Written by at November 07, 2022
Manfaat Produk

11 Manfaat Genjer, Bikin Kulit Sehat dan Bisa Cegah Kanker

Pernah tahu genjer atau mungkin pernah makan genjer? Nah, sayuran satu ini biasanya populer banget di kampung-kampung apalagi di tempat yang dekat rawa atau empang. Biasanya genjer dimasak dengan cara ditumis dan disajikan pakai sambal.  Jangan salah ya, manfaat genjer itu sendiri ternyata ada banyak banget. Yuk, simak satu per satu apa aja sih sebenarnya manfaat dari sayuran ini!

manfaat genjer

1. Sumber Energi bagi Tubuh

Daun genjer ternyata bisa jadi sumber energi yang bagus bagi tubuh. Selain protein, tubuh bisa mendapatkan energi optimal dari karbohidrat dan lemak. Menariknya, ketiga jenis nutrisi tersebut ternyata ada di dalam sayuran genjer. Jadi makan genjer akan membuat tubuh mendapatkan asupan sumber energi yang lengkap dan cocok dikonsumsi sehari-hari sebelum beraktivitas.

Biasanya orang-orang di desa menjadikan si genjer ini sebagai menu makan siang. Setelah pada beraktivitas, orang-orang akan makan genjer untuk menambah energi lagi. Jadi tubuh akan dapat energi lebih banyak untuk melanjutkan aktivitas setelah istirahat siang.

2. Melawan Radikal Bebas

Setiap harinya, tubuh manusia itu pasti kemasukan radikal bebas. Sumbernya macam-macam, bisa dari polusi udara atau mungkin dari makanan yang masuk ke tubuh. Kalau dibiarkan saja, radikal bebas tadi bisa memicu banyak penyakit. Solusinya mudah, tubuh harus mendapatkan antioksidan agar bisa melawan radikal bebas tadi.

Nah, genjer adalah salah satu jenis sayuran yang kaya antioksidan. Genjer mengandung karoten yang akan menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Jadi kerusakan sel akibat radikal bebas bisa dicegah jika rutin makan genjer. Tubuh juga bisa lebih mudah terhindar dari berbagai penyakit karena efek radikal bebas diminimalkan oleh genjer.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Genjer juga bisa membuat tekanan darah dalam tubuh jadi lebih terkendali. Catat ya, genjer itu mengandung kalium yang cukup tinggi. Kalium ini bisa membantu menjaga tekanan darah dan menetralkan kelebihan natrium di dalam tubuh. Kalau kadar natrium tidak dinetralkan dan jadi terlalu tinggi, maka tekanan darah juga akan melonjak tinggi.

Buat kaum penderita hipertensi, genjer ini bisa jadi salah satu menu harian yang berkhasiat. Konsumsi genjer akan membantu menyeimbangkan kadar natrium dan membuat tekanan darah lebih terkontrol. Tapi ingat ya, jangan masak genjer pakai garam yang terlalu banyak supaya manfaat ini lebih optimal.

4. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat genjer memang banyak banget, salah satunya bisa memelihara kesehatan tulang. Seiring berjalannya waktu, biasanya kepadatan tulang juga jadi berkurang. Risiko osteoporosis juga akan membayangi di masa tua. Nah, supaya risiko tersebut berkurang dan kesehatan tulang selalu terjaga maka coba deh konsumsi genjer secara rutin.

Gak cuma tulang, genjer juga akan membantu menjaga kesehatan gigi. Kalau mau gigi dan tulang yang sehat di masa tua, mending rajin-rajin makan genjer deh mulai dari sekarang. Gak perlu ribet-ribet makan suplemen, makan genjer aja yang rutin karena bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi secara optimal.

5. Melancarkan Kerja Saluran Cerna

Genjer ini dikenal sebagai sayuran yang kaya akan serat. Jadi gak heran kalau konsumsi genjer bisa membantu memperlancar kerja saluran cerna. Biasanya genjer ini paling banyak direkomendasikan untuk mengatasi masalah sembelit atau konstipasi. Serat yang cukup banyak pada genjer akan membantu feses lebih mudah untuk dikeluarkan.

Nah, ibu-ibu hamil yang sering mengalami masalah konstipasi biasanya disarankan makan genjer. Sayuran ini akan membuat para ibu hamil lebih mudah BAB. Menariknya lagi, genjer juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker saluran cerna yaitu kanker usus.

Baca juga: 12 Manfaat Pare, Si Pahit yang Kaya Nutrisi dan Antioksidan

6. Melawan Infeksi Bakteri

Serangan bakteri bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Infeksi akibat bakteri ini bisa berdampak buruk lho bagi tubuh. Jadi penting sekali bagi tubuh untuk memiliki sistem perlawanan yang kuat. Salah satunya dengan mengonsumsi genjer yang berpotensi melemahkan beragam jenis bakteri.

Menurut penelitian, senyawa pada genjer bisa melawan beberapa jenis bakteri. Mulai dari S. aureus, S. pyogenes, sampai P. Aeruginosa. Semua bakteri tersebut bisa menyebabkan beragam penyakit infeksi. Manfaat genjer adalah melawan semua bakteri tersebut dan mencegah terjadinya infeksi.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Nyangka gak kalau genjer itu ternyata bisa menjaga kesehatan kulit? Faktanya nih, makan sayur memang bisa membantu menjaga kulit jadi lebih sehat dan cantik. Salah satu jenis sayur yang direkomendasikan adalah genjer. Genjer ini mengandung vitamin C dalam kadar yang cukup tinggi. Nah, si vitamin C inilah yang akan menjalankan fungsinya untuk mendukung produksi kolagen.

Menariknya lagi, genjer juga akan membantu mendukung jaringan ikat di rambut, kulit, dan kuku. Jadi gak heran nih kalau orang yang rajin makan genjer punya rambut dan kuku yang sehat. Nah, kalau ada luka di kulit maka genjer ini juga bisa jadi salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi karena bisa membantu proses penyembuhan luka tadi.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat genjer berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan mata. Genjer ini jadi salah satu sayuran yang bisa memelihara fungsi penglihatan secara optimal. Di dalamnya ada kandungan karoten yang akan melindungi sel-sel di bagian mata. Jadi gak aneh juga kalau konsumsi genjer disebut-sebut bisa mencegah berbagai jenis penyakit mata atau gangguan penglihatan.

Buat Sayurfriends yang punya masalah penglihatan atau mungkin pakai kacamata, coba deh rajin makan genjer. Sayuran ini akan membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan meminimalkan risiko berkurangnya fungsi penglihatan.

9. Memelihara Jantung agar Tetap Sehat

Genjer ternyata juga bisa menjaga kesehatan jantung. Sayuran yang satu ini punya kandungan zat polifenol yang bisa berperan sebagai antioksidan. Fungsi utamanya adalah menghancurkan radikal bebas yang bisa mengalir di dalam darah dan menyerang jantung. Jadi risiko penyakit jantung bisa diturunkan berkat konsumsi genjer yang kaya polifenol.

10. Meningkatkan Nafsu Makan

Percaya gak kalau genjer bisa membantu meningkatkan nafsu makan seseorang? Genjer itu sendiri sebenarnya punya cita rasa yang sedikit pahit. Tapi menariknya rasa pahit tersebut justru membuat genjer jadi disukai. Orang-orang yang nafsu makannya lagi rendah, bisa dicoba makan genjer pasti jadi banyak nambah nasi.

11. Sumber HDL

Genjer yang enak dan mudah diolah ini ternyata jadi salah satu sumber HDL bagi tubuh. Tahu gak HDL itu apa? HDL adalah high density lipoprotein atau biasa juga disebut sebagai lemak baik. Si HDL ini sangat dibutuhkan oleh tubuh jadi harus didapatkan dari sumber makanan dan salah satunya dari genjer.

Nantinya HDL akan membantu membersihkan lipid dari lemak jahat atau LDL. Fungsi utama dari HDL itu sendiri adalah menurunkan lemak jahat dan mencegah kadar kolesterol meningkat. Jadi rajin-rajin aja ya makan genjer supaya lemak jahat di tubuh bisa berkurang.

Ada banyak banget ya manfaat genjer bagi tubuh. Sayuran ini sangat cocok dikonsumsi jadi menu keluarga sehari-hari. Biasanya ditumis atau bisa juga dijadikan lalap dengan sambal, sesuaikan aja ya sama selera masing-masing!

Beli Genjer Sekarang

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...