Written by at February 10, 2021
Tips & Trik

11 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang banyak penggemarnya di Indonesia. Rasa alpukat yang manis dan tekstur lembutnya membuat alpukat banyak dikonsumsi secara utuh ataupun dipadukan dengan sajian lain sebagai topping hingga bahan tambahan. Tidak hanya rasanya saja yang lezat, alpukat ternyata memiliki kandungan manfaat yang cukup signifikan. Buah ini mengandung lemak berjenis lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk jantung dan melancarkan peredaran darah. Terdapat pula kandungan zeaxanthin yang merupakan antioksidan serta lutein yang mendukung fungsi penglihatan agar tetap baik. Belum lagi kandungan seratnya yang tinggi, menjagamu agar tetap kenyang dan bagus untuk pencernaan. Meskipun kandungan lemak alpukat tinggi, kamu tak perlu khawatir karena lemak ini justru dapat membantu membakar lemak jenuh di dalam tubuh. Berikut 11 cara mengolah alpukat agar tidak bosan mengonsumsi buah kaya manfaat ini secara rutin.

 

Ini cara mengolah alpukat yang enak dan mudah dibuat di rumah

cara mengolah alpukat yang enak
Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang banyak penggemarnya di Indonesia. (Foto: Pixabay)

1. Es Alpukat

Menghadapi cuaca siang hari yang terik, es alpukat yang manis dan segar tentu dapat menjadi opsi pelepas dahaga terbaik. Cara mengolah alpukat ini cukup mudah. Siapkan alpukat yang telah dipotong dadu, air kelapa, krimer kental manis dan selasih. Kamu juga bisa menambahkan potongan es untuk menambah kesegaran

Tuang air kelapa secukupnya ke dalam mangkuk atau mug, kemudian campur dengan krimer kental manis dan selasih. Aduk hingga bercampur rata, lalu tambahkan potongan alpukat dan es. Air kelapa akan membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah berkeringat, dan merupakan paduan yang pas untuk buah alpukat yang kaya manfaat.

 

2. Fried Avocado

Siapa bilang alpukat hanya cocok untuk topping es buah ataupun dijadikan minuman manis saja? Meskipun belum begitu populer, nyatanya resep alpukat goreng alias fried avocado ini wajib untuk dicoba. Cara mengolah alpukat ini pun cukup mudah, potong buah alpukat kemudian rendam dengan tepung bumbu. Balur alpukat yang telah dilapisi tepung dengan tepung roti, kemudian goreng dengan minyak panas. Agar lebih lezat, kamu bisa menambahkan mayonnaise ataupun salad udang.

 

3. Avocado Toast

Bagi kamu yang tengah mencari menu diet yang sehat namun tetap lezat alih-alih hambar, maka cobalah resep avocado toast ini. Siapkan roti gandum, panggang sebentar hingga kecoklatan. Tumbuk alpukat hingga menjadi mashed avocado, tambahkan sari jeruk nipis dan bubuk paprika untuk citarasa yang lebih gurih. Oleskan diatas roti gandum yang telah dipanggang sebelumnya. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti keju, ataupun buah-buahan segar.

 

Baca juga: Sejuta Nutrisi dan Manfaat Alpukat

 

4. Salad Alpukat

Gemar makan salad? Tambahkan potongan alpukat dalam sayuran atau buah salad untuk menambah rasa creamy nan gurih di lidah. Kandungan lemak tak jenuh pada alpukat akan membantu menyeimbangkan vitamin serta protein yang terkandung pada salad, membantu metabolisme tubuh agar lebih baik dan menjaga berat badan tetap berada di angka ideal.

 

5. Es Loli Alpukat

Tentu menjadi hal yang memusingkan bila buah hati menolak untuk mengonsumsi buah-buahan yang dibutuhkan untuk menyokong proses tumbuh kembangnya. Solusinya, olah buah menjadi makanan yang akan menarik perhatian dan disukai oleh anak. Salah satunya adalah es loli. Daripada menggunakan bahan buatan yang rentan membuat anak menjadi batuk ataupun mengganggu kesehatan, pilih saja bahan dasar alami seperti misalnya buah alpukat ini.

