Written by at December 29, 2020
Tips & Trik

Kenali 11 Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia

Iklim Indonesia yang tropis ternyata membawa banyak keuntungan. Salah satunya yaitu tumbuh suburnya beragam buah tropis. Dari beberapa nama buah yang cukup populer di Indonesia, mungkin mangga adalah salah satunya. Tapi, tahukah kamu ternyata mangga memiliki beragam jenis? Meskipun masing-masing jenis pohon mangga memiliki bentuk yang cenderung sama, namun buah yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan. Tak hanya bentuk fisik, masing-masing jenis juga memiliki warna dan tekstur buah yang berbeda. Meski begitu, mangga dengan rasa manislah yang kerap menjadi incaran. Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi mangga dengan rasa manis dan segar, berikut ini 11 jenis mangga yang rasanya manis dan populer di indonesia.

 

Ini jenis mangga yang populer di Indonesia

Ada banyak jenis mangga di Indonesia. Inilah 11 jenis mangga yang rasanya manis dan populer di indonesia.

 

jenis mangga
Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia. (Foto: Unsplash)

 

1. Mangga gedong gincu

Mangga Gedong Gincu (Sumber Foto: Wikipedia)

Jenis mangga yang satu ini bernama gedong gincu. Mangga yang berasal dari Cirebon ini memiliki warna kuning yang kemerahan. Jika melihat fisiknya, ukuran buah ini memang lebih kecil dari mangga pada umumnya. Bentuk mangga ini pun lebih sedikit lonjong.

 

Selain di Cirebon, mangga gedong gincu juga mudah ditemui di Indramayu. Meski berasal dari jenis yang sama, namun gedong gincu asal Indramayu memiliki rasa yang lebih manis. Sayangnya, ukuran gedong gincu asal Indramayu memiliki fisik yang lebih kecil, sehingga kurang begitu diminati.

 

2. Mangga arumanis

Mangga arumanis (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Salah satu jenis mangga yang sangat populer di Indonesia adalah mangga arumanis. Sesuai dengan namanya, jenis mangga yang satu ini memiliki aroma harum dan rasanya yang manis. Mangga yang juga dikenal dengan nama mangga gadung ini berasal dari Probolinggo dan menjadi buah kebanggan daerah tersebut.

 

Dari tampilan fisiknya, mangga arumanis memiliki kulit berwarna hijau dengan bentuk lonjong dengan ujung meruncing. Sedangkan tekstur dagingnya justru lebih lembut.

 

3. Mangga manalagi

Mangga manalagi (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Selain arumanis, jenis mangga yang cukup populer di Indonesia adalah mangga manalagi. Untuk soal rasa, mangga ini memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan antara mangga arumanis dan golek.

 

Meski ukurannya lebih kecil dibandingkan mangga golek, namun daging mangga manalagi justru lebih tebal, padat, dan berserat. Seperti halnya dengan mangga arumanis, manalagi juga merupakan salah satu mangga yang tahan lama pasca pemetikan dari pohon.

 

Baca juga: Apa Itu Mangga Alpukat, Beserta Mitos & Faktanya!

 

4. Mangga apel

Mangga apel (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Meski mangga ini mengusung nama apel, namun jenis mangga ini tidak berhubungan sama sekali dengan buah apel. Penamaan tersebut diberikan tidak lain hanya karena mangga ini memiliki bentuk membulat seperti halnya buah apel.

 

Mangga yang berasal dari Singapura ini memiliki dua jenis, yaitu mangga apel merah dan hijau. Perbedaan keduanya tidak hanya pada warnanya saja, tapi juga rasanya. Untuk mangga apel hijau, rasa yang dimilikinya cenderung asam dan lebih cocok dijadikan untuk rujak. Sedangkan jenis yang berwarna merah memiliki aroma harum, tekstur lebih halus, serta rasa lebih manis.

 

5. Mangga alpukat

Mangga Alpukat (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Penamaan mangga alpukat diberikan bukan karena bentuknya yang mirip dengan buah alpukat, namun karena cara memakan mangga ini mirip seperti memakan buah alpukat.

 

Untuk menikmati mangga ini, kamu harus memotong bagian tengahnya terlebih dahulu seperti halnya memotong buah alpukat. Mangga jenis ini merupakan buah hasil perkawinan antara mangga gadung dan mangga madu. Tak hanya itu, buah ini juga menjadi salah satu satu buah khas daerah Pasuruan.

