Written by at February 23, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

11 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Siapa yang bisa menolak kenikmatan lemon iced tea? Minuman yang merupakan campuran dari teh ditambah dengan keasaman yang pas dari jeruk lemon menjadikannya begitu menyegarkan. Jeruk lemon kaya akan asam sitrat, vitamin C, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, dan vitamin E. Nutrisi ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan. Faktanya, jeruk lemon dapat mendukung kesehatan jantung, pengontrolan berat badan, dan kesehatan pencernaan. Yuk, ketahui lebih lanjut 11 manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang perlu kamu tahu di sini.

 

Ini manfaat jeruk lemon untuk kesehatan

manfaat jeruk lemon untuk kesehatan
Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lemon kaya akan vitamin C, yang bagus untuk melawan selesma (gejala yang lebih ringan dari flu). Vitamin C telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih. Sel-sel darah putih itu adalah sel-sel pembela yang menyerang bakteri dan virus. Vitamin C juga dapat menjaga sel-sel kekebalan yang ada lebih sehat dan lebih mampu menghasilkan cukup banyak jenis antibodi yang menempel pada virus dan bakteri untuk dihancurkan.

 

2. Jeruk Lemon baik untuk otak

Jeruk lemon kaya akan kalium, yang menurut penelitian menunjukkan merangsang fungsi otak dan saraf. Satu buah jeruk lemon mengandung 80 miligram mineral penting untuk fungsi sel dan otot dasar dan menjaga keseimbangan cairan tubuh kamu.

 

Baca juga: Makanan Terbaik Untuk Ibu Hamil

 

3. Jeruk Lemon menyeimbangkan pH tubuh

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa jeruk lemon bersifat asam di luar tubuh, efeknya bersifat alkali setelah sepenuhnya ada dalam metabolisme.

 

Ini berarti minum jeruk lemon hangat di pagi hari dapat meningkatkan pH tubuh kamu, meningkatkan fungsi dan struktur sel yang sehat dan menciptakan lingkungan yang kuat terhadap bakteri dan virus.

 

4. Mendukung kesehatan jantung

Jeruk lemon adalah sumber vitamin C. Satu buah jeruk lemon menyediakan sekitar 31 mg vitamin C, yang merupakan 51% dari asupan kebutuhan harian. Penelitian menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran yang kaya vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, bukan hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung kamu, senyawa serat dan tanaman dalam lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

 

Sebagai contoh, satu studi mengungkapkan bahwa makan 24 gram ekstrak serat jeruk setiap hari selama sebulan mengurangi kadar kolesterol darah total. Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, yaitu hesperidin dan diosmin juga telah ditemukan untuk menurunkan kolesterol.

 

5. Membantu mengontrol berat badan

Jeruk lemon sering dipromosikan sebagai makanan penurun berat badan, serat pektin yang larut di dalam jeruk lemon mengembang di perut kamu, sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Banyak orang percaya dengan meminum jeruk lemon hangat di pagi hari, membantu mereka menurunkan berat badan lebih cepat.

 

Ingin mencoba manfaat jeruk lemon untuk kesehatan? Segera lihat rekomendasi dan beli jeruk lemon berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

 

jeruk lemon

6. Melindungi tubuh terhadap anemia

Anemia defisiensi besi cukup umum, ini terjadi ketika kamu tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang kamu konsumsi. Jeruk lemon mengandung zat besi, tetapi utamanya mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Usus kamu menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan (dikenal sebagai besi heme) dengan sangat mudah, sedangkan zat besi dari sumber tanaman (zat besi non-heme) tidak mudah.

 

Namun, penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat. Karena lemon mengandung vitamin C dan asam sitrat, mereka dapat melindungi tubuh dari anemia dengan memastikan bahwa kamu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan kamu.

 

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat pectin dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Efek ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

 

Baca juga: Sumber Makanan Penting untuk Gizi Ibu Hamil

 

8. Jeruk Lemon bersifat diuretik

Minum air jeruk lemon hangat sepanjang hari akan meningkatkan intensitas buang air kecil kamu. Oleh karena itu, racun dikeluarkan dari tubuh kamu dengan laju yang lebih cepat, yang kemudian membuat saluran kemih kamu tetap sehat.

 

Lebih baik lagi, asam sitrat dalam lemon bahkan dapat membantu mencegah batu ginjal dengan membuat urine menjadi kurang asam dan memberi tubuh kamu sitrat yang dibutuhkan untuk memecah atau membersihkan batu ginjal kecil. Lemon sebenarnya memiliki konsentrasi sitrat tertinggi dari buah jeruk apapun. Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat minum air jeruk lemon di pagi hari terbukti menurunkan pembentukan batu ginjal.

 

9. Menyegarkan nafas

Air jeruk lemon hangat tidak hanya membuat nafas kamu lebih enak, tetapi juga membantu meringankan sakit gigi dan radang gusi. Namun, hati-hati menyikat gigi setelah minum air jeruk lemon hangat kamu di pagi hari. Asam sitrat dalam jeruk lemon dapat mengikis enamel gigi, sehingga kamu harus memantau ini.

 

10. Jeruk Lemon membantu masalah pernapasan

Jeruk lemon hangat membantu menghilangkan infeksi dada dan menghentikan batuk-batuk. Diperkirakan juga bermanfaat bagi penderita asma dan alergi. Ini karena vitamin C dalam jeruk lemon meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan senyawa limonene juga membantu tubuh melawan pemicu asma. Antioksidan dalam jeruk lemon dapat membantu tubuh melawan alergen dan iritan. Sifat antiseptik lemon juga membantu dalam mencegah penumpukan lendir.

 

Baca juga: Ketahui 7 Kandungan Madu dan Manfaatnya untuk Kesehatan

 

11. Jeruk Lemon baik untuk hati

Senyawa dalam jeruk lemon juga dapat membantu hati kamu melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menyaring racun keluar dari tubuh kamu. Ini karena flavonoid dalam jeruk lemon dapat melindungi hati terhadap kerusakan yang disebabkan oleh racun dan juga mengurangi lemak di hati. Jeruk lemon sendiri mungkin bukan agen detoksifikasi, tetapi bisa juga banyak membantu tubuh kamu membersihkan diri secara alami.

 

Sekarang kamu telah memahami 11 manfaat jeruk lemon untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Tunggu apalagi? Segera lihat rekomendasi dan beli jeruk lemon berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

jeruk lemon

Related Articles

7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Ingin Lebih Sehat? Coba 6 Buah untuk Detoksifikasi Tubuh Ini

Gaya hidup masa kini yang kian jauh dari standar sehat memang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Konsumsi junkfood, alkohol, hingga...

Selain untuk Kulit, Ini 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pembahasan tentang lidah buaya merupakan suatu hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bagaiamana tidak, lidah buaya adalah tanaman obat...

Post Comment