Written by at November 17, 2020
Tips & Trik

12 Jenis Produk Gluten Free yang Bisa Kamu Konsumsi

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum, gandum hitam, dan jelay. Gluten membantu makanan mempertahankan bentuknya dengan memberikan elastisitas dan kelembaban. Ini juga memungkinkan roti mengembang dan memberikan tekstur kenyal. Meskipun gluten aman bagi kebanyakan orang, bagi mereka yang memiliki kondisi seperti penyakit celiac atau sensitivitas gluten harus menghindarinya  dan mengonsumsi produk gluten free untuk mencegah efek yang merugikan kesehatan.

 

Banyak makanan dibuat dengan bahan-bahan yang mengandung gluten, jadi penting bagi mereka yang tidak dapat mengkonsumsinya memeriksa label bahan dengan cermat agar melihat apakah produk tersebut gluten free atau tidak mengandung protein gluten. Yuk, cari tahu 12 produk gluten free yang bisa kamu konsumsi di bawah ini.

 

Kenali jenis produk gluten free untuk kamu konsumsi

Produk Gluten Free
Produk Gluten Free yang Bisa Kamu Konsumsi. (Foto: Pixabay)

Pengertian Gluten Free

Gluten adalah jenis protein yang terkandung dalam gandum hasil persilangan seperti gandum, gandum hitam, dan jelai. Sedangkan produk yang bertuliskan gluten free berarti, makanan tersebut tidak mengandung protein gluten. Produk gluten free ini sebenarnya hanya ditujukan bagi mereka yang memiliki penyak celiac atau intolerasi gluten. Jika kamu tidak mengidap penyakit tersebut, tetapi ingin mengonsumsi produk gluten free itu tidak akan memberikan manfaat tambahan lebih jika dibandingkan dengan produk mengandung gluten.

 

Efek Samping Gluten

Penyakit celiac merupakan suatu penyakit autoimun. Sistem kekebalan tubuh penderita celiac menganggap gluten sebagai ancaman bagi tubuh.  Ketika penderita mengonsumsi gluten, lapisan dinding usus kecil akan diserang sehingga tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Efek samping yang muncul pada penderita penyakit ini anatara lain seperti perut kembung, diare, berat badan menurun, pertumbuhan terlambat bagi anak-anak, dan sering merasa kelelahan.

 

Ini produk gluten free yang bisa kamu konsumsi

 

1. Yogurt

Yougurt merupakan produk olahan susu, memiliki kandungan bakteri baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan meringankan nyeri perut. Bakteri baik tersebut dapat membantu memecah makanan sehingga tubuh lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan.

 

2. Jagung

Jenis jagung yang kamu makan langsung dari tongkolnya, selalu bebas gluten. Jagung dalam kebanyakan bentuk lain biasanya bebas gluten juga, tetapi tidak selalu. Kamu harus membaca label untuk memeriksa bahan-bahannya, jangan sampai saat proses pengolahan dipabrik terdapat bahan gluten.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

3. Beras

Beras, termasuk jenis beras merah, beras putih dan beras liar, bahkan beras ketan pun bebas gluten, terlepas dari namanya. Dalam hal ini, istilah “ketan” mengacu pada sifat lengket beras. Namun, ini bukan karena protein gluten yang ditemukan dalam gandum. Beras adalah salah satu biji-bijian bebas gluten yang paling populer untuk penderita penyakit celiac. Banyak barang kemasan bebas gluten dibuat dengan beras, bukan gandum.

 

Ada beberapa contoh di mana beras mungkin tidak bebas gluten, beras dapat dibuat atau dijual dengan berbagai rempah dan saus yang bisa mengandung gluten. Selalu periksa label bahan untuk memastikan bahwa apa yang kamu makan benar-benar bebas gluten.

 

4. Quinoa

Quinoa adalah produk bebas gluten dan merupakan alternatif yang bagus untuk biji-bijian yang mengandung gluten. Ini adalah biji-bijian padat nutrisi yang memberikan jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada biji-bijian lain yang dimakan dalam diet bebas gluten. Ini juga salah satu dari sedikit makanan nabati yang dianggap sebagai protein lengkap. Itu artinya mengandung sembilan asam amino yang perlu dianggap sebagai protein.

 

Quinoa mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi pilihan makanan yang sangat baik. Quinoa memiliki, zat besi, vitamin B, vitamin Emagnesium, kalium, kalsium, dan serat.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

5. Kentang

Kentang merupaka produk gluten free. Walaupun kentang dalam bentuk alami tidak mengandung gluten, penting untuk mengetahui di mana kontak silang dapat terjadi, atau di mana bahan tambahan dapat membuat kentang tidak lagi aman bagi penderita penyakit celiac. Misalnya di sebuah restoran, kentang bisa direbus dalam air yang pernah merebus sesuatu dengan gluten, seperti pasta. Ini akan menyebabkan kontak silang dan cukup untuk membuat seseorang dengan penyakit celiac mengalami reaksi.

 

Saus yang mengandung gluten juga bisa membuat kentang tidak lagi bebas gluten. Saat makan kentang kemasan atau memesan kentang, selalu pastikan untuk memeriksa atau meminta bahan-bahan yang termasuk dalam saus atau topping.