 

Ingin mencoba berbagai jenis mangga? Kamu bisa membeli berbagai jenis mangga yang segar dengan harga terjangkau di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

okra merah

 

6. Mangga golek

Mangga Golek
Mangga Golek (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Di kalangan pecinta mangga, nama mangga golek pastinya sudah tidak asing lagi. Dengan bentuk yang agak lonjong, mangga golek mampu menyuguhkan rasa manis dan tekstur yang tidak berserat.

 

Mangga golek merupakan salah satu mangga lokal varietas unggulan. Beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil mangga golek antara lain Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan.

 

7. Mangga malibu

Mangga Malibu (Sumber Foto: Unsplash)

Sejatinya, mangga jenis ini merupakan salah satu mangga impor dari Australia, tepatnya di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Meski begitu, keberadaannya di Indonesia cukup populer. Salah satu keunikan mangga ini tidak lain karena rasanya mirip seperti buah kelapa.

 

Mangga ini merupakan hasil kawin silang antara jenis mangga irwin dan kensington pride. Tak heran, fisik mangga malibu terlihat lebih besar dan berwarna lebih merah dibanding jenis mangga kebanyakan.

 

Baca juga: Begini 8 Cara Mengupas Mangga yang Paling Mudah

 

8. Mangga madu

Mangga Madu (Sumber Foto: Unsplash)

Meski tampilan fisiknya mirip seperti mangga gadung, namun mangga madu memiliki kulit kuning yang lebih cerah saat matang. Seperti namanya, mangga ini memiliki rasa yang manis seperti madu, meskipun warna buahnya masih putih. Jika melihatnya sekilas, ukurannya pun tak jauh berbeda dengan mangga manalagi.

 

Tak hanya di Indonesia, mangga madu juga cukup populer dan dikembang biakan hampir di beberapa penjuru negara, seperti seperti India, Thailand, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan.

 

9. Mangga nam dok mai

Mangga Nam Dok Mai (Sumber Foto: Wikipedia)

Mangga yang berasal dari negara gajah putih, Thailand, ini memiliki beberapa keunikan. Selain ukuran panjangnya yang bisa mencapai 17 cm, kelebihan lain dari mangga ini yaitu daging buahnya yang tebal, serat halus, mengandung lebih sedikit air, tekstur yang lebih lunak, dan rasanya yang manis.

 

10. Mangga kweni / pakel

Mangga Kweni (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Di beberapa daerah, mangga ini memiliki beberapa nama lain seperti kabeni, pekel, lekup, macang, bembem, dan lainnya. Untuk warna buahnya sendiri, mangga ini memiliki daging buah berwarna orange dengan rasa yang manis. Sayangnya, tekstur seratnya yang agak kasar cukup mengganggu saat dikonsumsi.

 

Baca juga: Enak dan Praktis, Ini 5 Cara Membuat Manisan Mangga di Rumah

 

11. Mangga Indramayu / cengkir

Mangga indramayu (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Sesuai dengan namanya, mangga ini berasal dari Indramayu. Mangga ini juga memiliki nama lain, yaitu mangga cengkir. Jenis mangga ini dikenal karena teksturnya yang manis, empuk, dan lembut. Secara fisik, mangga ini memiliki warna hijau kekuningan saat matang, sedangkan dagingnya berwarna kuning agak orange.

 

Itulah 11 jenis mangga yang rasanya manis dan populer di Indonesia. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana saja? Kira-kira, jenis mangga apa yang menjadi favorit kamu? Kalau kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari jenis mangga tersebut, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

okra merah

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Meski Bentuknya Serupa, Ternyata Ini 7 Jenis Kelengkeng yang Enak

Iklim tropis membuat Indonesia banyak ditumbuhi berbagai buah eksotis. Tak heran, Indonesia dikenal sebagai surganya buah tropis. Salah...

Hindari Busuk, Ini 7 Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang

Sering salah membeli buah yang masih mentah atau justru sudah busuk? Memilih buah segar dan matang memang agak tricky, karena jika salah...

Perhatikan Kualitas Buah & Sayur Saat Cuaca Tidak Menentu

Cuaca sedang tidak menentu nih, akhirnya kualitas buah & sayur juga terpengaruhi. Saat ini, para petani sangat kesulitan menjual hasil...

Post Comment