Written by at November 06, 2022
Manfaat ProdukResep

11 Manfaat Kangkung, Sayuran Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

Hidup sehat bisa dimulai dengan banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi sayur kangkung. Salah satu sayuran berdaun hijau yang punya segudang manfaat bagi tubuh ini, bisa dengan mudah Sayurfriends temukan di pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Penasaran apa aja manfaat kangkung yang bisa Sayurfriends peroleh? Yuk simak ulasannya berikut ini.

manfaat kangkung

1. Menurunkan Kolesterol

Siapa nih yang sering mengeluh badannya gak enak gegara kolesterolnya tinggi? Tingginya kolesterol menandakan kalau tubuh Sayurfriends sedang gak baik-baik aja. Jika dibiarkan begitu saja, maka kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh akan bisa berujung pada penyumbatan pembuluh darah di otak, karena asupan oksigen dan darah yang otomatis berkurang.

Salah satu cara yang bisa Sayurfriends lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi adalah mengonsumsi sayur kangkung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan atas tikus, pengonsumsian kangkung berhasil menurunkan kadar kolesterol, berikut dengan triglikosida. Maknanya, sayuran berdaun hijau satu ini berperan dalam menurunkan kadar kolesterol tersebut.

2. Membantu Menangani Penyakit Kuning

Dalam metode pengobatan Ayurveda, sayur kangkung kerap digunakan sebagai obat untuk penderita penyakit kuning dan gangguan pada organ hati. Penelitian menunjukkan kalau ekstrak kangkung bisa membantu melindungi hati dari kerusakan hati yang disebabkan oleh senyawa kimia, disebabkan karena kandungan enzim detoksifikasi seperti antioksidan yang dimilikinya.

3. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi tubuh yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah sehat di dalam tubuh. Padahal, sel darah merah ini sangat dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Salah satu tipe anemia ini adalah anemia yang disebabkan karena kurangnya kadar zat besi di dalam tubuh.

Salah satu cara mencegah dan mengatasi anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayur kangkung. Orang-orang yang mengalami anemia dan ibu hamil bisa mengonsumsi sayur kangkung untuk mencukupi kebutuhan zat besinya. Zat besi ini akan digunakan oleh sel darah merah untuk membentuk hemoglobin.

4. Melancarkan Proses Pencernaan

Bagi Sayurfriends yang kerap kali mengalami masalah pencernaan, seperti susah buang air besar atau konstipasi, konsumsilah sayur kangkung untuk mengatasinya. Kangkung merupakan sayuran yang kaya akan serat, sehingga akan sangat membantu dalam melancarkan proses pencernaan. Sifat laksatif yang dimilikinya juga akan membantu mengatasi masalah pencernaan.

Selain untuk melancarkan proses pencernaan, sayur kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan intestinal worm infestation atau infestasi cacing usus. Manfaatnya ini bisa diperoleh karena sayur kangkung mengandung lateks yang memiliki fungsi sebagai agen purgatif atau agen untuk membersihkan pencernaan.

5. Melindungi Jantung

Manfaat kangkung selanjutnya adalah melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kangkung memiliki kandungan berupa nutrisi esensial, seperti vitamin A dan vitamin C, serta beta karoten dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Kandungannya ini bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga bisa mencegah oksidasi radikal bebas.

Selain itu, kangkung juga memiliki kandungan berupa magnesium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan pada jantung atas kerusakan atau penyakit yang mungkin dialaminya. Kandungan folat pada kangkung juga membantu mengubah homosistein, yang jika dibiarkan bertumpuk akan bisa memicu strok atau serangan jantung.

Baca juga: 13 Manfaat Bayam Bagi Tubuh, Superfood yang Bantu Cegah Kanker

6. Mencegah Penyakit Kanker

Yuk cegah penyakit kanker dengan mengonsumsi sayur kangkung. Sayur kangkung diketahui memiliki setidaknya 13 tipe antioksidan yang berbeda, sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi dalam rangka melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker. Maka dari itu, Sayurfriends gak perlu ragu untuk rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau satu ini.

