Written by at November 14, 2022
Tips dan Rekomendasi

11 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Bantu Jaga Kondisi Tubuh

makanan sehat untuk ibu hamil

Saat hamil, makanan yang dikonsumsi gak hanya sekadar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil saja, melainkan juga janin yang dikandungnya. Makanya, asupan makanan ibu hamil harus diperhatikan, agar bisa membantu mendukung  optimalnya tumbuh kembang janin. Agar nutrisinya bisa terpenuhi, simak berikut ini deretan makanan sehat untuk ibu hamil.

1. Produk Dairi 

dairi produk

Produk dairi merupakan produk makanan yang dibuat dari susu atau mengandung susu, seperti susu, keju, dan yogurt. Nah, produk dairi ini akan bisa mencukupi asupan protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh si buah hati yang sedang bertumbuh di dalam rahim. Terdapat 2 tipe protein berkualitas tinggi yang dikandung oleh produk dairi, yakni kasein dan whey.

2. Daging Rendah Lemak

daging rendah lemak

Daging rendah lemak atau lean meat juga merupakan makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Daging rendah lemak memiliki kandungan protein yang tinggi, di mana asam amino yang terkandung pada protein tersebut akan bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya.

Gak hanya kaya akan protein, daging rendah lemak juga memiliki kandungan zat besi yang melimpah. Asupan zat besi yang terkandung dalam daging rendah lemak ini akan bisa membantu janin dalam membentuk sel darah merahnya, serta sel darah merah pada tubuh ibu hamil. Cukupnya asupan zat besi juga akan menghindarkan ibu hamil dari risiko anemia.

3. Lentil

lentil

Lentil tergolong sebagai biji-bijian yang kaya akan vitamin B9 atau dikenal sebagai asam folat jika terkandung dalam suplemen. Asupan vitamin B9 atau asam folat ini begitu krusial sifatnya dalam proses pembentukan otak bayi dan sistem sarafnya. Dengan mengonsumsi lentil yang kaya akan serat, ibu hamil juga akan bisa terhindar dari konstipasi yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Salah satu manfaat penting dari vitamin B9 ini adalah bisa melindungi janin dari risiko neural tube defect (NTD) atau defek tuba neural. NTD ini merupakan kelainan congenital yang terjadi akibat kegagalan penutupan lempeng saraf atau neural plate pada minggu ketiga hingga keempat masa gestasi.

4. Ikan Salmon

salmon

Ikan salmon merupakan makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya. Ikan salmon diperkaya dengan asam lemak omega-3 DHA, yang gak bisa diproduksi oleh tubuh dengan sendirinya. Asupan DHA ini bisa mengurangi risiko depresi saat hamil dan sesudah melahirkan, serta begitu krusial efeknya bagi perkembangan otak dan mata janin yang sedang dikandung.

Selain kaya akan DHA, ikan salmon juga memiliki kandungan iodine dan vitamin D yang melimpah. Nah, jika Sayurfriends mengkhawatirkan kandungan merkuri pada ikan salmon, perlu diketahui kalau ikan salmon merupakan salah satu pilihan seafood terbaik di masa kehamilan, selama jumlah asupannya terkontrol dengan baik.

5. Alpukat 

alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya akan folat sekaligus vitamin B6, yang keberadaannya membantu meningkatkan kesehatan jaringan tubuh dan perkembangan otak pada janin. Bagi ibu hamil, pengonsumsian alpukat akan bisa membantu meredakan gejala morning sickness dan juga membuat tubuh ibu hamil menyerap lebih baik vitamin pada buah dan sayuran yang dikonsumsi.

6. Legum

legum

Legum merupakan makanan yang kaya akan serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium, yang mana semua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh saat sedang hamil. Asam folat atau vitamin B9 misalnya, nutrisi satu ini begitu penting bagi ibu hamil dan janin yang dikandung, apalagi saat kehamilan masih berada di trimester pertama.

Legum juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa menghindarkan ibu hamil dari risiko konstipasi yang kerap terjadi saat kehamilan. Selain itu, efek kenyang lebih lama juga akan dihadirkan oleh legum karena kandungan seratnya tersebut. Legum ini bisa Sayurfriends konsumsi sebagai camilan di masa kehamilan atau juga bisa diolah sebagai makanan berat.

