Written by at October 26, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Mencegah Depresi, Ini 13 Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba

Siapa yang tidak mengnal dark cokelat atau cokelat hitam, makan manis dengan sedikit sentuhan rasa pahit khas coklat, yang hampir disukai oleh semua orang. Dark coklat ini mengandung banyak nutrisi, sekitar 3 hingga 4,5 gram serat, 60 – 100 gram karbohidrat, 4,8 – 5 gram protein, 50 – 60 mg kalsium, 8 mg zat besi, 140 – 150 mg magnesium, 200 mg fosfor, 500 – 550 mg kalium. Ada banyak manfaat dark cokelat yang bisa kamu rasakan.

 

Cokelat hitam asli, bukan cokelat olahan atau coklat susu, penuh dengan manfaat untuk kesehatan yang luar biasa. Cokelat dengan kandungan kakao 60% atau lebih tinggi dikemas penuh dengan nutrisi dan antioksidan. Sering disebut bittersweet, ia mengandung sedikit gula dan memiliki rasa pahit. Salah satu komponen yang ditemukan dalam dark cokelat adalah anandamide. Anandamide dapat memberikan dorongan suasana hati dan energi, tanpa kecanduan dan kerusakan kardiovaskular yang datang dengan zat perangsang lainnya.

 

Kandungan lain yang meningkatkan suasana hati dalam cokelat adalah fenetilamin, yang dimetabolisme dalam tubuh kamu menjadi serotonin. Serotonin adalah salah satu bahan kimia pengatur suasana hati terpenting yang dapat diproduksi oleh tubuh. Sehingga dark cokelat bisa mencegah depresi. Yuk, simak selain untuk mencegah depresi, ini 13 manfaat dark cokelat yang bisa kamu coba.

 

Ini manfaat dark cokelat yang bisa kamu coba

Manfaat Dark Cokelat
Manfaat Dark Cokelat yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pixabay)

 

1. Dark Cokelat adalah Sumber Antioksidan Besar

Dark cokelat mengandung jumlah antioksidan yang sangat tinggi. Sebuah studi terkait menghitung Indeks Kapasitas Relatif Antioksidan dengan mengisolasi radikal bebas dan antioksidan yang diekstrak dari cokelat. Radikal bebas adalah prasyarat untuk kanker dan antioksidan dapat membantu menghancurkan radikal bebas sebelum menyebar.

 

Cokelat memiliki sejumlah besar senyawa aktif biologis dengan aktivitas antioksidan. Itu diisi dengan polifenol, flavonol dan katekin dan bahkan theobromine (senyawa yang disebut-sebut memiliki efek antidepresan) bertindak sebagai antioksidan.

 

Baca juga: Apa aja sih manfaat mengkonsumsi jeruk pamelo?

 

2. Dark Cokelat Dapat Meningkatkan Distribusi Sel Darah Merah

Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam terbukti membantu distribusi sel darah merah. Bukti selama beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam secara teratur dapat meningkatkan lebar distribusi sel darah merah. Red blood cell distribution width (RDW)  adalah cara yang andal untuk mengukur atau memprediksi penyakit kardiovaskular.

 

Dengan menggunakan RDW sebagai ukuran, asupan teratur cokelat yang tinggi flavonol dan polifenol meningkatkan RDW cukup signifikan untuk mengurangi risiko sejumlah besar penyakit kardiovaskular. Salah satu alasan mengapa coklat membantu meningkatkan RDW adalah karena kandungan zat besinya yang tinggi.

 

3. Dark Cokelat Dapat Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Studi skala kecil telah mengindikasikan selama beberapa waktu bahwa asupan kakao secara teratur dapat memiliki efek positif dalam memerangi penyakit kardiovaskular. Penyakit Kardiovaskular terjadi karena adanya gangguan pada  jantung dan pembuluh darah.  Sebuah studi tentang manfaat kakao bagi kardiovaskular, yang dilakukan pada tahun 2006, membuktikan hal ini di antara kelompok studi yang lebih besar dari 470 pria, semua diuji sambil mengkonsumsi dosis kakao yang berbeda setiap hari. Kesimpulannya adalah bahwa kakao memang menurunkan kemungkinan dan signifikansi penyakit kardiovaskular.