 

Cara mengolah alpukat ini pertama yaitu blender buah dengan sedikit air hingga teksturnya sedikit kental. Tuangkan ke cetakan es loli, kemudian bekukan di freezer. Sementara itu, lelehkan cokelat dan siapkan kacang mete, atau boleh juga topping lain yang disukai oleh anak seperti Oreo yang telah dihaluskan. Celupkan es loli ke dalam cokelat dan balur dengan topping. Sajikan segera sebelum es loli meleleh.

 

Ingin mencoba cara mengolah alpukat ini? Yuk, pesan alpukat dan buah segar lainnya di Sayurbox!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Brownies Alpukat

Perpaduan brownies coklat yang lezat dengan alpukat yang kaya manfaat adalah sesuatu yang menggiurkan. Untuk membuat brownies alpukat ini pun tak jauh berbeda dari cara membuat brownies pada umumnya. Bedanya, ketika menuang adonan brownies ke dalam loyang, tuangkan separuh terlebih dahulu, kemudian tambahkan alpukat yang telah dihaluskan hingga menjadi lapisan diatasnya, baru ditutup kembali dengan adonan brownies.

 

7. Avocado Mousse

Jika biasanya mousse dibuat dari bahan dasar cokelat, kali ini gunakan alpukat yang telah dihaluskan. Caranya, campurkan cokelat, krim, serta alpukat halus. Aduk hingga merata, kemudian letakkan dalam wadah dan simpan di lemari pendingin hingga mengeras. Teksturnya yang creamy dan lembut akan membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

8. Avocado Cheesecake

Bagaimana bila lembutnya cheesecake berpadu dengan legitnya alpukat? Kombinasi yang sempurna ini dapat menjadi salah satu opsi mengolah alpukat agar tak membosankan. Campur adonan cheesecake dengan potongan alpukat, aduk hingga halus dan rata. Sajikan dalam keadaan dingin bersama bahan pelengkap pilihanmu, seperti keju, cokelat, ataupun potongan buah.

 

9. Puding Alpukat

Selain es alpukat, puding alpukat dapat menjadi opsi lain cara mengolah alpukat yang menyegarkan. Kamu bisa memilih puding rasa apapun yang kamu suka. Potong alpukat dalam ukuran kecil berbentuk dadu, kemudian masukkan ke dalam adonan puding. Sajikan selagi dingin.

 

10. Avocado Dessert Box

Sajian dessert box tengah naik daun akhir-akhir ini. Rasanya yang manis membuat banyak orang menggemarinya. Kamu bisa mengkreasikan alpukat menjadi bahan dessert box yang lezat. Caranya, campur alpukat dengan susu dan whipped cream. Aduk hingga merata, sisihkan.

 

Siapkan cream cheese, cokelat leleh, cake, serta biscuit crumble. Dalam wadah khusus dessert box, letakkan cake, kemudian lapisi bagian atasnya secara berturut-turut dengan campuran alpukat, cokelat leleh, dan cream cheese. Terakhir, taburkan biscuit crumble diatasnya. Simpan di lemari pendingin, dan keluarkan bila ingin disajikan.

 

Baca juga: 8 Alasan Alpukat untuk Diet Sehat dan Seimbang bagi Tubuh

 

11. Avocado Smoothie

Untuk penyuka makanan sehat, smoothie alpukat tentu sudah tak asing lagi. Cara mengolah alpukat smoothie yang pertama yaitu campurkan alpukat dan kale, blender hingga halus. Tambahkan air bila kamu ingin teksturnya menjadi lebih cair. Blender hingga halus, kemudian tuang dalam mangkuk.

 

Selain 11 cara diatas, tentunya masih banyak lagi cara mengolah alpukat menjadi sajian yang lezat dan tak membosankan. Kamu bisa coba kreasi olahan alpukatmu sekarang juga tanpa perlu repot pergi ke pasar, cukup pesan melalui Sayurbox, dan alpukat pilihan dengan kualitas terbaik akan diantarkan tepat ke rumahmu. Mudah dan praktis, bukan?

Yuk, Belanja Sekarang!

Related Articles

Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang sering dipakai untuk menumis dan menggoreng. Minyak goreng yang dipakai sehari-hari...

Ternyata, Ini 18 Jenis Edible Flower yang Bisa Dimakan

Dari namanya saja, ‘edible flower’ alias bunga yang bisa dimakan. Bunga jenis ini nggak hanya berfungsi untuk hiasan tetapi pastinya...

9 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Benar agar Tidak Mudah Layu

Sayuran merupakan subutan dari bahan pangan asal tumbuhan, mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah...

Post Comment