Baca juga: 17 ASI Booster Alami, Busui Senang Si Kecil Pun Kenyang

7. Ubi Jalar

ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang kaya akan beta karoten, zat dalam tanaman yang nantinya bakal diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A ini sifatnya esensial bagi perkembangan janin di dalam kandungan, sehingga gak salah jika pengonsumsian ubi jalar ini direkomendasikan untuk ibu hamil.

Gak hanya sekadar unggul karena kandungan beta karotennya saja, ubi jalar juga merupakan makanan yang kaya akan serat. Kandungan serat akan memberikan efek kenyang lebih lama, menurunkan kadar gula darah yang meningkat, serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, sehingga konstipasi pada ibu hamil yang sering terjadi bisa diatasi.

8. Telur 

telur

Telur merupakan sumber utama kolin, nutrisi yang begitu vital sifatnya saat kehamilan. Asupan kolin harus dicukupi oleh ibu hamil, karena kolin sangat penting bagi perkembangan otak janin, serta bisa membantu mencegah terjadinya perkembangan yang abnormal pada otak dan tulang belakang janin yang sedang dikandung.

9. Minyak Hati Ikan

minyak hati ikan

Minyak hati ikan merupakan minyak yang diekstrak dari hati spesies ikan tertentu, salah satu yang paling populer adalah ikan cod. Minyak hati ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, yang mana asam lemak omega-3 tersebut begitu esensial kehadirannya bagi perkembangan otak dan mata janin.

Dengan mengonsumsi minyak hati ikan selama kehamilan, maka akan bisa melindungi ibu hamil dari risiko kelahiran prematur, yang gak hanya bisa menimbulkan risiko bahaya bagi ibu hamil namun juga janin yang sedang dikandungnya. Perlu diperhatikan, meskipun minyak hati ikan direkomendasikan, baiknya ibu hamil tidak mengonsumsi minyak hati ikan melebihi dosis yang dianjurkan.

10. Pisang

pisang

Pisang merupakan satu dari banyaknya makanan sehat untuk ibu hamil. Selain menambah energi, mengonsumsi pisang disebut bisa meredakan mual dan muntah yang merupakan gejala morning sickness, disebabkan karena kandungan vitamin B6 yang dimilikinya. Dengan begini, ibu hamil yang kerap mengalami morning sickness di trimester pertama akan jadi bisa terbantu.

Gak hanya itu saja, pisang juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena kandungan potasium pisang yang tinggi. Potasium yang dikandung oleh pisang juga akan menghindarkan ibu hamil dari kembung, karena potasium akan membantu tubuh melepas mineral yang menyerupai sodium melalui urin.

11. Wortel 

wortel

Sayuran pada dasarnya bagus untuk dikonsumsi saat sedang hamil, tak terkecuali juga wortel. Sayur yang identik dengan warna oranye ini merupakan sayuran yang kaya akan beta karoten. Beta karoten yang dikandungnya ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang kemudian vitamin A digunakan sebagai nutrisi bagi janin untuk mengembangkan mata, kulit, dan organ-organnya.

Itulah tadi beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat baik untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan bisa mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, serta mendukung tumbuh kembang janin yang sedang dikandung. Yuk cukupi asupan nutrisi si kecil sedari dalam kandungan dengan makanan bernutrisi ini.

Beli Wortel Sekarang!

Related Articles

12 Makanan khas Kanada Lezat Menggoda, Ada Bannock hingga Butter Tarts

Kanada punya banyak banget menu makanan khas yang rasanya enak-enak. Bahkan Kanada disebut-sebut sebagai rumah buat ratusan makanan...

11 Makanan Meksiko Paling Populer, dari Burrito hingga Fajita yang Lezat

Meksiko dikenal punya banyak banget pilihan menu makanan yang enak-enak. Makanan Meksiko terkenal unik dan rasanya juga campur-campur,...

17 Makanan Khas Australia Lezat, Pencinta Kuliner Wajib Coba!

Saat berkunjung ke Australia, jangan hanya merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi saja, namun juga buat daftar makanan khas...