 

Studi observasi semacam itu tidak membuktikan bahwa cokelat bertanggung jawab atas manfaat ini. Namun, hasil positif yang konsisten dan berulang dalam penelitian yang dilakukan pada kakao menunjukkan bahwa cokelat memang memiliki efek positif pada sistem kardiovaskular.

 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Brokoli

 

4. Dark Cokelat Dapat Membantu Melawan Diabetes

Cokelat telah terbukti meningkatkan fungsi endotel dan resistensi insulin. Endothelium sangat penting dalam menjaga kesehatan arteri dan resistensi insulin adalah statistik yang paling sering diperiksa untuk menentukan apakah penyakit di masa depan, seperti diabetes, akan berkembang. Kakao dan flavonoidnya membantu memodulasi sistem ini secara positif. Jika kamu berharap dapat mencegah diabetes, kamu akan ingin makan cokelat hitam yang rendah gula ini.

 

5. Dark Cokelat Dapat Membantu Mencegah Stroke

Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan terhadap penduduk Norfolk menemukan bahwa cokelat memiliki dampak besar pada kemungkinan terkena stroke. Studi ini membandingkan orang-orang yang sering mengonsumsi cokelat dengan mereka yang sepenuhnya tidak mengonsumsi cokelat. Itu dilakukan dalam skala besar, yang melibatkan 20.951 orang dewasa. Mereka mengukur asupan cokelat pada awal penelitian dan mengobservasi orang selama beberapa dekade, mengikuti statistik kardiovaskular mereka.

 

Ingin merasakan langsung manfaat dark coklat ini? Yuk, beli dark coklat dan camilan sehat lainnya di Sayurbox!

 

6. Dark Cokelat Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat dark cokelat lainnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat bisa menjadi cara yang lebih murah dan lebih menyenangkan untuk menurunkan tekanan darah daripada pilihan medis.

 

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Harvard mengamati 24 studi yang dilakukan pada cokelat di masa lalu. Lebih dari 1.000 orang terlibat dalam penelitian ini yang secara kolektif menyimpulkan bahwa cokelat hitam, antara 50 dan 70% kakao menurunkan tekanan darah semua peserta.

 

Ini menunjukkan bahwa zat flavonol yang bertanggung jawab lebih efektif ketika tekanan darah tinggi. Sementara buah, sayuran dan teh dikenal sebagai sumber antioksidan, penelitian menunjukkan bahwa biji kakao lebih manjur, dengan salah satu konsentrasi antioksidan dan nutrisi bermanfaat tertinggi di dunia.

 

7. Dark Cokelat Dapat Membantu Mengontrol Batuk

Salah satu bahan kimia dalam kakao, theobromine, diketahui memusuhi aktivitas saraf vagus. Saraf vagus adalah bagian dari otak Anda dan pengaktifannya dapat memicu batuk. Para ilmuwan sedang mencari cara untuk menciptakan obat batuk yang menggunakan theobromine. Sebuah studi tentang efek cokelat sebagai penekan batuk menemukan itu lebih efektif daripada obat flu biasa, bahkan yang mengandung kodein, narkotika lemah.

 

Baca juga: Superfood 101: Kenali Superfood dan Segala Kebaikannya

 

8. Dark Cokelat Dapat Membantu dalam Kehamilan

Studi terbaru menunjukkan bahwa manfaat dark cokelat mampu meningkatkan pertumbuhan janin. Beberapa ibu mungkin berisiko mengalami preeklampsia, ketika suplai darah ke janin terputus atau dibatasi. Ini terjadi karena tekanan darah tinggi, yang dialami selama kehamilan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat secara teratur dapat mengurangi risiko preeklampsia dengan menurunkan tekanan darah.

