Written by at January 26, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 11 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Kelengkeng memang lazim ditemui di negara beriklim tropis, seperti di Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah berbentuk bulat ini juga populer di kalangan masyarakat Tionghoa. Pasalnya, buah kelengkeng memiliki arti khusus yang melambangkan makna banyak anak. Biasanya, buah ini kerap disajikan saat perayaan Imlek tiba. Di balik rasanya yang manis, buah bernama latin Dimocarpus longan ini juga dikenal karena deretan manfaatnya. Kandungannya yang beragam membuat buah ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit orang yang mengonsumsinya. Sebagai gambaran, mengonsumsi 100 gram buah kelengkeng bisa menyuplai protein hingga 1,3 gram, karbohidrat sebanyak 15 gram, serat sebanyak 1,3 gram, serta vitamin C sebesar 84 miligram. Untuk kamu yang belum tahu atau penasaran dengan khasiat buah berukuran kecil ini, yuk, cari tahu 11 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh dan kulit di bawah ini.

 

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Meski ukurannya kecil, ternyata buah kelengkeng memiliki banyak manfaat, lho. Yuk, simak manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh dan kulit berikut ini.

manfaat buah kelengkeng
Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh dan kulit. (Foto: Pexels)

 

1. Menjaga kesehatan jantung

Meski ukurannya kecil, buah kelengkeng memiliki manfaat penting bagi organ vital manusia yaitu jantung. Tidak hanya menjaga kerja jantung, kelengkeng juga dipercaya menjaga kesehatan pembuluh darah. Pada dasarnya, kerja jantung sangat dipengaruhi oleh kelancaran peredaran darah dan kondisi dinding pembuluh darah orang tersebut.

 

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dari buah kelengkeng dipercaya mampu meminimalisir salah satu risiko serangan jantung, yaitu menjaga dan memperbaiki kerusakan dinding pembuluh darah.

 

2. Mencegah risiko batu ginjal

Batu ginjal muncul karena proses kristalisasi mineral yang menumpuk pada organ ginjal tubuh seseorang. Siapa sangka, kelengkeng ternyata mampu mencegah terjadinya gangguan tersebut.

 

Kandungan mineral dalam kelengkeng berfungsi mencegah terjadinya penggumpalan kristal mineral atau yang disebut dengan batu ginjal. Kandungan fosfor miliknya juga berfungsi membantu menyaring racun dalam tubuh sehingga mengurangi beban kerja ginjal.

 

3. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat memang dianjurkan untuk kamu ingin menurunkan berat badan. Salah satu jenis buah tersebut adalah kelengkeng.

 

Serat alami pada buah kelengkeng memang dikenal baik dalam membantu mengeluarkan kalori dan melancarkan sistem pencernaan.

 

Selain itu, mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama sehingga kamu pun tidak mudah merasa cepat lapar ataupun haus.

 

4. Mampu menurunkan kadar gula

Tak selamanya makanan manis itu memiliki efek buruk. Misalnya saja kelengkeng. Buah dengan rasa manis ini ternyata baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

 

Pasalnya, kandungan fenolik dalam kelengkeng diyakini mampu menurunkan kadar glukosa sehingga mempermudah tubuh mengatur kadar gula dalam darah.

 

Baca juga: Tips Mematangkan Alpukat Dengan Cepat

 

5. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Susu memang dikenal sebagai sumber asupan yang baik untuk kesehatan tulang. Meski begitu, bukan berarti susu menjadi sumber asupan tunggal. Ada banyak sumber asupan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu contohnya adalah buah kelengkeng.

 

Seperti halnya susu, kelengkeng juga dipercaya mampu menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini tidak lain karena buah ini kaya akan zat fosfor, di mana kandungan tersebut memang berperan penting bagi kesehatan tulang seseorang.

 

Ingin merasakan manfaat buah kelengkeng ini? Kamu membeli buah yang satu ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

6. Menjaga kesehatan mata

Wortel memang kerap diidentikan dengan kesehatan mata seseorang. Meski begitu, banyak kok jenis buah lainnya yang memiliki manfaat yang sama. Salah satu contohnya adalah kelengkeng.

 

Buah berwarna coklat ini mengandung riboflavin yang merupakan senyawa penting dan merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Tubuh yang kekurangan riboflavin dipercaya memiliki risiko gangguan mata lebih besar, contohnya seperti katarak.

