Written by at January 22, 2020
Tips & Trik

Selain untuk Memasak, Ini 11 Kegunaan Tepung Maizena yang Bisa Kamu Coba

Tepung maizena terbuat dari bahan dasar sari pati jagung. Jagung digiling hingga menjadi tepung lalu sari patinya diambil. Sari pati jagung kemudian diproses dengan cara direndam dan difermentasi. Sari pati itulah yang menjadi tepung maizena. Tepung maizena dikenal karena tepung ini bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan penyakit penyimpanan glikogen. Dalam dunia kuliner, tepung jagung digunakan sebagai zat pengikat. Namun, apakah kamu tahu bahwa tepung maizena memiliki lebih banyak kegunaan selain untuk memasak? Yuk, cari tahu ini 11 kegunaan tepung maizena yang bisa kamu coba.

 

Selain untuk memasak, ini kegunaan tepung maizena yang bisa kamu coba

 

kegunaan tepung maizena
Kegunaan tepung maizena selain untuk memasak. (Foto: Pixabay)

1. Membuka setumpukan kartu baru

Kartu baru biasanya sangat licin dan menjadi cukup sulit saat mengocok kartu. Untuk itu, kamu bisa menggunakan tepung maizena. Taburkan sedikit tepung maizena melalui sela kartu baru untuk menghentikan kartu yang licin dan menempel. Maizena juga berguna juga untuk mengatasi kekakuan yang menumpuk di kartu.

 

2. Membersihkan debu di area tubuh yang berkeringat

Kamu dapat menggunakan tepung maizena untuk membersihkan debu di sekitar area yang berkeringat seperti kaki bagian atas. Tepung maizena juga berguan sebelum kamu mengenakan celana kulit, sehingga kamu dengan mudah melepasnya nanti.

 

3. Mengurangi suara mencicit di lantai kayu

Tepung maizena berguna untuk pengurangan suara mencicit pada lantai kayu. Kamu cukup menaburkan tepung jagung di atas area melengking dan biarkan tepung masuk ke celah. Suara cicitan dari lantai kayu akan berkurang karena tekstur tepung maizena yang kesat.

 

Baca juga: Kenali 5 Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Kesehatan

 

4. Membersihkan bulu hewan peliharaan

Tepung aizena pada dasarnya berfungsi sebagai dry-shampoo hewan peliharaan. Bersihkan debu dan kotoran pada bulu hewan peliharaan kamu dengan tepung maizena, cukup bubuhkan trpung maizena pada bulu hewan peliharaanmu, sikat, dan sisir. Tepung maizena akan menghilangkan semua kotoran dari bulu hewan peliharaan.

 

5. Membantu membersihkan jendela

Kamu dapat membuat jendela kamu bersih dari kotoran dan debu yang menempel, menggunakan tepung maizena. Campurkan 2 sdm tepung maizena,, ½ gelas amonia, dan ½ gelas cuka putih ke seember air hangat. Oleskan campuran bahan tersebut ke jendela dengan kain atau lap bersih, ataupun dengan menggunakan koran bekas.

 

Ingin mencoba kegunaan tepung maizena ini? Yuk, beli tepung berkualitas di Sayurbox!

6. Sebagai susu mandi alami

Kamu dapat membuat milk bath sendiri dengan mengkombinasikan susu, tepung jagung dan soda bi-karbohidrat dengan beberapa minyak esensial adalah cara yang bagus untuk memerangi kulit kering yang bersisik dan melembabkan kulitmu.

 

Campurkan 2 cangkir susu bubuk, ½ cangkir tepung maizena, ½ cangkir soda bi-karbohidrat ke dalam botol. Campur rata, setelah itu tambahkan 10 tetes minyak esensial seperti lavender atau mint. Diamkan campuran milk bath selama 24 jam sebelum digunakan. Tambahkan 1-2 cangkir campuran milk bath ke dalam air hangat dan siap digunakan.

 

Baca juga: Mengenal Bawang Dayak & Manfaatnya

 

7. Menenangkan kulit iritasi

Untuk kamu yang sering terpapar sengatan sinar matahari dan sering mendapat gigitan nyamuk biasanya mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Tepung maizena dapat menenangkan kulitmu yang iritasi. Cukup, oleskan pasta yang terbuat dari 3 sendok makan tepung jagung dengan air dingin.

 

8. Bermanfaat sebagai deodoran

Tekstur tepung maizena sangat bermanfaat untuk menjaga bau tubuh yang tidak sedap, dengan menyerap kelembapan pada tubuh.

 

Lelehkan 2-3 sendok makan minyak kelapa menjadi cair, campur 1/8 cangkir tepung maizena dan 1/8 cangkir baking soda. Tambahkan bahan kering ke minyak kelapa agar membentuk adonan seperti pasta. Adonan deodorant dapat kamu simpan dalam botol dan digunakan seperti lotion sebagai pengganti deodorant.

 

9. Melepaskan simpul ikatan

Dengan menaburkan tepung maizena ke tali yang diikat, akan membantu simpul itu terlepas dengan mudah. Dan tidak ada lagi kuku kamu yang terkelupas saat membuka simpul ikatan.

 

Baca juga: Resep Masakan Digoreng Yang Sehat, Mudah & Enak

 

10. Bahan membuat blush on dan bronzer

Bagi kamu yang memiliki kulit yang sensitif terhadap make up, sekarang kamu dapat membuat blush on dan bronzer sendiri dari tepung maizena. Untuk blush on, campurkan 1/4 cangkir tepung maizena dengan 1 sampai 3 sendok teh bubuk kembang sepatu atau hibiscus powder tergantung pada warna merah muda yang kamu inginkan.

 

Kemudian, untuk membuat blush on sedikit lebih cokelat, tambahkan 1/4 sdt bubuk kayu manis. Untuk bronzer, kamu dapat gunakan lebih banyak kayu manis dibanding bubuk kembang sepatu.

 

11. Bahan membuat bedak translucent

Bedak translucent adalah bedak tabur yang hasilnya tak mengubah warna kulit kamu. Kamu dapat membuat bedak translucent sendiri menggunakan kombinasi, 2 sendok teh tepung jagung, 1 sendok teh bedak bayi, dan 1/8 sendok teh bedak dasar untuk warna.

 

Jadi, kegunaan tepung maizena mana yang ingin kamu coba? Yuk, beli tepung berkualitas di Sayurbox!

 

Related Articles

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Beras Hitam dan Ketan Hitam

Bagi kamu yang sering menyantap bubur kacang hijau, pasti juga sudah akrab dengan bubur ketan hitam. Bubur pelengkap kacang hijau ini...

Ini 5 Cara Memasak Beras Hitam agar Pulen dan Lembut

Saat ini, beras hitam sudah cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain bagus untuk diet, beras...

Ingin Wajah Cerah? Ini 5 Cara Membuat Masker Beras yang Bisa Kamu Coba

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang cerah dan halus. Tentunya kamu juga menginginkannya, bukan? Untuk bisa mendapatkannya,...

Post Comment