 

9. Dark Cokelat Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Baru-baru ini cokelat dipelajari untuk manfaatnya bagi kognisi manusia. Studi ini menggali manfaat kognitif dari konsumsi cokelat. Asupan cokelat berkualitas tinggi memungkinkan peningkatan pemrosesan kognitif, kesadaran visual-spasial, penalaran abstrak, pemindaian, memori yang bekerja, dan skor Global Composite yang ditingkatkan.

 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para psikolog Inggris menunjukkan bahwa flavonol dalam cokelat secara khusus membantu orang dengan mental dalam menghadapi matematika mereka. Selama penelitian, orang diuji menghitung mundur pada tes angka yang dihasilkan secara acak sebelum dan setelah minum secangkir coklat panas. Ini berarti sering mengonsumsi cokelat sebelum ujian bisa menjadi ide yang bagus.

 

10. Dark Cokelat Dapat Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat dark cokelat telah dikenal untuk mencegah kerusakan kulit dari sinar ultraviolet, cahaya yang dipancarkan oleh matahari. Dark cokelat mengandung 85% flavonol inilah yang memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

 

11. Dark Cokelat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang kuat dari dark cokelat bersama dengan beberapa mekanisme nutrisi lainnya, menjadikannya sebagai pengobatan bagi sistem kekebalan tubuh kamu. Kakao dapat memodulasi respons peradangan sistem kekebalan tubuh. Peradangan adalah respons jaringan terhadap patogen, bahan kimia, luka, atau infeksi. Flavonoid umumnya dikaitkan dengan sifat antiinflamasi.

 

Kakao dapat memiliki efek menguntungkan pada sel-sel tertentu yang menghasilkan antibodi. Antibodi membantu tubuh melawan bakteri dan penyakit, jadi konsumsi cokelat secara teratur bahkan bisa mencegah penyakit malaria. Kakao juga memiliki efek positif pada jaringan limfoid. Organ limfoid membantu mengoordinasikan respons imun pada manusia. Kakao membantu organ limfoid menghasilkan sel lebih efektif, yang mengarah pada pertahanan yang lebih baik terhadap penyakit.

 

12. Manfaat Dark Cokelat Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan flavonoid pada dark cokelat dapat membantu meningkatkan ketersediaan oksigen dan suplai nutrisi ke pembuluh darah yang ada di mata. Oleh karena itu dark cokelat sangat bermanfaat dan baik untuk kesehatan penglihatan. Sebuah studi menunjukkan bahwa dark cokelat menunjukkan kemampuan yang lebih baik untuk meningkatkan ketajaman visual daripada cokelat putih.

 

13. Dark Cokelat Mencegah Kerusakan Kolagen

Cokelat hitam terbukti mampu melawan hormon stres yang menyebabkan kerusakan kolagen. Oleh karena itu, dengan sedikitnya kerusakan kolagen berarti kulit menjadi lebih sehat dan tentunya awet muda. Sebaiknya kamu rutin mengonsumsi dark cokelat untuk mencegah kerusakan kolagen di dalam kulit.

 

Jadi, apakah kamu ingin merasakan langsung manfaat dark coklat ini? Yuk, beli dark coklat dan camilan sehat lainnya di Sayurbox!

 

Related Articles

4 Manfaat Keju yang Jarang Diketahui!

Sayurfriends termasuk penggemar keju atau bukan nih, sudah tau manfaat keju ini? Suka nggak suka, olahan susu yang udah mendunia ini...

7 Sayuran Berkalsium yang Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selama ini, jika bicara mengenai sumber kalsium, pasti sebagian besar orang langsung teringat akan susu dan produk olahannya. Namun, perlu...

Ladies, Ini Dia 5 Manfaat Tomat bagi Kecantikan Kulit Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat sering kita jumpai di pasaran .Bisa diolah jadi makanan dengan bahan-bahan lain maupun dikonsumsi...