Written by at November 16, 2022
Tips dan Rekomendasi

11 Makanan Korea Paling Populer, Sering Muncul di Drakor!

makanan korea

Selain populer dengan idol K-pop dan serial dramanya, Korea juga jadi salah satu negara yang sangat terkenal karena kelezatan kulinernya. Banyak banget pilihan makanan Korea yang jadi favorit para turis dan dikenal sampai ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Nah, ini dia 11 makanan khas Korea yang dianggap paling populer dan sering muncul di drama-drama.

1. Kimchi

Kimchi

Siapa sih yang gak kenal kimchi? Makanan khas Korea satu ini sudah pasti dikenal di berbagai belahan dunia, terutama bagi penggemar K-pop. Makanan ini juga pasti akan selalu ada di restoran Korea. Biasanya kimchi akan dijadikan side dish atau pendamping untuk beragam jenis makanan lainnya.

Kimchi itu sendiri terbuat dari sayuran yang difermentasi. Biasanya bahan utama kimchi adalah sawi putih lalu difermentasi dengan bumbu khas Korea yang disebut gochujang. Warga asli Korea biasa mengonsumsi kimchi bersama nasi hangat atau bisa juga sebagai pendamping mi instan.

2. Chapssal

Chapssal

Lanjut ke makanan berikutnya yang diberi nama chapssal. Ini adalah sejenis roti yang punya cita rasa manis dan mirip sekali dengan rasa donat. Kalau dilihat dari luar, tampilan Chapssal ini memang mirip donat hanya saja gak ada lubang di bagian tengahnya. Roti ini dibentuk bulat seperti bola dan di dalamnya diberi isian kacang merah.

Beda dari donat, Chapssal dibuat dari bahan utama beras. Bagian luarnya memiliki tekstur yang krispi dan bagian dalamnya cenderung lembut. Rasanya yang manis membuat chapssal ini digemari oleh anak-anak. Banyak banget penjual street food di Korea yang menyajikan chapssal dalam kondisi hangat.

3. Tteokbokki

Tteokbokki

Pasti pernah dong dengar tentang tteokbokki? Makanan satu ini juga populer banget di Korea dan sering muncul di drama-drama. Biasanya tteokbokki ini dijadikan sebagai pilihan camilan pedas yang bikin mood langsung naik. Tteokbokki itu sendiri terbuat dari kue beras yang disajikan dengan bumbu pedas gochujang.

Tteokbokki punya perpaduan rasa manis dan pedas tapi bikin ketagihan. Teksturnya kenyal dan paling nikmati kalau disantap selagi hangat. Selain itu, tteokbokki ini juga biasa disajikan bersama irisan daun bawang, telur rebus, dumpling, dan lain-lain sesuai selera.

4. Oden

oden

Makanan Korea berikutnya yang juga gak kalah populer adalah oden. Oden ini adalah makanan khas Korea yang konsepnya mirip seperti pempek. Bahan dasarnya adalah ikan yang kemudian diolah bersama tepung. Adonan ikan dan tepung ini kemudian digoreng lalu disajikan dalam bentuk tipis memanjang pakai tusuk sate.

Oden akan disajikan bersama kaldu sup yang hangat. Cocok sekali jadi pilihan makanan saat cuaca sedang dingin. Biasanya oden di Korea Selatan Laris manis saat musim dingin tiba. Para penjual pinggir jalan akan menyajikan oden ini secara langsung jadi benar-benar masih hangat.
5. Japchae

Berikutnya ada japchae, menu tumisan yang biasanya jadi pendamping nasi favorit warga Korea. Japchae ini terbuat dari mi bihun khas Korea. Bihun akan ditumis bersama sayuran dan daging. Biasanya daging yang digunakan adalah daging sapi. Sementara itu sayur yang dipakai sangat beragam bisa sawi dan wortel.

Semua bahan japchae ini akan ditumis menggunakan minyak wijen. Bumbu-bumbu yang digunakan juga khas Korea sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. Warga lokal terbiasa menyajikan makanan ini saat ada acara-acara besar atau kumpul keluarga. Gak heran karena makanan ini sudah ada sejak lama bahkan sejak Dinasti Joseon di abad ke-17.

5. Hotteok

Hotteok

Turis yang jalan-jalan ke Korea juga pasti akan memburu hotteok. Makanan yang satu ini menyerupai pancake dan terbuat dari adonan roti. Rasanya manis apalagi ditambah varian isian seperti sirup gula merah dan madu. Tapi ada juga lho hotteok asin yang isinya sayuran, bihun khas Korea, dan kimchi. Makanan ini gampang banget ditemukan di pinggir-pinggir jalan di Korea Selatan.

