Written by at November 15, 2022
Manfaat Produk

11 Manfaat Oatmeal bagi Tubuh, Jaga Jantung dan Bisa untuk Diet

Oatmeal sering jadi pilihan menu sarapan yang dianggap menyehatkan. Faktanya, bahan makanan ini memang bisa bikin tubuh jadi lebih sehat. Banyak sekali manfaat oatmeal yang bisa dirasakan oleh tubuh, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Oatmeal bisa dijadikan pengganti nasi, tetap kenyang dan banyak manfaat. Yuk, simak apa aja manfaat yang diberikan bahan makanan kaya serat ini!

manfaat oatmeal

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

 

Oatmeal populer dikonsumsi oleh orang-orang yang punya masalah kolesterol. Faktanya, oatmeal punya kandungan beta-glukan yang bisa meningkatkan ekskresi empedu. Kolesterol yang tersimpan di dalam empedu bisa dikeluarkan jadi gak akan menumpuk dan bersirkulasi di dalam darah.

Selain itu, oatmeal juga punya kandungan antioksidan dan vitamin C yang ternyata efektif banget untuk mencegah proses oksidasi dari kolesterol LDL. Menurunnya kadar kolesterol ini akan memberikan efek baik untuk jantung. Risiko serangan jantung dan stroke bisa menurun dan tubuh juga jadi jauh lebih sehat, deh.

2. Mengendalikan Gula Darah

 

Selain mengontrol kolesterol, oatmeal ini juga bisa membantu mengendalikan gula darah. Bagi penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2, oatmeal ini disaranin banget buat dikonsumsi. Di dalam oatmeal ada kandungan yang bisa punya kaitan erat sama sensitivitas insulin dalam tubuh.

Fungsi oatmeal dalam mengontrol gula darah ini ternyata masih berhubungan erat lho sama kandungan beta-glukan yang disebutin tadi. Zat ini diketahui bisa membentuk gel tebal yang fungsinya menunda proses pengosongan lambung. Selain itu zat ini juga akan menunda proses penyerapan glukosa ke dalam aliran darah.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

 

Oatmeal ini punya kandungan serat yang sangat tinggi. Jenis seratnya ya beta-glukan tadi. Beta-glukan ini ternyata jenis serat yang mudah larut. Jika zat tersebut masuk ke usus, maka sebagiannya akan larut ke air dan sebagiannya lagi membentuk seperti gel yang bermanfaat untuk melindungi saluran cerna.

Kenapa oatmeal ini bisa meningkatkan kesehatan saluran cerna? Jadi serat larut yang ada di bahan makanan ini ternyata bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Selain itu, serat pada oatmeal juga bisa membantu meningkatkan keteraturan usus dan mencegah terjadinya masalah sembelit.

4. Memenuhi Kebutuhan Gizi

 

Asal tahu aja ya, oatmeal itu ternyata kaya akan zat gizi atau nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat oatmeal itu sendiri adalah memenuhi kebutuhan zat gizi sehingga tubuh jadi selalu sehat. Gak hanya kaya serat, oatmeal juga kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak.

Lebih dari itu, bahan makanan gandum ini juga ternyata punya kandungan vitamin yang beragam. Mineral di dalamnya juga banyak. Gak kalah penting, oatmeal punya zat antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi lengkap banget dan kalau dikonsumsi rutin pasti bisa bikin tubuh jauh lebih sehat.

5. Sumber Antioksidan

 

Tadi sudah disinggung ya kalau oatmeal ini mengandung zat antioksidan. Ternyata kandungan antioksidan dalam oatmeal itu sendiri cukup tinggi. Selain itu ada juga kandungan polifenol yang bekerja melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas. Gak heran nih kalau konsumsi oatmeal sangat direkomendasikan, apalagi untuk mengganti konsumsi makanan yang kurang sehat seperti junk food misalnya.

Baca juga: 11 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Bantu Jaga Kondisi Tubuh

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

Sebelumnya juga sempat dibahas kalau oatmeal ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Ternyata hal ini bukan hanya karena fungsi oatmeal yang bisa mengontrol kadar kolesterol. Lebih dari itu, bahan makanan satu ini punya zat bernama avenanthramides. Zat tersebut bisa membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dan memperlebar pembuluh darah.

Avenanthramides ini akan membantu aliran darah jadi lebih lancar dan punya sifat anti-inflamasi. Jadi gak aneh ya kalau banyak orang tua yang mulai beralih ke oatmeal sebagai menu sarapan. Apalagi kalau mereka punya risiko penyakit jantung yang cukup besar.

