Written by at November 25, 2022
Manfaat Produk

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya kandungan serat tinggi dan banyak banget jenis mineral di dalamnya. Yuk, cari tahu apa aja sih sebenarnya manfaat buah peach buat kesehatan tubuh!

manfaat buah peach

1. Mencegah Kanker

Persik ini punya kandungan antioksidan yang tinggi banget. Jenis antioksidan yang ada di buah peach itu namanya karotenoid dan asam caffeic. Antioksidan tersebut punya sifat antikanker jadi cukup efektif buat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Meskipun emang tetap harus diimbangi pola hidup yang sehat.

Gak cuma itu, persik juga mengandung polifenol yang ternyata bisa membatasi penyebaran sel kanker. Jadi buat orang-orang yang udah didiagnosis kanker, buah ini bisa bantuin kontrol penyakit tersebut. Ini udah dibuktiin sama penelitian yang diterbitkan di The Journal of Nutritional Biochemistry tentang polifenol yang bisa cegah penyebaran kanker payudara.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah peach berikutnya yaitu bisa bikin kerja sistem pencernaan jadi tambah lancar. Buah ini punya kandungan serat sama mineral yang dibutuhin banget sama sistem pencernaan. Kalau Sayurfriends makan buah persik, maka pergerakan usus bisa jadi lebih lancar. Gangguan pencernaan seperti sembelit sama diare juga bisa jadi berkurang.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Nah, kandungan mineral dalam buah persik ternyata gak cuma bisa jaga kesehatan saluran cerna tapi juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis. Sayurfriends pasti tahu dong beberapa jenis penyakit kronis yang sering dijumpai di Indonesia. Mulai dari hipertensi, stroke, diabetes, sampai batu ginjal. Biarpun gak ngatasin penyakit tersebut secara total tapi paling gak bisa ngurangin efeknya.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Tahu gak sih kalau konsumsi buah peach ternyata bagus banget buat jaga berat badan tetap ideal. Buat Sayurfriends yang lagi diet atau mungkin lagi jaga makan biar gak obesitas, buah ini cocok banget buat dimakan rutin. Tadi udah disebutin kalau buah persik punya kandungan serat yang tinggi. Serat ini bisa bikin tubuh jadi kenyang lebih lama dan gak gampang laper.

Selama program diet buat nurunin berat badan, penting banget buat atur pola makan dan pilih jenis makanan yang tepat buat dikonsumsi. Buah persik ini bisa jadi pilihan tepat. Gak cuma bisa memberi sensasi kenyang lebih lama tapi juga bisa jaga keseimbangan kadar gula darah.

5. Menyehatkan Kulit

Ternyata buah persik ini juga bagus banget buat dikonsumsi demi merawat kesehatan kulit. Salah satu manfaat buah peach adalah memberikan asupan vitamin C ke tubuh. Nah, vitamin C ini dibutuhin banget sama kulit biar tetap elastis, lebih cerah, dan juga jadi tetap lembap. Jadi selain pakai produk skincare, coba deh penuhi juga nutrisi buat kulit lewat konsumsi buah peach.

Gak cuma itu, buah peach juga mengandung vitamin A dan E yang bagus banget buat kesehatan kulit. Dua jenis vitamin ini diketahui bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kalau Sayurfriends rajin makan buah peach, tanda-tanda penuaan dini juga bisa dicegah jadi kulit kelihatan lebih awet muda.

Baca juga: 13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

6. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Saat kulit terluka, biasanya butuh waktu sampai lukanya benar-benar sembuh. Selain pakai obat-obatan yang dipakai di luar, penting juga lho buat menuhin nutrisi dari dalam. Salah satu caranya dengan makan buah peach yang ternyata kaya antioksidan dan vitamin K. Kedua zat ini efektif banget buat mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin K dibutuhin kulit buat ningkatin produksi kolagen. Selain itu antioksidan sendiri juga bisa jadi pelindung biar kulit jadi lebih kuat. Hasilnya, luka di kulit bisa lebih cepat buat sembuh.