Baca juga: 11 Manfaat Oatmeal bagi Tubuh, Jaga Jantung dan Bisa untuk Diet

6. Jjampong

Jjampong

Pencinta seafood dan penikmat makanan pedas wajib mencoba jjampong. Menu makanan Korea satu ini terbuat dari campuran mi, aneka jenis seafood, dan sayuran. Biasanya seafood yang digunakan adalah cumi-cumi, gurita, udang, dan kerang hijau. Perpaduan semua bahan tersebut memberikan cita rasa yang lezat ditambah bumbu khas Korea yang menggugah selera.

Jjampong ini biasanya disajikan dengan cita rasa pedas. Terlihat dari warna kuahnya yang merah. Namun ada juga yang jualan jjampong dengan rasa gak pedas. Jadi bisa disesuaikan aja sama selera masing-masing.

7. Ramyeon

Ramyeon

Siapa setuju kalau ramyeon ini jadi salah satu makanan khas Korea yang sering muncul di drama atau film? Hampir di semua drama atau film Korea pasti ada adegan makan ramyeon. Makanan satu ini memang sangat familiar di sana dan sudah menjamur juga di kalangan masyarakat luar Korea.

Ramyeon merupakan mi instan khas Korea. Varian rasanya sangat bervariasi dan produknya juga gampang banget ditemui di minimarket. Biasanya warga Korea makan ramyeon dengan beragam lauk pendamping. Bisa pakai kimchi atau lauk-lauk pelengkap lainnya.

8. Bibimbab

Bibimbab

Lanjut ke menu berikutnya yaitu bibimbab. Makanan Korea yang satu ini juga sering muncul di drama-drama. Bibimbab itu sendiri merupakan nasi campur ala Korea. Dalam satu mangkuk ada banyak jenis bahan yang dicampurkan. Mulai dari nasi, aneka jenis sayuran, potongan daging bisa daging sapi atau babi, kimchi, dan masih banyak lagi.

Semua bahan dalam bibimbab akan diaduk rata lalu dicampur dengan saus sesuai selera. Ada juga yang menumis bibimbab dengan minyak wijen supaya rasanya tambah kuat dan enak. Menu makanan ini dijual di banyak tempat dan biasanya dijelaskan dulu kok daging apa yang digunakan sebagai campuran.

9. Kimbab

Kimbab

Pencinta sushi wajib nyobain sushi ala Korea ini. Sekilas memang bentuknya mirip sushi ala Jepang tapi bahan-bahan yang dipakai berbeda. Kalau di Korea kimbab ini menggunakan bahan-bahan yang beragam, gak cuma terbatas pada ikan-ikanan. Biasanya orang Korea membuat kimbab dari campuran nasi, timun, wortel, bayam, daging, telur, dan masih banyak lagi.

10. Mandu

Mandu

Orang Korea juga biasa makan mandu, sejenis pangsit yang memakai beragam jenis isian. Mandu ini jadi salah satu makanan favorit warga lokal dan biasanya jadi camilan. Varian mandu yang dijual di Korea sana sangat beragam. Ada yang isi daging, sayuran, dan lain sebagainya. Paling enak itu kalau makan mandu hangat-hangat dan dicocol pakai sambal.

11. Bungeo Ppang

Bungeo Ppang

Jajanan Korea itu banyak banget jenisnya. Salah satunya ada bungeo ppang, sejenis roti berbentuk ikan. Nah, kalau diperhatikan jajanan satu ini juga sering muncul di drama atau film Korea. Bungeo Ppang ini adalah roti bentuk ikan yang di dalamnya ada beragam jenis isian. Mulai dari kacang merah, cokelat, keju, dan lain sebagainya.

Wah, ada banyak banget ya makanan Korea yang ternyata menarik buat dicoba. Jadi ngiler, kan? Sekarang ada banyak kok restoran di Indonesia yang menjual aneka jenis menu makanan khas Korea. Tapi memang lebih puas lagi kalau Sayurfriends bisa jalan-jalan dan wisata kuliner langsung di negeri para idol tersebut.

Related Articles

12 Makanan khas Kanada Lezat Menggoda, Ada Bannock hingga Butter Tarts

Kanada punya banyak banget menu makanan khas yang rasanya enak-enak. Bahkan Kanada disebut-sebut sebagai rumah buat ratusan makanan...

11 Makanan Meksiko Paling Populer, dari Burrito hingga Fajita yang Lezat

Meksiko dikenal punya banyak banget pilihan menu makanan yang enak-enak. Makanan Meksiko terkenal unik dan rasanya juga campur-campur,...

17 Makanan Khas Australia Lezat, Pencinta Kuliner Wajib Coba!

Saat berkunjung ke Australia, jangan hanya merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi saja, namun juga buat daftar makanan khas...