7. Menurunkan Berat Badan

 

Salah satu manfaat oatmeal yang cukup populer di kalangan masyarakat khususnya para wanita adalah bisa menurunkan berat badan. Oatmeal ini menjadi salah satu sumber karbohidrat yang sangat bagus untuk dikonsumsi saat Sayurfriends baru program diet. Jadi gak perlu tahan lapar sampai menyiksa diri karena sebenarnya bisa konsumsi oatmeal yang mengenyangkan dan kalorinya rendah.

Kandungan beta-glukan yang dimiliki oleh oatmeal ternyata juga bisa memberikan sensasi kenyang yang jauh lebih lama. Zat tersebut akan meningkatkan hormon yang bisa melawan rasa lapar yaitu hormon cholecystokinin. Jadi Sayurfriends gak akan mudah merasa lapar. Ini bisa jadi kunci penting saat menjalani program diet karena konsumsi makanan lebih terkontrol. Terutama bagi yang punya masalah obesitas ya, coba saja konsumsi oatmeal ini secara rutin.

8. Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar

 

Konsumsi oatmeal ternyata juga bisa membantu menurunkan peluang penyakit kanker. Salah satu manfaat oatmeal adalah bisa mencegah penyakit kanker usus besar. Penyakit ini punya risiko kematian yang cukup tinggi jadi upaya pencegahannya sangat dibutuhkan. Salah satunya dengan konsumsi makanan berserat tinggi seperti oatmeal.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi serat tinggi setiap harinya bisa menurunkan risiko kanker usus besar sampai 10%. Selain itu, oatmeal juga punya kandungan antioksidan yang sudah pasti akan membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas ini juga jadi salah satu faktor pemicu kanker. Itulah mengapa konsumsi oatmeal bisa bantu menurunkan risiko penyakit kanker.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Asma

 

Ternyata oatmeal juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit asma. Ada sebuah penelitian di Finlandia yang membuktikan kalau anak-anak yang makan oatmeal memiliki risiko penyakit asma lebih rendah. Bahan makanan satu ini diketahui mengandung zat bersifat anti-alergi yang seringkali memicu terjadinya asma. Jadi gak salah juga untuk dikonsumsi rutin oleh para penderita asma.

10. Menjadi Sumber Energi

 

Karbohidrat itu jadi salah satu sumber energi kalau tubuh mau beraktivitas. Makanan yang mengandung karbohidrat sangat beragam dan oatmeal ini salah satunya. Kandungan gizi lengkap dan serat yang tinggi pada oatmeal membuatnya jadi pilihan menu sarapan yang lezat sekaligus mengenyangkan. Ditambah lagi ada kandungan protein juga yang bisa membantu menambah energi pada tubuh.

11. Mengatasi Masalah Insomnia

 

Punya masalah tidur atau insomnia? Tenang, Sayurfriends bisa coba mengatasinya dengan oatmeal. Konsumsi oatmeal ternyata sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang punya masalah insomnia. Nah, kalau Sayurfriends susah tidur atau selalu merasa gelisah ketika tidur maka coba aja tips yang satu ini.

Oatmeal ternyata bisa membantu tubuh jadi lebih tenang dan bisa tidur lebih cepat. Apalagi kalau oatmeal ini dikonsumsi bersama susu hangat. Jadi gak heran ya kalau banyak juga orang yang memilih makan oatmeal di malam hari selain biasa dikonsumsi waktu sarapan.

Ternyata ada banyak sekali manfaat oatmeal yang bisa dirasakan oleh tubuh. Nah, mulai sekarang Sayurfriends bisa memilih oatmeal ini untuk menu makan sehari-hari. Coba aja dulu makan sedikit waktu sarapan dan gunakan pelengkap yang disukai seperti buah, kacang almond, dan lain-lain.

Related Articles

11 Manfaat Buah Peach, Gak Cuma Enak Tapi Juga Berkhasiat

Buah peach atau yang dikenal dengan nama buah persik ternyata gak cuma enak tapi juga banyak manfaat. Nah, buah yang satu ini punya...

13 Manfaat Black Garlic, Turunkan Kolesterol dan Bagus Buat Penderita Diabetes

Udah tahu soal black garlic? Black garlic merupakan bawang putih mentah yang udah melalui proses fermentasi. Teksturnya kenyal dan warnanya...

9 Buah Penghancur Kanker dan Tumor, Kaya Antioksidan untuk Lawan Sel Kanker

Buah-buahan segar yang Sayurfriends konsumsi bisa menjadi andalan dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor dalam tubuh. Buah...