7. Meringankan Gejala Alergi

Buat Sayurfriends yang punya riwayat alergi, coba rutin konsumsi buah persik ini. Salah satu manfaat yang dimiliki sama buah ini yaitu bisa meringankan gejala alergi. Alergi itu sendiri sebenarnya susah banget ya buat dihilangkan atau disembuhkan total. Jadi emang butuh effort yang besar buat mencegah reaksi alergi yang berlebihan.

Makan buah peach bisa jadi solusi mudah kalau Sayurfriends punya alergi dan gak mau reaksi alerginya berlebihan. Buah ini bisa mengurangi peradangan dan gejala alergi lain. Caranya dengan mencegah pelepasan histamin di aliran darah. Histamin ini bagian dari sistem imun tubuh yang biasanya nyebabin batuk, bersin, gatal kalau tubuh berkontak sama alergen.

8. Memelihara Kesehatan Mata

Buah persik juga punya kandungan betakaroten dan vitamin A yang lumayan tinggi nih Sayurfriends. Gak heran kalau buah ini dikenal bisa membantu menjaga kesehatan mata. Kedua zat tadi dibutuhin banget buat menjaga permukaan mata. Keduanya juga bisa berperan jadi antioksidan yang membantu membentuk fotoreseptor rhodopsin.

Apa sih fotoreseptor rhodopsin itu? Ini adalah fotopigmen yang ada di sel batang retina. Fungsinya itu buat membantu mencegah rabun senja. Jadi Sayurfriends bisa lihat dengan jelas, terutama di waktu malam.

9. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Sayurfriends juga harus tahu kalau salah satu manfaat buah peach adalah membuat sistem kekebalan tubuh jadi lebih kuat. Salah satunya berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi di buah persik. Vitamin C ini bisa berperan jadi antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan bikin sistem imun jadi lebih kokoh.

Persik juga punya kandungan nutrisi lengkap dan ada banyak antioksidan lainnya yang bikin tubuh jadi gak gampang sakit. Risiko infeksi bakteri bisa lebih kecil jadi aman aja buat beraktivitas setiap hari walaupun lagi musim sakit.

10. Memelihara Jantung

Buah peach ini emang kaya manfaat banget. Bahkan buah ini bisa bantu jaga kesehatan jantung juga, lho. Faktanya, buah persik ternyata bisa jaga kadar kolesterol tetap normal. Gak cuma itu, buah persik juga bantu tekanan darah selalu di angka yang normal dan stabil. Jadi gak heran kalau konsumsi buah ini disaranin banget buat orang-orang yang punya riwayat penyakit jantung.

11. Menjaga Kesehatan Otak

Penting juga nih buat dicatat sama Sayurfriends kalau persik ternyata bisa membantu menjaga kesehatan otak. Seiring tambah usia, biasanya performa otak jadi menurun. Kemampuan berpikir gak secepat dulu bahkan ada risiko jadi pikun. Nah, buah persik bisa menurunkan semua risiko tersebut karena efektif buat jaga kesehatan otak.

Ada penelitian yang menyebutkan kalau 1 butir buah peach itu punya kandungan 7 mikrogram asam folat. Asam folat ini dibutuhin banget buat otak. Gak cuma itu, asam folat ini juga dibutuhkan oleh janin di kandungan. Jadi bagus banget buat dikonsumsi ibu hamil biar anak lahir cerdas dan sehat.

Banyak banget kan manfaat buah peach yang bisa dirasain sama tubuh. Sayurfriends mending konsumsi buah ini deh mulai dari sekarang. Rasanya juga enak dan nyegerin banget. Aman banget buat dikonsumsi segala usia bahkan buat ibu-ibu yang lagi hamil atau menyusui sekalipun.

Related Articles

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...

10 Manfaat Lari Pagi, Cegah Stres dan Jaga Tubuh Tetap Ramping

Olahraga jadi salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat. Banyak banget jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan...