Written by at January 23, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Wajib Tahu 11 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Extra Virgin Olive Oil (EVOO) atau minyak zaitun dikenal sebagai salah satu minyak tersehat di dunia. Bahkan, orang cenderung hidup lebih lama dan lebih sehat di daerah tempat minyak zaitun merupakan bagian pokok dari makanan. EVOO adalah minyak zaitun kualitas tertinggi yang tersedia, pembuatan EVOO merupakan hasil ekstraksi dari buah zaitun yang tumbuh di daerah Mediterania, tanpa menggunakan panas atau bahan kimia apa pun. Untuk itu manfaat extra virgin olive oil pun tidak perlu diragukan lagi.

 

Minyak zaitun ini mengandung banyak senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, K, Lemak (Omega 9, Omega 6, Omega 3, dan Lemak jenuh), phenolic, dan zat besi. Kamu mungkin sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Namun, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum kamu ketahui. Kini kamu wajib tahu 11 manfaat extra virgin olive oil untuk kesehatan dan kecantikan, yuk simak di bawah ini.

 

Ini manfaat extra virgin olive oil untuk kesehatan dan kecantikan

 

1. Sebagai sumber antioksidan lemak sehat yang fantastis

manfaat extra virgin olive oil
Sebagai sumber antioksidan lemak sehat yang fantastis. (Foto: Pixabay)

Minyak zaitun biasa dimurnikan dan dilucuti kandungan nutrisi penting dan antioksidannya. Sebaliknya, proses ekstraksi alami yang digunakan untuk memproduksi Extra Virgin Olive Oil memastikannya mempertahankan semua nutrisi dan antioksidan dari buah zaitun. Secara khusus, EVOO mengandung lebih dari 30 jenis senyawa fenolik, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas.

 

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penyakit dan mempercepat proses penuaan. Extra Virgin Olive Oil terdiri dari lemak tak jenuh tunggal sekitar 73%, studi secara konsisten mengaitkan diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dengan efek menguntungkan pada penanda penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Ini termasuk pengurangan tanda peradangan kronis, tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar glukosa darah.

 

2. Dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. (Foto: Pixabay)

Penyakit jantung adalah penyebab kematian dini nomor satu di seluruh dunia. Hal yang menarik adalah, populasi yang tinggal di wilayah Mediterania memiliki tingkat kematian yang rendah akibat penyakit jantung. Walaupun hal ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, tingginya konsumsi extra virgin olive oil dianggap sebagai alasan yang utama.

 

Satu studi observasi, yang mencakup data dari lebih dari 840.000 subjek, menemukan bahwa mereka yang makan minyak zaitun paling besar 9% memiliki potensi lebih kecil untuk memiliki masalah jantung dan 11% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit minyak zaitun.

 

3. Mampu mencegah tubuh dari stroke

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil mampu melindungi tubuh dari stroke. (Foto: Pixabay)

Penyakit stroke adalah pembunuh terbesar kedua setelah penyakit jantung. Ini terkait erat dengan penyakit jantung dan memiliki banyak faktor risiko yang sama, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

 

Satu studi Perancis yang membandingkan penggunaan minyak zaitun dan kejadian stroke bahwa mereka yang mengkonsumsi jumlah tertinggi minyak zaitun memiliki risiko stroke 41% lebih rendah.

 

Temuan ini masuk akal, karena orang yang menggunakan minyak zaitun kemungkinan akan menggantikan lemak lain yang kurang sehat dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam Extra Virgin Olive Oil.

 

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

 

4. Membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. (Foto: Pixabay)

Diabetes tipe 2 ditandai oleh berkurangnya efektifitas insulin, hormon yang memindahkan glukosa keluar dari darah dan masuk ke sel untuk digunakan sebagai energi. Diperkirakan bahwa senyawa fenolik yang terdapat dalam manfaat extra virgin olive oil membantu metabolisme glukosa dan meningkatkan sensitivitas dan efektivitas insulin.

 

Sebuah analisis besar menemukan bahwa memasukkan minyak zaitun dalam makanan sehari-hari kamu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 13%. Dibandingkan dengan diet rendah lemak, diet tinggi minyak zaitun juga ditemukan untuk membantu menormalkan glukosa darah pada orang yang sudah menderita diabetes tipe 2.

 

Efek menguntungkan ini bahkan lebih terasa ketika dikombinasikan dengan diet Mediterania-style. Satu studi menemukan bahwa diet Mediterania yang diperkaya dengan kacang-kacangan atau extra virgin olive oil menurunkan risiko diabetes tipe 2 lebih dari 50%.

 

5. Digunakan sebagai minyak goreng terbaik

manfaat extra virgin olive oil
Olive Oil digunakan sebagai minyak goreng terbaik. (Foto: Pixabay)

Ada banyak jenis minyak goreng berbeda yang diklaim sebagai yang terbaik. Namun, ketika kamu mempertimbangkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi bagaimana minyak bereaksi terhadap suhu tinggi, stabilitas oksidatif, dan rasio lemak tak jenuh tunggal. Extra virgin olive oil adalah nomor satu.

 

Meskipun minyak kelapa murni memiliki stabilitas oksidatif yang serupa, karena kandungan lemak jenuh yang tinggi, kandungannya sangat rendah antioksidan. Sebagai perbandingan, extra virgin olive oil kaya akan antioksidan bermanfaat seperti tokoferol dan hydroxytyrosol.