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kangkung akan mengusir radikal bebas di dalam tubuh, sehingga potensi terjadinya kerusakan sel yang berujung pada munculnya sel kanker akan bisa dihindari. Sayur kangkung sendiri disebut bermanfaat dalam mencegah kanker perut, kanker kulit, dan kanker payudara.

7. Memelihara Kesehatan Mata

Yuk pelihara dan jaga kesehatan mata dari sekarang dengan mengonsumsi sayur kangkung. Kangkung merupakan sayuran yang kaya akan karotenoid, vitamin A, dan lutein, di mana ketiga kandungannya ini merupakan nutrisi yang sangat vital sifatnya bagi kesehatan mata. Sayur kangkung juga bisa meningkatkan level glutation, yang berperan penting dalam pencegahan katarak.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Padatnya aktivitas gak jarang memang membuat tubuh jadi mudah jatuh sakit. Makanya, Sayurfriends perlu mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Sayurfriends bisa menjalankan aktivitas dengan optimal dan penuh energi. Agar daya tahan tubuh bisa meningkat, Sayurfriends bisa rutinkan mengonsumsi sayur kangkung.

Sayur kangkung yang kaya akan nutrisi merupakan salah satu pilihan tepat bagi Sayurfriends yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin, sistem imun tubuh akan mengalami peningkatan, serta memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan dengan cara menetralkan dan mengeliminasi racun di dalam tubuh.

9. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang gak nyenyak atau bahkan mengalami insomnia, akan bisa mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Bagaimana tidak, tubuh yang seharusnya bisa beristirahat dengan rileks di malam hari, malah harus tetap berjaga dikarenakan banyaknya pikiran atau tekanan yang mungkin memicunya. Alhasil, keesokan harinya tubuh terasa lemas dan gak berenergi.

Sayurfriends yang ingin meningkatkan kualitas tidur, bisa coba untuk konsumsi sayur kangkung. Kangkung memiliki kandungan berupa selenium dan zink, yang bisa membantu menenangkan atau memberi efek rileks pada saraf tubuh, sehingga bisa membuat tidur lebih mudah dan lelap. Coba konsumsi kangkung secara rutin untuk merasakan efeknya ini.

10. Mencegah Penuaan Dini

Siapa sih yang gak ingin punya wajah yang kelihatan awet muda? Namun, gegara paparan sinar matahari dan radikal bebas, tanda-tanda penuaan dini sangat berisiko untuk muncul di wajah. Jika sudah begini, jangan heran jika saat Sayurfriends berkaca, noda hitam dan kerutan di wajah akan mudah untuk ditemukan.

Agar penuaan dini ini bisa dicegah, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayur kangkung. Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh sayur kangkung akan mengusir radikal bebas yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit. Dengan begini, tanda penuaan dini akan bisa dicegah dan diatasi, sehingga kulit wajah jadi terlihat lebih glowing.

11. Memelihara Kesehatan Rambut

Jaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan sayur kangkung. Nutrisi melimpah yang dimiliki oleh kangkung akan bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan. Alhasil, mimpi Sayurfriends untuk memiliki rambut yang sehat akan bisa diwujudkan.

Gak melulu harus mengeluarkan banyak uang untuk bisa sehat. Lihat saja, betapa banyak manfaat kesehatan yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsi kangkung secara rutin, di mana kangkung ini merupakan sayuran dengan harga yang begitu terjangkau. Yuk rasakan manfaat kangkung ini dengan rutin mengonsumsinya dari sekarang.

Beli Kangkung Sekarang

Related Articles

Yuk, Ikutan Tantangan Kreasi Masak #SAMBA!

Halo, Sayurfriends Jabodetabek! Punya bakat memasak? Jangan biarkan bakatmu hanya diketahui oleh kompor, talenan, dan pisau yang ada di...

7 Makanan Khas Arab Ini Banyak yang Suka!

Apakah Sayurfriends punya hobi icip-icip kuliner dari berbagai negara? Jika iya, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba kelezatan...

5 Inspirasi Resep Sambal Bawang, Rasa Pedasnya Endul Banget!

Sambal bawang sudah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Hanya dengan bermodalkan sambal bawang ini saja, makan...