Written by at March 12, 2021
Manfaat Sayur dan Buah

Cari Tahu 11 Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang, minyak canola mungkin masih terdengar asing. Tidak hanya sebatas digunakan untuk memasak saja, minyak canola juga diyakini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dan tidak hanya untuk tubuh saja, minyak ini juga mampu menjaga kesehatan rambut dan kulit. Untuk kamu yang belum tahu manfaat minyak canola, minyak ini bahkan pernah mendapat predikat sebagai salah satu minyak tersehat, lho.

Minyak yang berasal dari biji tanaman kanola ini memiliki nama ilmiah Brassica napus. Dari sisi kandungan, minyak canola kaya akan asam alpha-linolenat dan asam linoleat. Kedua asam tersebut merupakan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang penting dan bermanfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelas mengenai manfaat minyak yang satu ini, berikut adalah 11 manfaat minyak canola untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

Ini manfaat minyak canola yang wajib kamu tahu

manfaat minyak canola
Manfaat Minyak Canola untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Membuat jantung sehat

minyak canola
Foto: Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, predikat minyak canola sebagai minyak sehat tidak lain karena minyak ini merupakan salah satu minyak yang baik untuk jantung.

Pasalnya, minyak canola mengandung sedikit lemak jenuh sehingga tidak akan mengganggu kesehatan jantung. Tidak hanya itu, asam lemak dan sterol yang dikandungnya juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain bebas kolesterol, fitosterol yang ada di dalamnya juga bermanfaat untuk menurunkan dan menyerap kolesterol dari makanan lain yang kamu konsumsi.

2. Mengurangi kolesterol jahat

minyak canola
Foto: Pixabay

Menyambung poin sebelumnya, manfaat lain minyak canola yaitu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau yang dikenal dengan low density lipoprotein (LDL). Selain itu, kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi dalam minyak kanola juga berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik atau juga yang dikenal dengan high density lipoprotein (HDL).

3. Menurunkan peradangan

minyak canola
Foto: Pixabay

Untuk kamu yang memiliki masalah peradangan, minyak canola juga bisa menjadi alternatif untuk meringankan masalah tersebut. Maka tidak heran jika minyak ini kerap digunakan untuk mengurangi kekakuan sendi. Untuk itu, kamu yang memiliki masalah arthritis bisa menggunakan minyak ini sebagai peredanya.

Baca juga: Mengenal Virgin Coconut Oil

4. Meningkatkan proses metabolisme

minyak canola
Foto: Pixabay

Untuk menjalankan banyak aktivitas, tentunya tubuh membutuhkan energi melalui proses metabolisme. Siapa sangka, minyak canola ternyata baik untuk membantu proses metabolisme tubuh sehingga bisa meningkat energi dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko kanker

minyak canola
Foto: Pixabay

Kanker memang masih menjadi momok yang menakutkan. Untuk menekan risiko tersebut, kamu bisa memanfaatkan minyak canola sebagai solusi. Hal ini tidak lain karena kandungan vitamin E yang dimilikinya cukup efektif dalam mencegah dan menurunkan perkembangan risiko kanker di dalam tubuh.

Ingin mencoba manfaat minyak canola untuk kesehatan tubuh kamu? Kini kamu bisa membeli minyak goreng sehat di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang juga!

manfaat minyak canola

 

6. Mencegah kerusakan sel

minyak canola
Foto: Pixabay

Masih seputar kandungan vitamin E, siapa sangka jika kandungan tersebut di minyak ini juga bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini tidak lain karena sifat antioksidan pada vitamin E bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.

Baca juga: Segudang Khasiat Virgin Coconut Oil Untuk Kecantikan

7. Menurunkan kadar gula darah

minyak canola
Foto: Pixabay

Tidak hanya kanker, masalah gula darah juga kerap menjadi persoalan yang dialami masyarakat Indonesia. Mengingat, makanan pokok yang dikonsumsi kebanyakan adalah nasi. Nah, tahukah kamu ternyata minyak canola juga cukup efektif dalam menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini tidak lain karena tingginya lemak tak jenuh tunggal yang dikandunganya sehingga dapat mempermudah tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah atau insulin.

8. Menjaga kesehatan mental dan penuaan otak

minyak canola
Foto: Pixabay

Tidak hanya kesehatan fisik saja, minyak canola juga bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang. Hal ini karena minyak canola mengandung bahan yang berfungsi meningkatkan kesehatan mental serta mencegah terjadinya penuaan otak.

9. Membuat kulit sehat

minyak canola
Foto: Pixabay

Asam lemak yang ada di dalam minyak canola ternyata baik untuk kesehatan kulit, khususnya untuk menjaga kelembapan. Untuk kamu yang memiliki masalah kulit kering, keriput, atau infeksi kulit, minyak ini juga sangat ideal. Selain vitamin E, minyak canola juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit sehingga wajah pun terlihat lebih awet muda.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan & Kecantikan

10. Menjaga kesehatan rambut

minyak canola
Foto: Pexels

Selain kulit, minyak canola juga mampu memberi nutrisi pada rambut dan kulit kepala. Untuk kamu yang memiliki masalah seperti rambut kering, kamu bisa menggunakan minyak ini untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan rambut kamu. Tidak hanya kesehatan, minyak canola juga sangat baik untuk kesuburan rambut. Bahkan, minyak ini juga terbukti efektif dalam mengurangi rambut rontok.

11. Mampu menurunkan berat badan

minyak canola
Foto: Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal, minyak canola dapat menurunkan kolesterol jahat LDL. Ternyata tidak hanya itu, pola makan tinggi lemak tak jenuh tunggal ternyata juga bisa menyebabkan penurunan berat badan setara dengan diet rendah lemak.

Untuk itu, kamu bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak canola selama empat minggu untuk melihat hasilnya. Tidak selalu sama, hasil penurunannya pun mungkin bervariasi. Di satu sisi, hasilnya tersebut tentunya juga berpengaruh pada pola makan dan gaya hidup yang kamu jalani.

Nah, itulah 11 manfaat minyak canola untuk kesehatan tubuh kamu. Bagaimana? Tertarik mengganti minyak goreng kamu dengan minyak canola? Kamu bisa membeli minyak goreng sehat di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang juga!

manfaat minyak canola

Related Articles

Sering Dijadikan Jamu, Ini 11 Manfaat Kencur Bagi Tubuh

Jamu merupakan minuman herbal tradisional yang sudah dikonsumsi masyarakat Indonesia secara turun temurun sejak dahulu. Jamu sendiri...

10 Manfaat Kembang Kol Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekilas, tampilan dan bentuk kembang kol memang mirip dengan brokoli. Namun, perbedaan fisik yang paling mencolok dari keduanya adalah...

Jangan Dibuang, Ini 9 Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Pisang merupakan salah satu buah tropis yang cukup digemari. Selain buah, bagian lain yang juga dimanfaatkan dari pohon buah tersebut,...

Post Comment