Written by at April 30, 2020
Tips & Trik

Cobain Yuk, Ini 11 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara

Selama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tentunya umat Islam dari berbagai penjuru dunia akan bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Di Indonesia, hari raya ini juga dikenal dengan nama Lebaran. Salah satu hal yang ditunggu dari hari raya ini adalah makanan khasnya yang sudah menjadi tradisi turun menurun. Di Indonesia, makanan khas yang sudah pasti ada di setiap perayaan Lebaran adalah ketupat. Seolah tidak mengenal suku dan budaya, kehadiran ketupat di hari Lebaran pasti selalu disajikan hampir di semua pelosok Indonesia. Ketupat merupakan nasi yang dimasak dalam anyaman daun kelapa muda berbentuk persegi empat. Umumnya, ketupat disajikan dengan guyuran opor ayam, gulai nangka, semur, ataupun rendang daging. Nah, kalau di Indonesia ada ketupat, kira-kira apa saja, ya, makanan khas Lebaran di negara lain? Daripada penasaran, berikut ini adalah 11 makanan khas Lebaran dari berbagai negara.

 

Ini makanan khas Lebaran dari berbagai negara

makanan khas lebaran dari berbagai negara
Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara yang Wajib Dicoba. (Foto: Pixabay)

1. Gulha dan Kulhi Boakibaa – Maladewa

Jika di Indonesia menu khas Lebaran lebih banyak didominasi oleh olahan daging sapi dan ayam, lain halnya dengan Maladewa. Negara di Asia Selatan ini justru menggunakan olahan yang berasal dari ikan, seperti gulha dan kulhi boakibaa. Gulha sendiri adalah bola-bola yang terbuat dari ikan, sedangkan kulhi boakibaa adalah nasi yang dibuat dengan cara dicampur menggunakan daging tuna segar.

 

2. Ceebu Jen – Afrika Barat

Untuk beberapa kawasan di Afrika Barat, seperti Senegal, keberadaan ceebu jen sudah menjadi makanan tradisional wajib di kala merayakan hari raya Lebaran nanti. Ceebu jen merupakan masakan olahan yang dibuat dari nasi yang dicampur dengan ikan dan sayur khas Afrika Barat.

 

3. Sup Mie La Mian – Tiongkok

Berbeda dengan makan khas di negara-negara sebelumnya, umat muslim di Tiongkok justru memiliki menu makanan khas Lebaran berupa olahan mie. Di sana, mie sudah menjadi salah satu makanan pokok selain nasi. Sama seperti mie tradisional kebanyakan di negara tersebut, mie la mian juga berbahan dasar adonan tepung terigu yang dibuat dengan cara ditarik-tarik menggunakan tangan hingga panjang. Kemudian, disajikan dengan potongan daging dan sayuran.

 

4. Biryani – Asia Selatan

Sebelum menjadi makanan khas di negara di Asia Selatan, biryani mulanya berasal dari kawasan perisa yang kemudian masuk ke kawasan India dan kawasan Asia Selatan lainnya. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas yang kerap disajikan saat hari Lebaran. Biryani merupakan nasi yang dimasak dengan daging atau sayuran beserta rempah-rempah tradisional.

 

Baca juga: Selain Gorengan, Ini 10 Menu Takjil Hemat yang Bisa Kamu Coba

 

5. Baklava – Turki

Nah, untuk masyarakat muslim di Turki, camilan seperti baklava sudah menjadi persyaratan perayaan Idul Fitri di sana. Baklava merupakan kue yang memiliki tekstur berlapis-lapis dengan berbagai isian seperti potongan kacang dengan guyuran sirup dan madu di atasnya.

 

Makanan khas lebaran dari berbagai negara mana yang pernah kamu coba? Jika ingin membeli bahan-bahan untuk membuat makanan saat menjelang Lebaran nanti, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang juga!

 

6. Kebab – Timur Tengah

Kepopuleran kebab di Indonesia membuat makanan khas Timur Tengah ini kian mudah ditemui. Tapi, tahukah kamu? Di sana, kebab merupakan salah satu makanan khas yang juga disajikan saat hari raya Lebaran tiba. Umumnya, kebab diolah dengan beberapa cara. Ada yang menyajikannya seperti burger, namun ada pula yang menyajikannya seperti sate.

 

7. Kahk – Mesir

Keberadaan kue kahk di daratan mesir sudah ada sejak 1540 sebelum masehi. Kahk merupakan kue tradisional yang berbentuk bulat dengan isian kacang dan taburan tepung gula berkalori rendah. Walaupun kahk masuk ke dalam jenis kue atau camilan, namun kue ini cukup mengenyangkan, lho. Tentu saja karena kue ini mengandung cukup protein dan karbohidrat yang berasal dari isian kacang dan taburan gula berkalori rendah.

 

Baca juga: Cari Tahu 4 Perbedaan Timun Suri dengan Blewah yang Sering Dijadikan Takjil Buka Puasa

 

8. Sheer Kurma – Pakistan

Bagi umat muslim di penjuru dunia, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa sudah menjadi sunah tersendiri. Di Pakistan, ada salah satu makanan khas Lebaran yang terbuat dari kurma yang bernama sheer kurma. Sheer kurma merupakan olahan makanan berupa puding yang terbuat dari campuran kurma, susu dan vermicelli.

 

9. Klecha – Irak

Kalau kamu berkunjung ke Irak, kamu juga akan menjumpai makanan olahan kurma lainnya bernama Klecha. Klecha sendiri merupakan kue bolen atau pia yang menggunakan kurma dan kacang sebagai isiannya. Satu hal yang unik, kue ini beraroma aroma bunga mawar, lho!

 

10. Bolani – Afghanistan

Lain lagi dengan Afghanistan. Di negara ini, kamu akan menemukan bolani. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Afghanistan yang juga disajikan saat Lebaran. Bolani merupakan roti dengan kulit tipis yang diisi dengan sayuran, makanan seperti kentang, lentil, ataupun labu. Makanan ini juga dapat disajikan dengan tambahan yogurt.

 

Baca juga: Cobain Yuk, 9 Resep Es Timun Suri yang Menyegarkan untuk Berbuka Puasa

 

11. Meloui dan Chicken Bastilla – Maroko

Maroko juga memiliki makanan lezat khas lebaran, lho. Makanan tersebut yaitu, meloui dan chicken bastilla. Meloui merupakan camilan yang terbuat dari terigu, garam, gula, dan ragi, sedangkan chicken bastilla adalah kue yang berbahan dasar ayam.

 

Itulah beberapa makanan khas Lebaran dari berbagai negara. Makanan mana yang pernah kamu coba? Kira-kira, kamu tertarik ingin mencicipi yang mana? Kalau kamu mau membeli bahan-bahan untuk membuat makanan saat menjelang Lebaran nanti, kamu bisa membelinya di Sayurbox, lho. Sayurbox menjual berbagai kebutuhan memasak kamu. Yuk, cek produknya sekarang juga!

Related Articles

Jangan Salah Pilih, Begini 5 Cara Memilih Ikan Tuna yang Segar

Ikan tuna adalah salah satu sumber Omega 3 yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, rasa ikan tuna yang khas dan gurih juga membuat banyak...

Cari Tahu 5 Perbedaan Bawang Bombay Merah dan Putih

Bawang bombay, merupakan salah satu jenis yang kerap digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai olahan masakan. Mulai dari kaldu,...

Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak dan segar. Selain itu, buah yang...

Post Comment