Written by at February 21, 2020
Manfaat Sayur dan Buah

Selain Mencerahkan Kulit, Ini 11 Manfaat Masker Beras untuk Wajah

Beras merupakan salah satu makanan pokok yang sangat populer di kalangan orang Asia, termasuk Indonesia. Namun, tahukah kamu? Ternyata, beras juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah, lho! Beras dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat masker wajah alami. Nah, selain untuk mencerahkan kulit, berikut ini 11 manfaat masker beras untuk wajah.

 

Ini manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras
Manfaat Masker Beras untuk Wajah. (Foto: Pixabay)

1. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat masker beras yang pertama yaitu untuk menjaga kelembapan dan mengontrol minyak pada kulit wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah normal dan cenderung berminyak, menggunakan masker beras diyakini mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

 

2. Membersihkan wajah secara maksimal

Bagi pemilik kulit wajah sensitif, pastinya kamu memerlukan perawatan ekstra untuk menjaganya tetap sehat. Pasalnya, debu dan kotoran dapat membuat wajah menjadi jerawatan bahkan bisa menyebabkan terjadinya peradangan. Untuk membantu membersihkan wajah lebih maksimal, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan masker beras.

 

Beras sendiri diyakini dapat berperan aktif sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Scrub beras juga ampuh membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa debu dan kotoran yang menempel di wajah. Hasilnya, pasti wajah kamu akan lebih bersih dan cerah.

 

3. Meremajakan kulit

Tak hanya membersihkan, manfaat masker beras lainnya yaitu bisa menjaga kulit wajah lebih kencang dan kenyal. Salah satu kandungan di dalamnya, yaitu selenium, diyakini bermanfaat sebagai antiinflamasi dan bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit wajah. Selain itu, beras juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang pastinya bisa menjaga elastisitas kulit wajah tetap kencang.

 

Baca juga: 11 Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Bisa Kamu Coba

 

4. Menjaga kecerahan kulit

Siapa, sih, yang tidak ingin punya wajah cerah dan glowing? Nah, manfaat masker beras lainnya yaitu bisa menjaga kecerahan kulit wajah kamu. Salah satu kandungan yang bernama gamma-oryzanol diyakini mampu mengontrol melanin pada kulit. Pasalnya, zat ini juga kerap digunakan pada produk-produk pelindung kulit seperti pada tabir surya.

 

5. Sebagai antioksidan alami

Selain faktor dari dalam tubuh, faktor udara dan kebersihan sekitar juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan wajah kamu, lho. Apalagi, paparan sinar UV, polusi udara, dan radikal bebas yang menyebar tanpa kamu sadari. Pastinya, bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti gejala penuaan, kulit menjadi sensitif, bahkan timbulnya jerawat dan komedo.

 

Jika sudah begini, pastinya bisa mengurangi kepercayaan diri kamu. Dengan memanfaatkan beras sebagai masker, maka antioksidan yang terkandung di dalamnya akan berperan sebagai pelindung kulit dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel pada kulit wajah kamu.

 

Tertarik untuk membuat masker beras di rumah? Yuk, beli bahan-bahannya sekarang juga di Sayurbox!

masker beras

 

6. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang membesar tentu tak hanya mengganggu penampilan wajah saja, namun juga membuat debu dan kotoran lebih mudah masuk, sehingga wajah mudah berkomedo dan berjerawat. Jika sudah begini, maka kulit akan nampak kusam.

 

Masalah lain yang muncul, yaitu ketika kamu menggunakan make up. Apabila pori-pori kamu tergolong besar, maka make up akan lebih mudah luntur. Hal ini dikarenakan pada pemilik pori-pori besar, umumnya juga memiliki masalah minyak yang berlebih. Dengan menggunakan masker beras secara teratur, maka bisa membantu memperkecil pori-pori wajah kamu.

 

7. Menghilangkan flek hitam

Selanjutnya, masker beras juga ampuh dalam mengatasi munculnya flek hitam di wajah. Flek hitam sendiri bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktor yang paling umum, yaitu paparan langsung sinar matahari ke area wajah. Sebagai pencegahan, mungkin kamu bisa menggunakan tabir surya. Namun, apabila flek hitam telah muncul, kamu bisa menggunakan masker beras sebagai alternatif solusinya.

 

Baca juga: 5 Bahan Natural Untuk Melembabkan Kulit Wanita

8. Mengencangkan kulit

Kulit wajah lebih kencang tentunya menjadi idaman setiap wanita. Seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi kolagen dalam tubuh juga akan menurun. Hal itu tentu akan mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Namun, jangan khawatir! Masker beras ternyata juga bermanfaat sebagai pengencang kulit wajah.

 

Saat pemakaian, ada baiknya kamu mengoleskannya hingga leher. Bukan tanpa alasan, pasalnya bagian leher juga berisiko mengalami keriput dan mengendur karena meningkatnya usia.

 

9. Menghilangkan jerawat

Jerawat yang muncul pastinya bisa mengganggu penampilan seseorang. Selain itu, jerawat juga kerap menimbulkan rasa sakit pada penderitanya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengombinasikan beras dengan madu dan minyak zaitun. Kamu bisa menghaluskan dan mencampurkan bahan-bahan tersebut menjadi pasta.

 

Setelah itu, kamu bisa mengoleskannya ke wajah sebagai masker. Kombinasi bahan-bahan tersebut tak hanya bisa mengatasi jerawat saja, tetapi komedo-komedo yang membandel juga bisa terangkat.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Wajib Kamu Coba

 

10. Memutihkan kulit

Selain merawat elastisitas kulit, masker beras juga bermanfaat sebagai pemutih wajah alami. Untuk mendapatkan kulit putih, gunakan masker beras ini secara rutin dan teratur.

 

11. Membuat kulit menjadi lebih halus

Untuk kamu yang ingin menghaluskan kulit, kamu bisa mencoba menggunakan masker beras. Selain vitamin yang terkandung di dalamnya cukup tinggi, menggunakan masker beras juga lebih aman karena tanpa ada efek samping. Untuk lebih memaksimalkannya, kamu bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya seperti madu dan minyak zaitun.

 

Wah, ternyata banyak juga, ya, manfaat masker beras ini untuk wajah. Selain alami, penggunaannya pun tergolong mudah. Pastinya, cara ini bisa kamu coba di rumah. Tertarik untuk membuat masker beras di rumah? Yuk, beli bahan-bahannya sekarang juga di Sayurbox!

masker beras

Related Articles

7 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Wajib Dicoba

Ubi ungu, merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas L, ubi ungu juga populer dengan nama...

Ingin Lebih Sehat? Coba 6 Buah untuk Detoksifikasi Tubuh Ini

Gaya hidup masa kini yang kian jauh dari standar sehat memang mengkhawatirkan bagi banyak orang. Konsumsi junkfood, alkohol, hingga...

Selain untuk Kulit, Ini 9 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Pembahasan tentang lidah buaya merupakan suatu hal yang umum bagi masyarakat Indonesia. Bagaiamana tidak, lidah buaya adalah tanaman obat...

Post Comment