 

Selain itu, jika kamu menggunakan minyak secara teratur, kamu harus mempertimbangkan efek kesehatan dari lemak utamanya. Lemak jenuh dalam minyak kelapa tidak memiliki manfaat yang diketahui sementara lemak tak jenuh tunggal minyak zaitun tampaknya secara signifikan bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

 

Ingin mencoba manfaat extra virgin olive oil ini? Yuk, beli sekarang di Sayurbox!

 

 

6. Membuat makanan lebih bergizi

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil membuat makanan lebih bergizi. (Foto: Pixabay)

Masih belum yakin bahwa extra virgin olive oil harus menjadi minyak goreng utama. Studi menunjukkan bahwa memasak dengan extra virgin olive oil bahkan dapat meningkatkan kandungan nutrisi makanan kamu.

 

Ini karena kandungan antioksidan dalam extra virgin olive oil sangatlah tahan terhadap panas tinggi sehingga tidak rusak dan malah diserap oleh makanan yang dimasak. Selain itu, manfaat extra virgin olive oil juga membantu makanan yang dimasak untuk mempertahankan beberapa nutrisi yang biasanya hilang melalui memasak.

 

Misalnya, satu studi menunjukkan bahwa ketika brokoli dimasak dengan minyak bunga matahari atau bahkan minyak zaitun olahan, beberapa senyawa bermanfaat dalam brokoli, seperti vitamin C berkurang. Namun, ketika dimasak dalam Extra Virgin Olive Oil, kadar senyawa bermanfaat tersebut tidak berubah.

 

Baca juga: Segudang Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

 

7. Konsumsi extra virgin olive oil dapat meningkatkan kesehatan tulang

manfaat extra virgin olive oil
Konsumsi extra virgin olive oil dapat meningkatkan kesehatan tulang. (Foto: Pixabay)

Minyak zaitun, terutama yang kaya polifenol seperti extra virgin olive oil, dapat mencegah keropos tulang akibat penuaan. Penelitian pada hewan dan manusia mengusulkan bahwa minyak zaitun dapat menghambat reabsorpsi tulang atau pemecahan kalsium dan meningkatkan pembentukan tulang.

 

Hasil penelitian terbaru pada 870 orang mendukung teori ini. Mereka menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi extra virgin olive oil dalam jumlah tertinggi memiliki risiko 51% pengurangan patah tulang.

 

8. Diet tinggi kandungan extra virgin olive oil baik untuk kesehatan otak

manfaat extra virgin olive oil
Diet tinggi kandungan extra virgin olive oil baik untuk kesehatan otak. (Foto: Pixabay)

Minyak zaitun berpotensi mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia terkait usia. Komponen fenolik dari extra virgin olive oil dapat membantu membersihkan senyawa yang menyebabkan degenerasi otak.

 

Satu studi membandingkan diet mediterania extra virgin olive oil yang disempurnakan dengan diet rendah lemak standar dan menemukan mereka yang berada dalam diet extra virgin olive oil mengalami penurunan kognitif yang lebih rendah, seperti kehilangan fungsi otak dan ingatan setelah 6,5 tahun mengikuti diet.

 

9. Masker extra virgin olive oil dapat mengencangkan kulit wajah

manfaat extra virgin olive oil
Masker extra virgin olive oil dapat mengencangkan kulit wajah. (Foto: Pixabay)

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Selain itu minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

 

Oleh karena itulah manfaat extra virgin olive oil mampu mengencangkan kulit wajah yang efektif. Cukup dengan menggunakan masker yang terbuat dari 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.

 

Baca juga: Mengenal Virgin Coconut Oil

 

10 Dapat menebalkan alis dan bulu mata

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil dapat menebalkan alis dan bulu mata. (Foto: Pixabay)

Extra Virgin Olive Oil mengandung nutrisi seperti vitamin E. Vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka kamu akan mempunyai alis dan bulu mata yang lebat dan tentu saja natural.

 

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah, gunakan minyak zaitun yang benar-benar alami dan belum tercampur dengan bahan-bahan kimia. Caranya adalah olesekan extra virgin olive oil pada alis dan bulu mata sebelum tidur, biarkan semalaman lalu bersihkan wajah keesokan harinya.

 

11. Membantu merawat kesehatan rambut

manfaat extra virgin olive oil
Olive oil membantu merawat kesehatan rambut. (Foto: Pixabay)

Manfaat extra virgin olive oil bagi kecantikan yang terakhir adalah merawat kesehatan rambut kamu. Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut.

 

Selain itu, rambut kamu juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi kamu yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

 

Setelah tahu manfaat extra virgin olive oil untuk kesehatan dan kecantikan ini, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, beli extra virgin olive oil di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini.

 

Related Articles

10 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya yang Perlu Kamu Tahu

Saat masa kehamilan, setiap calon ibu pastinya dituntut untuk menjaga asupan pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Di antara...

Selain untuk Diet, Ini 11 Manfaat Beras Hitam yang Bisa Kamu Coba

Beras hitam memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga dipercaya ada banyak manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Jika...

Tidak Hanya Mencerahkan, Ini 7 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

Terdapat begitu banyak manfaat dari Jeruk Lemon bagi kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan pH tubuh, dan...

Post Comment