 

Tepung kentang adalah alternatif bebas gluten yang umum untuk tepung yang mengandung gluten. Tepung ini dibuat dengan menggiling kentang dan menghilangkan bahan berserat. Biasa tepung kentang paling sering digunakan untuk mengentalkan saus dan umumnya termasuk dalam campuran tepung bebas gluten karena menambah kelembaban pada makanan yang dipanggang.

 

Ingin mencoba produk gluten free? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli produk gluten free dan bahan-bahan makanan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

6. Daging

Daging secara alami bebas gluten. Potongan daging segar, termasuk daging sapi, unggas (ayam, kalkun, dll), kelinci, domba, dan daging ikan atau seafood, semuanya bebas gluten. Namun, hati-hati dengan daging yang dibumbui dengan saus dan kaldu, dan pastikan untuk membaca label dan memeriksa bahan-bahan lainnya. Saus kedelai dan teriyaki biasanya mengandung gluten, jadi daging yang direndam dalam saus ini biasanya tidak aman bagi mereka yang memiliki penyakit celiac atau kondisi intoleran gluten.

 

7. Kacang

Kacang murni seperti kacang hitam atau kacang pinto secara alami bebas gluten. Mereka juga merupakan sumber serat, protein dan vitamin yang baik untuk mereka yang diet bebas gluten. Kacang hitam memiliki kadar flavonoid tinggi, yang memiliki kemampuan antioksidan, terutama antosianin, dan mengandung beberapa asam lemak omega 3. Selain itu, kacang hitam adalah sumber asam folat dalam makanan. Sedangkan kacang pinto kaya akan serat yang tidak larut. Ini membantu dalam mencegah sembelit.

 

Selai kacang adalah produk gluten free. Banyak merek selai kacang yang dibeli di toko juga bebas gluten. Tetapi di luar bahan dasarnya yaitu kacang, tambahan bahan seperti minyak, pemanis dan garam, jarang, bahan-bahan tambahan ini bisa mengandung gluten, tetapi jadi selalu perhatikan label yang bebas gluten. Di sebagian besar toko bahan makanan ada banyak jenis selai kacang yang aman dan bebas gluten.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

8. Susu

Semua jenis susu sapi biasanhya bebas gluten. Namun, beberapa produk susu tidak bebas gluten. Setelah perasa atau bahan lainnya ditambahkan ke susu, mungkin tidak lagi bebas gluten, jadi penting untuk membaca label untuk melihat apakah produk tersebut mengandung gluten atau tidak. Selain itu, hindari minuman susu malt karena tidak bebas gluten. Kata “malt” pada label makanan biasanya menunjukkan mereka dibuat dengan gandum dan karenanya mengandung gluten.

 

9. Oat

Secara teknis oat murni, tidak gluten free. The U. S. Food and Drug Administration (Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat) menganggapnya biji-bijian bebas gluten di bawah peraturan pelabelan bebas gluten dan hanya mengharuskan produk yang dikemas dengan oat sebagai bahan mengandung kurang dari 20 bagian per juta gluten secara keseluruhan.

 

Namun, seperti biji-bijian lainnya, kamua harus selalu berhati-hati dalam hal jenis gandum. Meskipun oat secara alami bebas gluten, sebagian kecil orang dengan penyakit celiac masih bereaksi terhadap mereka. Oat tanpa label bebas gluten tidak dianggap aman bagi mereka yang memiliki penyakit celiac.

 

10. Minyak Goreng

Sebagian besar minyak goreng secara alami bebas gluten. Contoh minyak bebas gluten termasuk minyak kanola, minyak bunga matahari, minyak zaitun, dan minyak sayur. Namun, minyak apa pun berpotensi bersentuhan dengan gluten selama proses pembuatan, oleh karena itu selalu baca label produk.

 

11. Cuka

Cuka murni adalah produk bebas gluten. Produk beraroma dan dibumbui dapat mengandung gluten, paling khas dalam bentuk malt, jadi kamu perlu membaca daftar bahan dengan cermat. Jika protein gandum terkandung dalam cuka, label akan mengatakan demikian. Satu kata “cuka” pada label makanan menyiratkan cuka atau cuka apel dan bebas gluten. Cuka malt tidak bebas gluten, karena malt berasal dari gandum, yang mengandung gluten.

 

12. Buah berries

Pada dasarnya semua buah dan sayuran segar secara alami bebas gluten. Namun, beberapa buah dan sayuran olahan yang mungkin mengandung gluten, biasanya gluten ditambahkan untuk penyedap rasa atau sebagai pengental. Beberapa jenis buah yang bisa kamu konsumsi dan bebas gluten adalah buah dari keluarga berries, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lain-lain.

 

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba produk gluten free? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli produk gluten free dan bahan-bahan makanan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

Related Articles

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Olive Oil untuk Memasak

Olive oil untuk memasak adalah alternatif minyak yang sehat. Tidak hanya sarat dengan asam lemak bermanfaat dan antioksidan kuat tetapi...

Makin Praktis, Ini 5 Cara Pakai Tombol “Beli Lagi” untuk Belanja di Sayurbox

Ada banyak jenis sayur dan buah yang bisa kamu beli di Sayurbox. Selain itu, kini Sayurbox juga menghadirkan berbagai kebutuhan pokok atau...

Ingin Turunkan Berat Badan? Ini 10 Panduan Diet DEBM untuk Pemula

Diet DEBM adalah kepanjangan dari “Diet Enak Bahagia Menyenangkan”. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert,...

Post Comment