Written by at December 04, 2022
Tips dan Rekomendasi

11 Makanan Meksiko Paling Populer, dari Burrito hingga Fajita yang Lezat

makanan meksiko

Meksiko dikenal punya banyak banget pilihan menu makanan yang enak-enak. Makanan Meksiko terkenal unik dan rasanya juga campur-campur, ada yang pedas, manis, juga asin. Beberapa di antaranya sudah populer dijual di berbagai negara. Yuk, cari tahu apa saja sih menu makanan ala Meksiko yang bikin ketagihan?

1. Burrito

Burrito

 

Pilihan pertama ada burrito yang populer banget di sana. Gak cuma turis yang berburu makanan ini tapi warga lokal juga banyak yang menyukainya. Burrito ini punya kemiripan dengan kebab turki tapi isiannya cukup berbeda. Burrito memakai isian daging lebih banyak dan ada pasta kacang yang digulung pakai roti tortilla.

Burrito biasanya jadi menu makan siang bagi warga lokal Meksiko. Selain daging dan pasta kacang, ada bahan-bahan lain yang dipakai untuk membuat makanan ini. Mulai dari daging ayam dan beragam jenis sayuran. Semua isian burrito ini akan ditempatkan di tortilla sebagai pembungkus. Tortilla biasanya akan dipanggang dulu sebentar supaya teksturnya jadi lebih empuk.

2. Chilaquiles

Chilaquiles

 

Lanjut ke makanan tradisional ala Meksiko bernama Chilaquiles. Chilaquiles ini mirip banget sama nachos tapi porsinya jauh lebih banyak dan mengenyangkan karena ada tambahan telur sama suwiran daging ayam. Cocok banget dijadikan menu makan utama.

Tortilla jagung biasanya dipotong jadi empat dulu terus ditaburi aneka jenis topping. Mulai dari telur orak-arik, ayam suwir, salsa merah atau salsa hijau, sama keju dan sour cream. Konsepnya memang mirip sama nachos dan rasanya juga hampir mirip.

3. Nachos

Nachos

 

Nah, kalau nachos ini bahan dasarnya keripik tortilla dan dikasih pelengkap saus keju. Nachos ini jadi salah satu camilan favorit di Meksiko dan sekarang sering dijual juga sih di negara-negara lain. Tapi rasa autentik dari nachos ini pastinya cuma bisa ditemukan di Meksiko langsung.

Selain dilengkapi saus keju, biasanya nachos juga dikreasikan pakai aneka daging, acar, jalapeno, kacang, sama irisan buah zaitun. Tinggal disesuaikan selera saja sih mau pelengkap seperti apa. Nachos juga biasanya dipanaskan dulu beberapa menit supaya kejunya meleleh. Selain jadi camilan, biasanya nachos ini dijadikan sebagai appetizer atau menu pembuka.

4. Quesadilla

Quesadilla

 

Makanan Meksiko lainnya yang juga banyak digemari turis adalah quesadilla. Makanan satu ini cukup unik karena namanya berasal dari bahasa Spanyol tapi ide menunya asli dari Meksiko. Quesadilla itu sendiri artinya sesuatu benda yang ukurannya kecil dan berisi keju.

Quesadilla sangat populer karena rasanya enak. Salah satu hal yang membuatnya lezat adalah keju mozzarella yang dipakai di dalamnya. Biasa dijadikan camilan atau jadi appetizer di resto-resto. Rasanya enak bikin para turis jadi penasaran buat mencoba menu ini langsung di Meksiko.

5. Pozole

Pozole

 

Meksiko juga punya menu sup yang enak dan bikin badan jadi segar. Nama supnya pozole, sup tradisional ala Meksiko. Pozole ini menu makan yang bersejarah karena sudah ada sejak zaman pra-hispanik terus sering dihidangkan kalau ada upacara ritual khusus di sana.

Sekarang pozole jadi salah satu menu harian buat warga Meksiko. Sup ini terbuat dari bubur jagung yang dicampur sama daging. Supnya dibumbui pakai bumbu khas Meksiko. Biasanya ditambah isian berupa selada, cabai, bawang putih, lobak, bawang merah, limau, sama alpukat.

Baca juga: 17 Makanan Khas Australia Lezat, Pencinta Kuliner Wajib Coba!

6. Taquito

Taquito

 

Kebanyakan makanan-makanan dari Meksiko memang pakai bahan makanan yang sama yaitu tortilla. Begitu juga sama menu yang satu ini. Taquito terbuat dari tortilla yang digulung dan di dalamnya berisi daging sapi atau daging ayam, kentang, sama keju. Bentuk sama konsepnya hampir mirip dengan sosis atau lumpia.

