak penelitian. Jika kamu sedang dalam masa diet, seperti diet keto. Diet yang dilakukan dengan pola makan yang sangat rendah karbohidrat, rendah gula, tinggi lemak, dan protein sedang. Kamu dapat menjadikan mie shirataki sebagai salah satu menu diet kamu. Yuk, simak 10 panduan lengkap tentang mie shirataki yang wajib kamu tahu sebelum membelinya, di bawah ini.

 

Ini panduan lengkap tentang mie shirataki yang wajib

Panduan Lengkap Tentang Mie Shirataki
Panduan Lengkap Tentang Mie Shirataki yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli. (Foto: Pixabay)

1. Perbedaan mie shirataki dengan mie lainnya

Mie biasanya dibuat menggunakan tepung terigu dengan ditambahkan telur, bihun berbahan dasar beras. Sedangkan mie shirataki berbahan dasar umbi konjak. Berbeda dengan kemasan mie yang beredar di pasaran. Mie ini dibungkus dengan plastik dan direndam air.

 

2. Terbuat dari 100% umbi konjak

Mie ini dibuat dari 100% umbi konjak. Konjak tumbuh di Jepang, Cina, dan Asia Tenggara. Konjak mengandung sangat sedikit karbohidrat yang mudah dicerna, tetapi sebagian besar karbohidratnya berasal dari serat glukomanan. Mereka dibuat dengan mencampurkan tepung glukomanan dengan air biasa dan sedikit air jeruk nipis, yang membantu mie mempertahankan bentuknya.

 

Campurannya direbus dan kemudian dibentuk menjadi mie atau potongan seperti nasi. Mie Shirataki panjang, berwarna putih, rasanya hambar dan agak liat ketika dikunyah.

 

3. Kandungan gizi mie shirataki

Setiap 100 gram shirataki mengandung 15 kalori, 0.02 gram lemak dan 3.44 gram karbohidrat dan 0.19 gram protein. Karena 97 % berupa air dan . 3% serat glukomanan, mie shirataki berserat tinggi maka konsumsi shirataki akan memberi rasa kenyang lebih lama. Mereka juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat dicerna.

 

Baca juga: 7 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

4. Beli mie shirataki secara online, lebih praktis

Jika kamu ingin membeli mie shirataki ini mudah ditemukan di Sayurbox, sehingga kamu tidak perlu repot untuk keluar rumah. Untuk olahannya dapat disesuaikan dengan selera makan kamu. Sebaiknya rebus dulu mie shirataki selama lima menit agar teksturnya mirip seperti mie lainnya, jika tidak tekstur mie shirataki akan seperti jelly.

 

5. Dapat membantu kamu menurunkan berat badan

Mie ini bisa menjadi alat penurunan berat badan yang kuat. Serat glukoman yang kental menunda pengosongan perut, sehingga anda tetap kenyang lebih lama dan akhirnya makan lebih sedikit. Selain itu, memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek dapat merangsang pelepasan hormon usus yang meningkatkan perasaan kenyang.

 

Terlebih lagi, mengonsumsi glukomanan sebelum mengonsumsi banyak karbohidrat tampaknya mengurangi kadar hormon ghrelin. Dalam satu penelitian, orang yang mengonsumsi glukomanan saja atau dengan jenis serat lain kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak pada diet rendah kalori. Dalam penelitian lain, orang gemuk yang mengonsumsi glukomanan setiap hari selama delapan minggu kehilangan berat sekitar 2,5 kg tanpa makan lebih sedikit atau mengubah kebiasaan olahraga mereka.

 

Kamu ingin membeli mie shirataki yang rendah kalori? Yuk, beli di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!

 

6. Dapat mengurangi gula darah dan tingkat Insulin

Glukomanan telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada orang dengan diabetes dan resistensi insulin Karena serat glukoman menunda pengosongan lambung, kadar gula dan insulin naik secara bertahap karena nutrisi diserap ke dalam aliran darah.

 

Dalam satu penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 yang menggunakan glukomanan selama tiga minggu memiliki pengurangan fruktosamin yang signifikan, yang merupakan penanda kadar gula darah.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

7. Membantu menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa glukomanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Para peneliti mencatat bahwa glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan dalam tinja sehingga lebih sedikit yang diserap kembali ke aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa glukomanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan rata-rata 16 mg/dL dan trigliserida dengan rata-rata 11 mg.

 

8. Potensi efek samping

Mie rendah kalori ini aman dikonsumsi tetapi dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi sebagian orang, glukomanan dalam mie shirataki dapat menyebabkan masalah pencernaan ringan, seperti diare, sembelit dan perut kembung. Namun, perlu dicatat bahwa glukomanan telah ditemukan aman pada semua dosis yang diuji dalam penelitian. Sama  seperti halnya dengan semua serat, yang terbaik adalah memasukkan glukomanan ke dalam diet kamu secara bertahap.

 

Selain itu, glukomanan dapat mengurangi penyerapan obat-obatan tertentu, termasuk beberapa obat diabetes. Untuk mencegah hal ini, minum obat kamu setidaknya satu jam sebelum atau empat jam setelah makan mie shirataki.

 

9. Peran Mie Shirataki

Peran mie shirataki hanya untuk membantu proses diet. Supaya kmau tetap bisa makan mie, namun kalorinya rendah. Jika kamu rajin makan mie ini, tapi setiap hari kamu masih makan dalam porsi yang banyak dan tidak melakukan olahraga, tentu saja diet tidak akan berhasil.

 

Baca juga: Shirataki, Menu Diet Keto Populer

10. Cara memasak mie shirataki

  1. Kamu hanya memerlukan bahan yaitu sebungkus mie shirataki.
  2. Buka bungkus mie dan tiriskan air rendamannya ke saringan.
  3. Alirkan air dingin di atas mie, bilas mie selama sekitar 30 detik.
  4. Kemudian pindahkan ke mangkuk. Isi dengan air dingin dan diamkan selama 2-3 menit. Kemudian tiriskan air dingin.
  5. Rebus air (sekitar 3 liter). Tambahkan sejumput garam. Saat mendidih, masukkan mie shirataki dan rebus selama 2-3 menit. Setelah itu, saring mie.
  6. Pindahkan mie ke wajan. Api sedang hingga rndah. Kamu akan mulai mendengar bunyi berderak atau suara mencicit yang berarti mie terus dimasak. Aduk sekitar 2-3 menit dan pindahkan mie ke piring.
  7. Mie sudah matang. Sekarang kamu dapat menambahkan bumbu-bumbu dan saus sesuai dengan selera kamu.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba mie rendah kalori ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli mie shirataki dan bahan sayuran berkualitas lainnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Related Articles

Meski Bentuknya Serupa, Ternyata Ini 7 Jenis Kelengkeng yang Enak

Iklim tropis membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai buah eksotis. Tak heran, Indonesia dikenal sebagai surganya buah tropis. Salah...

Hindari Busuk, Ini 7 Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang

Sering salah membeli buah yang masih mentah atau justru sudah busuk? Memilih buah segar dan matang memang agak tricky, karena jika salah...

Perhatikan Kualitas Buah & Sayur Saat Cuaca Tidak Menentu

Cuaca sedang tidak menentu nih, akhirnya kualitas buah & sayur juga terpengaruhi. Saat ini, para petani sangat kesulitan menjual hasil...

Post Comment