 

7. Membuat rambut lebih sehat dan kuat

Bagi kaum hawa, rambut bisa diibaratkan sebagai mahkota dari wanita. Masalah yang kerap muncul, yaitu rambut mudah rontok dan patah. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan kekuatan rambut, tentu kamu membutuhkan asupan protein yang cukup.

 

Kandungan tersebut bisa kamu dapatkan dari buah kaya protein seperti kelengkeng. Pasalnya, kandungan protein pada kelengkeng bermanfaat untuk memperkuat akar rambut serta meningkatkan kualitas rambut seseorang.

 

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini 7 Cara Memilih Buah Naga yang Matang

 

8. Mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan vitamin C yang tinggi pada kelengkeng memiliki peran penting sebagai sintesis kolagen yang berfungsi menjaga kekencangan dan kesehatan kulit.

 

Tidak hanya vitamin C, kandungan lainnya seperti vitamin B dan antioksidan juga berfungsi sebagai anti penuaan sehingga kulit pun lebih sehat, tidak kering, retak, atau terkelupas.

 

9. Mengatasi anemia dan kurangnya zat besi

Di daratan Tiongkok, kelengkeng merupakan salah satu bahan tradisional untuk mengobati anemia, trombositopenia, dan gangguan darah lainnya.

 

Saat ini, disinyalir banyak wanita di kota-kota besar yang mengalami anemia karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini semakin meningkat ketika masa menstruasi atau saat kondisi hamil. Efeknya, tentu mereka lebih tinggi berisiko mengalami gangguan anemia tingkat sedang dan berat.

 

Salah satu cara mengatasi gangguan tersebut yaitu mencukupi asupan zat besi dalam tubuh. Salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi kelengkeng.

 

Mengonsumsi kelengkeng setiap hari, secara bertahap mampu meningkatkan kembali jumlah trombosit dan konsentrasi hemoglobin.

 

10. Mengurangi radikal bebas dalam tubuh

Radikal bebas memang lebih banyak menyerang masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan. Selain polusi, gaya hidup dan pola makan tidak sehat menjadi salah satu penyebab terbesarnya.

 

Rutinitas tersebut dilakukan secara berulang dan akhirnya terakumulasi menjadi radikal bebas. Sehubungan dengan hal itu, kelengkeng bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi gangguan radikal bebas dalam tubuh. Nah, kandungan dalam kelengkeng dipercaya mampu melindungi neuron dopamin di area otak dari gangguan dan kerusakan.

 

Antioksidan dalam buah ini juga mampu mengurangi peradangan sel-sel pada otak. Aktivitas pengurangan radikal bebas yang terjadi merupakan efek dari ekstrak polifenol buah kelengkeng. Bahkan, kandungan polifenol dalam buah kelengkeng bisa dibilang cukup tinggi.

 

Baca juga: Begini 5 Cara Memilih Alpukat Matang yang Benar

 

11. Menjaga kesehatan, kecantikan, dan keelastisan kulit

Sebelumnya, kita telah membahas beberapa poin manfaat kelengkeng bagi kesehatan kulit. Peran kelengkeng dalam menjaga kesehatan, kecantikan, dan keelastisan kulit tidak lain karena kandungan vitamin C dalam buah ini terbilang tinggi.

 

Vitamin C dalam buah tersebut berperan penting untuk melembapkan dan meningkatkan kolagen dalam kulit. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu pun bisa mengolahnya menjadi masker wajah. Caranya dengan memblender daging buah kelengkeng, kemudian jadikan sebagai masker wajah.

 

Itulah 11 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tubuh dan kulit. Siapa sangka, buah sekecil ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

 

Untuk dapat merasakan manfaat-manfaat dari buah kelengkeng tersebut, kamu bisa menemukan dan membeli buah yang satu ini di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga, ya!

Yuk, Belanja Sekarang!

 

(Siti Kamilla)

Related Articles

Jarang yang Tahu, Ini 10 Manfaat Daun Dill untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan daun dill. Wajar saja, daun ini memang lazim digunakan pada hidangan Eropa, khususnya...

Tidak Hanya Sebagai Hiasan, Ternyata Ini 10 Manfaat Parsley

Ketika menikmati hidangan western, pasti kamu akan menjumpai parsley di hidangan tersebut. Tanaman ini biasa digunakan sebagai hiasan untuk...

10 Manfaat Melinjo untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Melinjo memang identik dengan sayur asem dan sayur lodeh. Tak hanya sayur, melinjo juga kerap diolah menjadi emping ataupun keripik. Mesti...

Post Comment