Taquito ini nantinya akan digoreng jadi tekstur luarnya renyah. Orang Meksiko biasanya makan taquito pakai saus salsa atau guacamole dan keju. Cocok banget jadi camilan dan biasanya dijual di kafe-kafe Meksiko.

7. Enchilada

Enchilada

 

Lanjut ke menu berikutnya ada enchilada yang hampir mirip sama burrito. Makanan Meksiko yang satu ini memakai bahan dasar tortilla yang digulung-gulung untuk menutupi isian. Tapi beda dari taquito, makanan ini disiram saus dan biasanya pakai saus cabai. Masyarakat Meksiko juga banyak berkreasi dengan menambahkan jenis saus lain.

Saus keju dan saus salsa biasanya jadi pilihan favorit buat disiram di atas enchilada. Rasanya enak, teksturnya renyah tapi juga lembut. Bisa jadi camilan tapi juga sering dijadikan menu utama. Para turis yang datang ke Meksiko wajib banget deh buat nyobain!

8. Taco

Taco

 

Makanan satu ini juga populer banget di Meksiko. Sayurfriends pasti juga sering dengar tentang taco karena banyak dijual juga di Indonesia walaupun dengan rasa yang kurang autentik. Taco sendiri adalah makanan yang terbuat dari tortilla dan di dalamnya dikasih isian daging. Jenis dagingnya bervariasi bisa daging ayam, sapi, hingga babi.

Gak cuma daging, warga Meksiko biasanya ngasih isian yang lebih lengkap. Mulai dari sayuran seperti selada dan tomat, keju, telur, dan lain-lain. Makanan ini gampang banget buat dijumpai di Meksiko. Pedagang street food juga biasanya jualan taco karena banyak penggemarnya. Teksturnya renyah di luar dan isiannya komplit.

9. Tostadas

Tostadas

 

Dari bentuknya menu Meksiko yang satu ini hampir mirip sama pizza khas Italia. Cuma bahan yang dipakai buat dasarnya adalah tortilla bukan adonan pizza. Selain itu tostadas ini juga menggunakan tortilla yang digoreng dulu jadi teksturnya renyah dan garing.

Tortilla yang digoreng tadi dilengkapi berbagai jenis topping. Mirip banget sama pizza, jenis topping-nya bervariasi. Mulai dari daging, seafood, ceviche, frijoles, juga taburan keju. Cocok banget jadi menu makan siang dan bisa juga jadi camilan waktu nongkrong cantik di kafe-kafe Meksiko.

10. Elote

Elote

 

Menu berikutnya ada elote, jajanan khas Meksiko yang super enak. Elote ini agak beda dari menu-menu lain yang dibuat pakai tortilla. Elote terbuat dari jagung rebus yang dibumbui pakai garam dan cabai bubuk. Terus makanan ini juga dikasih topping mayonaise keju, sour cream, mentega, dan jeruk nipis.

Kalau jalan-jalan ke Meksiko, biasanya ada 2 bentuk penyajian elote. Ada yang disajikan utuh ada juga yang dipipil. Menu ini cukup gampang sih buat dicoba di rumah. Cocok jadi snack kalau lagi nonton film atau santai bareng keluarga.

11. Fajita

Fajita

 

Berikutnya ada makanan Meksiko bernama Fajita. Fajita ini adalah menu yang terbuat dari potongan daging sapi atau daging ayam yang dimarinasi. Dagingnya lalu dipanggang dan disajikan bareng tortilla. Biasanya fajita juga dimasak sama saus salsa, keju, potongan tomat, dan selada.

Fajita ini punya cita rasa yang cukup kaya. Cocok jadi menu makan utama soalnya bikin kenyang. Menu ini gak cuma populer dijual di resto-resto tapi juga populer banget jadi menu rumahan oleh warga lokal sana.

Makanan Meksiko itu banyak banget dan rata-rata pakai bahan utama tortilla. Varian rasanya juga khas banget jadi gak heran kalau turis-turis pasti luangin waktu buat hunting makanan enak di sana. Apalagi saus salsa dan guacamole khas Meksiko, wajib banget buat dicoba!

Related Articles

5 Jus Buah untuk Diet Sehat, Dijamin Ampuh!

Aneka Jus Buah (Doc : Pixabay) Saat diet, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Daripada...

6 Camilan Rendah Kalori, Sehat dan Lezat!

Waktu makan belum tiba, tetapi perut sudah keroncongan. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengonsumsi camilan. Namun,...

Spesial Tahun Baru 2023, BONUS Poin Seru!

SELAMAT TAHUN BARU 2023 Terima kasih Sayurfriend sudah menjadikan Sayurbox sebagai sahabat belanjamu. Semoga di tahun baru ini,...